Monday, 16 April 2018

Kebiasaan Baik Untuk Ibu Hamil - 12 Hal Positif

kebiasaan baik ibu hamil
Bayi dalam kandungan memang rentang terhadap apa saja yang menjadi kebiasaan sang ibu. Jika penanganan nya tidak tepat, maka yang ada akan membuat efek yang buruk terhadap sang bayi. Untuk itu, sang ibu harus melakukan kebiasaan baik agar bayi yang nanti lahir akan dalam keadaan baik dan sehat.

Lalu apa saja kebiasaan baik untuk ibu hamil? Simak daftar berikut ini:

1. Jangan menaikkan dan menurunkan berat badan

Jika anda mencoba untuk menurunkan berat badan disaat sedang hamil, ditakutkan akan menghambat sang bayi untuk menyerap gizi penting dan seimbang. Ibu hamil juga bisa gampang terserang penyakit jika menurunkan berat badan saat hamil, yang pada akhirnya juga dapat berpengaruh terhadap janin.

Lalu bagaimana solusi nya?

Solusi nya adalah dengan tidak memakan makanan yang berlemak dan berkalori tinggi, seperti buah-buahan misalnya. Selain menyehatkan, buah-buahan juga dapat mempertahankan berat badan.

2. Mencoba lebih aktif

Tubuh yang sehat juga memiliki metabolisme yang tinggi, maka dari itu ibu hamil harus mencoba lebih aktif dari biasanya agar metabolisme lebih tinggi. Positif nya adalah tidak gampang terserang penyakit yang dapat mengganggu perkembangan janin.

Jika tidak mau terlalu lelah, anda juga bisa melakukan olahraga ringan seperti berjalan, berenang ataupun yoga. Atau ibu hamil juga bisa mencari bantuan trainer khusus, agar nanti olahraga nya tidak mempengaruhi perkembangan janin.

3. Jangan memaksakan diri

Penyebab keguguran juga bisa terjadi jika anda terlalu banyak bekerja pada awal kehamilan. Maka dari itu kurangilah pekerjaan berat yang bisa membuat ibu hamil terlalu lelah.

4. Suasana hati harus positif

ibu hamil positif
Jika suasana hati damai dan bahagia, pastinya tubuh juga dapat menjadi lebih sehat dan stabil. Begitu juga sebaliknya, jika kondisi hati gelisah dan negative yang terjadi malah akan membuat perkembangan janin terganggu.

Jagalah suasana hati ibu hamil menjadi selalu positif. Jika suasana hati berubah, coba pikirkan anda menantikan kehadiran sang anak di kehidupan anda. Sehingga nantinya calon bayi ibu hamil menjadi sehat dan emosional yang baik.

5. Menjauh dari asap rokok dan minuman beralkohol

Banyak hal buruk yang dapat terjadi jika anda tetap merokok dalam kondisi hamil. Contohnya seperti kurangnya berat badan bayi, kelahiran premature, meninggalnya bayi saat lahir, dan masih banyak lagi. Jauhi juga minuman beralkohol agar tidak mempengaruhi perkembangan janin.

Jika didekat ibu hamil ada yang merokok, mintalah dia untuk menjauh atau anda bisa menjauh. Menjadi perokok pasif memang sulit dideteksi. Kopi dan teh juga dapat memengaruhi perkembangan janin.

6. Makan banyak buah dan sayuran

Salah satu masalah ibu hamil adalah konstipasi. Alasan nya adalah tekanan dari rahim pada perut ibu hamil, sehingga dapat membatasi pergerakan usus. Selain itu kurang aktif juga dapat memperburuk masalah ini.

Solusinya adalah dengan mengkonsumsi buah-buahan, sayuran, dan air yang cukup. Olahraga yang cukup juga dapat membantu pergerakan usus agar lebih lancar. Jika anda mengalami konstipasi parah, diharapkan segera mencari pertolongan medis.

Baca juga: Bolehkah ibu hamil makan kerang?

7. Memakai pakaian yang nyaman

Memakai pakaian yang tidak tepat dapat menyebabkan keterbatasan gerak dan ketidak nyamanan ibu hamil. Maka dari itu, ibu hamil harus mengenakan pakaian yang nyaman dan tidak ketat agar tidak mengganggu janin.

Solusi nya adalah mengenakan baju hamil atau pakaian yang longgar. Lihat juga jika celana yang dipakai tidak mempunyai karet di pinggang nya.

8. Baca buku tentang kehamilan

Merupakan suatu kewajaran jika ibu hamil khawatir terhadap perkembangan janinnya. Apalagi jika ibu hamil tidak tahu menahu tentang persalinan dan cara membesarkan anak yang sehat.
Maka dari itu, solusi nya adalah membaca buku tentang persalinan agar mempunyai pengetahuan yang luas akan ibu hamil.

9. Periksalah kehamilan secara teratur

Walau ini adalah hal dasar, tetapi hal ini merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Dengan memeriksa diri ke dokter, ibu hamil dapat mengtahui bagaimana perkembangan dan pertumbuhan janinnya. Dengan melakukan pemeriksaan, ibu hamil juga dapat mencegah masalah yang akan terjadi dengan cepat dan tepat.

10. Menjaga pola tidur

Menjaga pola tidur memang berpengaruh terhadap tubuh. Jika pola tidur baik maka daya tahan tubuh juga akan baik. Oleh karena itu jangan tidur terlalu larut malam untuk menghindari  berkurangnya daya tahan tubuh. Baca posisi tidur yang baik untuk ibu hamil di sini.

11. Perhatikan perkembangan janin

ibu hamil
Sekitar 18-20 minggu usia kehamilan, ibu hamil sudah bisa merasakan pergerakan janin. Pergerakan ini merupakan referensi yang berguna untuk memantau kesehatan. Apalagi disaat usia kehamilan 28 – 38 minggu, pergerakan janin akan semakin terasa.

Jani bergerak biasanya terjadi 3 kali dalam sejam,atau 30-40 kali setiap 12 jam. Jika ibu hamil merasakan penurunan aktifitas secara drastic atau tidak ada pergerakan janin dalam waktu lama, minta pertolongan dokter sesegera mungkin.

12. Perawatan kulit

Selama hamil, pastinya tubuh ibu hamil akan mengalami perubahan. Mulai dari sekresi sebum yang menjadi lebih aktif, yang menyebabkan wajah gampang terkena jerawat. Oleh karena itu, ibu hamil dapat mengganti produk perawatan ke yang lebih berkualitas.

Nah tadi adalah kebiasaan ibu hamil yang harus anda lakukan jika anda sedang hamil. Kalau anda ingin anak anda lahir dalam keadaan sehat dan baik, pastikan kebiasaan anda juga baik. Ibu hamil mana yang tidak mau anaknya nanti lahir dalam keadaaan sehat dan baik, iya kan? Untuk tambahan informasi, baca juga 6 pantangan terbesar untuk ibu hamil.


Kebiasaan Baik Untuk Ibu Hamil - 12 Hal Positif Rating: 4.5 Posted By: Razakazar