Wednesday, 24 August 2016

Tips Merangsang Persalinan Secara Alami Paling Efektif

Berapakah usia kehamilan Bunda saat ini? Seringkali sembilan bulan masa mengandung berlangsung dengan sangat cepat hingga tak terasa kehamilan telah memasuki minggu ke-40. Hal ini merupakan indikasi bahwa sang jabang bayi akan segera keluar dari rahim.

Senang dan deg-degan tentunya menjadi hal yang biasa dialami setiap calon orang tua. Namun tak jarang stress juga menjadi hal yang tak bisa dilepaskan. Nah seringkali ketegangan dan stress ini yang akhirnya memicu keterlambatan kontraksi sehingga memungkinkan persalinan terhambat dan sedikit terlambat dari perkiraan dokter.

Eits, Ibu jangan panik dulu ya sebab ada kok cara untuk merangsang persalinan secara alami. Seperti apa sih caranya? Mari simak informasi tips dan cara merangsang persalinan alami dan efektif yang telah disiapkan tim redaksi berikut ini:
Tips Merangsang Persalinan Secara Alami Paling Efektif
  • Jalan kaki adalah cara paling mudah dan sederhana
Apakah ibu tahu cara paling mudah dan sederhana yang mampu merangsang persalinan secara alami? Yups, berjalan kaki adalah cara paling murah untuk mempercepat terjadinya kontraksi. Bunda yang ingin agar sang jabang bayi cepat lahir dapat mengatur jadwal jalan kaki setiap pagi selama beberapa menit.

Usahakan agar mengatur posisi tubuh dengan benar ketika berjalan kaki, yakni tubuh tetap tegak dan tidak terlalu condong ke belakang. Anda yang tidak memiliki cukup banyak waktu juga dapat melakukan aktivitas ini dengan bantuan treadmill.
  • Senam kehamilan dapat menjadi solusi mempercepat kontraksi
Salah satu cara merangsang persalinan secara alami adalah dengan mengikuti program senam kehamilan secara rutin. Dengan bimbingan seorang instruktur ahli, Anda akan dibantu melemaskan area sekitar jalan lahir sang bayi. Tentu saja hal ini dapat membuat kontraksi rahim lebih efektif sehingga persalinan dapat lancar dan tepat waktu.
  • Rangsangan pada puting payudara ternyata juga efektif
Hal lainnya yang bisa digunakan untuk merangsang persalinan ibu secara alami adalah dengan memberikan stimulasi pada puting payudara. Langkah ini diperlukan untuk merangsang hormone oksitoksin yang akan menimbulkan kontraksi rahim.

Anda bisa melakukan rangsangan ini secara mandiri atau meminta bantuan suami. Meski demikian, langkah perangsangan ini sebaiknya tidak dilakukan secara berlebihan karena dapat menyebabkan kontraksi panjang yang justru akan mengganggu proses kelahiran sang buah hati.
  • Berhubungan intim juga dapat menjadi solusi jitu
Cara lain yang dapat Anda gunakan untuk merangsang kontraksi persalinan adalah dengan melakukan hubungan seks dengan suami. Hal ini dikarenakan cairan yang dikeluarkan seorang lelaki memiliki kandungan prostaglandins yang mampu membantu leher rahim melunak dan siap membuka. Dengan demikian, kontraksi rahim yang diharapkan dapat terjadi lebih cepat.
  • Konsumsi beberapa makanan ini untuk proses melahirkan lebih cepat
Beberapa makanan ternyata juga memiliki pengaruh cukup signifikan terhadap kelancaran proses melahirkan. Anda dapat mengonsumsi nanas dalam jumlah wajar untuk mempersiapkan rahim menuju persalinan karena nanas mengandung bromelain yang mampu merangsang rahim.

Beberapa jenis makanan lain yang juga bisa digunakan untuk melancarkan proses kelahiran adalah basil, oregano, jahe, maupun kayu manis. Kesemua bahan tersebut memicu kontraksi rahim yang cukup penting untuk proses melahirkan.

Hal paling penting yang perlu diperhatikan untuk merangsang persalinan secara alami lainnya adalah mempersiapkan kondisi mental dengan baik. Usahakan agar Anda tidak mengalami rasa cemas atau khawatir berlebihan karena kondisi ini dapat menimbulkan stress yang bisa menghambat proses persalinan. Selamat menanti kelahiran sang buah hati ya bu.
Tips Merangsang Persalinan Secara Alami Paling Efektif Rating: 4.5 Posted By: tentang ibu