Saturday, 18 November 2017

Jadi Bolehkah Ibu Hamil Makan Rambutan?

Advertisement
Berbagai mitos masyarakat akan segera dihadapi begitu mengetahui Anda sedang berbadan dua. Sebutlah beberapa larangan yang kadang cukup membuat bingung, termasuk pelarangan beberapa jenis makanan karena dapat menimbulkan dampak buruk bagi sang janin.

Salah satu mitos yang beredar mungkin adalah adanya larangan sang ibu untuk mengonsumsi buah rambutan. Yups, ibu dilarang mengonsumsi buah yang memiliki bentuk kulit unik menyerupai rambut ini karena takutnya berdampak buruk bagi keselamatan jabang bayi.

Well, benarkah itu memang terjadi? Bolehkah ibu hamil makan rambutan? Hmmm, daripada penasaran sebaiknya langsung saja mengikuti penjelasan yang telah dihimpun oleh tim redaksi berikut ini:
manfaat buah rambutan untuk ibu hamil
  • Memakan buah rambutan aman kok!
Anda yang ingin mengetahui jawaban atas pertanyaan bolehkah ibu hamil makan rambutan mungkin dapat bernapas lega sebab sesungguhnya buah ini tidak dilarang pengonsumsiannya selama kehamilan. Buah rambutan untuk ibu hamil justru menyehatkan karena merupakan makanan sehat yang mengandung beragam vitamin dan mineral untuk kesehatan ibu maupun anak.
  • Buah rambutan punya banyak khasiat lho!
Khasiat buah rambutan untuk ibu hamil sebenarnya cukup banyak lho. Anda yang memasukkan buah dengan rasa legit ini bisa merasakan beberapa manfaat, antara lain:

Kumpulan Manfaat Buah Rambutan Untuk Ibu Hamil

  1. Mengurangi gejala morning sickness – Ibu hamil kerapkali mengalami gangguan pusing maupun muntah pada awal-awal kehamilan ‘kan? Gejala ini sebenarnya umum, namun dapat menimbulkan ketidaknyamanan serta lemas. Nah, Anda bisa menyiasatinya dengan mengonsumsi rambutan yang mampu mengembalikan stamina agar Anda tetap merasa segar dan bugar.
  2. Membantu mencukupi asupan kalori harian – Jawaban “boleh” pada pertanyaan bolehkah ibu hamil makan rambutan tentunya berbanding lurus dengan manfaat yang dikandung buah berwarna merah ini untuk ibu hamil. Rambutan dapat digunakan sebagai alternatif mendapatkan asupan kalori seimbang untuk memenuhi kebutuhan kalori yang umumnya meningkat selama kehamilan. Pada 100 gram rambutan terdapat sekitar 84 kalori yang merupakan pemenuhan sekitar 4.2% bila menggunakan sistem 2000kal intake perhari.
  3. Rendah lemak – Apakah Anda takut lemak jahat akan hinggap ditubuh selama kehamilan dan dapat membahayakan? Well, jika takut hal itu terjadi maka Anda tidak perlu khawatir sebab rambutan dapat menjadi solusi panganan sehat yang tidak mengandung lemak. Penelitian menyebutkan bahwa lemak dalam satu porsi buah rambutan hanya sekitar 0.1 gram saja sehingga aman dikonsumsi oleh ibu hamil.
  4. Memenuhi kebutuhan serat sang ibu – Anda yang sedang berbadan dua umumnya menghadapi gangguan konstipasi atau kesulitan buang air besar. Kejadian semacam ini pastinya dapat disiasati dengan mengonsumsi rambutan yang memiliki kandungan serat tinggi yang bisa membantu melancarkan pencernaan Anda.
  5. Memiliki kandungan vitamin penting – Anda bisa menjawab tanpa ragu pertanyaan tentang bolehkah ibu hamil makan rambutan karena buah ini pada dasarnya memang memberikan manfaat. Rambutan memiliki kandungan vitamin C yang akan memenuhi sekitar 40% kebutuhan vitamin C, lengkap dengan vitamin B3 yang dibutuhkan oleh tubuh.
  6. Mengandung mineral tinggi – Rambutan memiliki kandungan mineral yang dibutuhkan oleh ibu hamil, seperti zat besi, kalsium, dan fosfor. Pengonsumsian buah merah ini secara teratur dapat menghindarkan Anda dari anemia karena kandungan zat besi di dalamnya akan mencukupi kebutuhan harian sang ibu.
Kini Anda telah mengetahui penjelasan dan jawaban atas bolehkah ibu hamil makan rambutan berserta manfaat buah rambutan yang baik untuk ibu hamil.  Bunda tidak perlu ragu lagi jika ingin mengonsumsi rambutan sebab nyatanya buah ini membawa banyak khasiat untuk ibu hamil. Selamat menyantap rambutan.
Jadi Bolehkah Ibu Hamil Makan Rambutan? Rating: 4.5 Posted By: tentang ibu