Tuesday, 21 February 2017

6 Manfaat Buah Mangga yang Baik Untuk Ibu Hamil

Advertisement
Advertisement
Semua ibu yang sedang mengandung tentu mengetahui bahwa nutrisi yang seimbang menjadi hal yang wajib diperhatikan selama kehamilan. Hal tersebut dikarenakan gizi yang masuk memiliki pengaruh cukup signifikan terhadap kesehatan ibu dan perkembangan janin.

Urgensi inilah yang kemudian membuat banyak perempuan mengaplikasikan pola makan sehat, termasuk dengan memperbanyak konsumsi buah. Yups, mengonsumsi buah memang sangat diperlukan mengingat makanan tersebut kaya vitamin serta mineral.

Mangga menjadi salah satu jenis buah yang paling banyak dikonsumsi oleh ibu hamil. Rasanya yang manis dan memiliki banyak air membuatnya disukai karena menimbulkan efek menyegarkan dalam tubuh.
manfaat mangga untuk ibu hamil
Dalam perkembangannya, buah ini  tidak hanya mampu menyegarkan atau menghilangkan dahaga sebab ternyata mangga memiliki beragam manfaat yang baik bagi ibu hamil lho. Apa saja sih manfaat mangga untuk ibu hamil? Yuk, simak informasi selengkapnya berikut ini:

Kumpulan Khasiat Buah Mangga yang Baik Saat Masa Kehamilan

  • Melancarkan sistem pencernaan
Salah satu masalah yang sering dialami ibu hamil adalah konstipasi yang membuatnya sulit buang air besar. Eits, jangan khawatir sebab mangga mampu menjadi solusi untuk mengatasi sembelit yang tengah Anda alami. Salah satu manfaat mangga untuk ibu hamil adalah melancarkan pencernaan. Hal ini dikarenakan buah manis ini memiliki kandungan serat tinggi yang dapat memproses pencernaan dengan lebih baik.
  • Meningkatkan energi dan kebugaran
Mangga memiliki kandungan sukrosa yang menjadi sumber karbohidrat alami dan sehat. Hal inilah yang membuat mangga yang masuk dalam tubuh dicerna dan diubah menjadi energi sehingga Anda akan terasa lebih segar dan tidak mudah lelah. Selain itu, buah ini memiliki kandungan vitamin A cukup tinggi yang dapat membantu Anda mendapatkan daya tahan tubuh kuat sehingga bugar dalam menjalankan aktivitas harian.
  • Mengurangi gejala morning sickness
Ibu hamil yang mengonsumsi mangga dalam jumlah normal dapat mengurangi resiko terjadinya morning sickness atau mual yang umum terjadi di masa awal kehamilan. Hal ini dikarenakan mangga mengandung vitamin B6 yang mampu meredakan gejala tersebut.
  • Membentuk kekebalan tubuh
Ibu hamil umumnya menjadi sangat rentan terhadap gangguan kesehatan selama mengandung. Namun Anda tidak usah khawatir sebab salah satu manfaat mangga untuk ibu hamil adalah mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga Anda dapat merasa lebih sehat dan tak mudah terkena infeksi kuman maupun bakteri.

Kemampuan mangga menjadi salah satu agen yang mendukung sistem kekebalan tubuh tak lepas dari kandungan vitamin C yang dimiliki. Vitamin ini mampu menangkal radikal bebas yang mungkin masuk dalam tubuh sang ibu sehingga menjadikannya lebih kuat dan sehat.
  • Membantu produksi sel darah merah
Mangga ternyata juga mampu membantu memproduksi sel darah merah dalam tubuh. Hal ini dikarenakan buah ini kaya kandungan tembaga yang jika bekerja dengan zat besi dan vitamin B mampu memproduksi sel darah merah yang berguna mengurangi tingkat stress ibu.
  • Membantu perkembangan janin
Selain bermanfaat bagi sang ibu, ternyata mengonsumsi buah mangga juga memberikan dampak positif bagi calon bayi. Kandungan vitamin A dalam mangga misalnya, mampu membantu perkembangan organ janin di bagian mata, ginjal, maupun paru-paru menjadi lebih sempurna.

Vitamin B6 dalam buah ini juga mampu meningkatkan perkembangan saraf sang buah hati lho. Dengan demikian, fungsi kognitif bayi dapat bekerja dengan baik dan sempurna sehingga mengurangi resiko cacat.

Ternyata manfaat buah mangga untuk ibu hamil cukup banyak, ya? Meski bermanfaat banyak, namun Anda tetap harus membatasi konsumsi dalam jumlah wajar karena makan mangga berlebihan juga kurang baik bagi sang ibu. Selamat menyantap buah mangga ya.
6 Manfaat Buah Mangga yang Baik Untuk Ibu Hamil Rating: 4.5 Posted By: tentang ibu