Tuesday, 21 February 2017

Tanda Persalinan Sudah Semakin Dekat, Apa Saja?

Advertisement
Advertisement
Kehamilan bukanlah proses sederhana yang mudah. Sembilan bulan masa mengandung tentunya dibarengi dengan perjuangan panjang yang tidak hanya membahagiakan, namun juga melelahkan dan menguras fisik sekaligus psikis.

Kini masa sembilan bulan akan segera berakhir, dan Anda bersiap menyambut kehadiran sang buah hati. Well, apakah Anda telah melihat tanda-tanda persalinannya? Dalam perkembangannya, seorang ibu hamil yang memasuki minggu-minggu terakhir sebelum persalinan biasanya merasakan beberapa perubahan yang bisa disebut sebagai tanda persalinan sudah semakin dekat.

Tentu saja setiap ibu hamil merasakan hal berbeda, namun biasanya ada beberapa tanda yang umum terjadi. Anda mungkin akan merasakan beberapa tanda tersebut, antara lain:
Tanda Persalinan Sudah Semakin Dekat
  • Perubahan bentuk tubuh
Bentuk tubuh wanita tentunya akan berubah selama masa kehamilan berlangsung akibat pengaruh hormonal. Nah, perubahan bentuk tubuh ini juga akan terasa ketika Anda memasuki masa-masa persiapan kelahiran.
Salah satu tanda persalinan sudah semakin dekat adalah berubahnya tulang kemaluan yang semakin lebar sehingga membuat dasar panggul lunak.

Hal ini terjadi karena tubuh secara alami mempersiapkan diri untuk mempermudah sang buah hati lahir. Selain itu, payudara ibu akan semakin membesar karena pada masa-masa ini air susu ibu (ASI) sudah mulai diproduksi.
  • Keluar lendir dari vagina
Bayi yang berada dalam rahim seorang calon ibu umumnya dibalut oleh gumpalan lendir yang lengkep pada leher rahim yang disebut mucus. Keberadaan cairan ini sendiri merupakan cara tubuh melindungi bayi dari segala jenis infeksi.

Ketika proses persalinan sudah dekat umumnya gumpalan mucus ini mulai terpisah dari dinding rahim. Hal inilah yang kemudian menyebabkan lendir keluar dari vagina berwarana merah mudah yang umumnya disertai dengan darah.
  • Terjadi kontraksi palsu
Kontraksi palsu – atau yang lebih dikenal dengan Braxton Hicks- mungkin saja terjadi sebagai salah satu tanda persalinan sudah semakin dekat. Kontraksi ini biasanya terjadi selama 30 hingga 120 detik dengan intensitas yang tidak terlalu kuat.

Kontraksi palsu umumnya hanya terjadi atau terasa di daerah perut atau panggul, sementara kontraksi sungguhan akan terasa di bagian bawah punggung yang kemudian berpindah ke bagian depan perut. Anda yang mengalami kontraksi palsu dapat mengatasinya dengan berpindah posisi atau berusaha untuk lebih rileks.
  • Intensitas Buang Air Kecil Lebih Banyak
Anda mungkin akan merasakan keadaan dimana frekuensi buang air kecil meningkat selama beberapa waktu sebelum proses kelahiran terjadi. Hal ini merupakan salah satu tanda persalinan sudah semakin dekat mengingat posisi sang bayi akan turun ke panggul Anda sehingga rahim akan bersandar pada kandung kemih yang mengakibatkan intensitas buang air kecil semakin meningkat.
  • Sakit punggung
Anda yang akan menjalani proses kelahiran dalam waktu yang dekat akan merasakan sakit di bagian punggung. Hal ini normal terjadi karena tubuh tengah mempersiapkan diri untuk segera melahirkan sang jabang bayi ke dunia.
  • Nyeri di sekitar selangkangan
Tanda persalinan sudah semakin dekat lainnya adalah rasa nyeri cukup parah yang timbul di area selangkangan sang ibu. Hal ini wajar terjadi sebab pada waktu ini daerah tersebut mendapat tekanan dari kepala janin yang sudah turun ke area rangka tulang pelvis.

Hal lain yang mungkin saja terjadi sebagai salah satu tanda persalinan sudah semakin dekat adalah timbulnya gejolak emosi dari sang ibu yang tidak stabil. Hal ini cukup umum dilakukan mengingat ibu biasanya dapat lebih stress karena butuh melakukan penyesuaian fisik dan mental.

Jadi, apakah Anda sudah merasakan beberapa gejala yang telah disebutkan? Jika iya, segera hubungi dokter kandungan atau langsung saja meluncur ke rumah bersalin terdekat.
Tanda Persalinan Sudah Semakin Dekat, Apa Saja? Rating: 4.5 Posted By: tentang ibu