Tuesday, 21 February 2017

Manfaat Bengkoang untuk Ibu Hamil Wajib Tahu

Advertisement
Siapapun tahu bahwa kehamilan menjadi salah satu hal yang membahagiakan bagi banyak perempuan. Coba Anda bayangkan, ada nyawa lain yang sedang bekembang dalam rahim yang telah diperjuangkan dan dinanti-nantikan. Hmmm, sebuah perasaan membahagiakan ‘kan?

Tentu saja setiap hal yang Anda lakukan selama kehamilan wajib mendapatkan perhatian khusus. Bersiaplah dengan beragam anjuran, nasihat, dan larangan yang mungkin terjadi. Anda mungkin merasa sedikit terganggu dengan ratusan pesan dan peringatan, namun hal itu semata-mata memang untuk memastikan keselamatan ibu dan sang bayi.

Nah, salah satu hal yang perlu mendapat perhatian ekstra adalah asupan makanan. Terdapat beberapa makanan yang bisa membahayakan kesehatan, namun banyak juga yang ternyata memberikan manfaat bagi ibu dan jabang bayi lho.

Anda mungkin tidak asing dengan bengkoang. Yups, buah yang memiliki daging berwarna putih dan bercita rasa manis ini ternyata layak dimasukkan dalam daftar makanan sehat ibu hamil. Lalu, apa saja sih manfaat bengkoang untuk ibu hamil? Yuk, simak penjelasannya berikut ini:
Manfaat Bengkoang untuk Ibu Hamil Wajib Tahu

Kumpulan Manfaat Buah Bengkoang yang Baik Untuk Ibu Hamil

  • Mengatasi morning sickness
Morning Sickness merupakan salah satu gejala yang sering dialami ibu hamil selama kehamilan. Gejala yang cukup mengganggu ini umumnya dapat diatasi dengan mengonsumsi vitamin B6 yang akan membantu menekan rasa mual dan muntah. Bengkoang diketahui memiliki kandungan vitamin B6 dalam jumlah cukup banyak sehingga cocok digunakan sebagai obat mengatasi morning sickness.
  • Menjadi sumber tenaga bagi ibu hamil
Ibu hamil membutuhkan asupan tenaga lebih untuk membantu mendukung kelancaran proses kehamilan. Oleh karena itu, ibu hamil disarankan agar mengonsumsi makanan dalam jumlah kecil namun sering untuk mengisi tenaga. Bengkoang ternyata memiliki kandungan gula cukup tinggi yang baik untuk ibu hamil. Gula alami ini selanjutnya dapat diproses tubuh menjadi sumber tenaga agar dapat menjadi lebih kuat dan sehat.
  • Melawan radikal bebas
Salah satu manfaat bengkoang untuk ibu hamil lainnya adalah sebagai makanan yang dapat menangkal radikal bebas. Bengkoang memiliki antioksidan seperti beta-carotene dan vitamin C yang membantu melindungi tubuh dari berbagai gangguan kesehatan, menenangkan, serta menghindarkan dari kanker.
  • Membantu mengatur tekanan darah
Tekanan darah yang tidak stabil dan sering tinggi tentunya cukup membahayakan bagi sang ibu dan anaknya. Eits jangan salah sebab salah satu manfaat bengkoang untuk ibu hamil adalah mengontrol tekanan darah Anda di level normal. Hal ini dikarenakan bengkoang memiliki kandungan potassium yang mampu mengontrol tekanan darah.
  • Membantu pertumbuhan tulang janin
Manfaat bengkoang ternyata tidak hanya untuk ibu hamil saja, namun juga anak yang dikandung. Bengkoang mengandung kalsium cuku tinggi yang sangat diperlukan untuk membentuk sistem jaringan dan tulang janin. Selain itu, kalsium juga membantu pertumbuhan gigi bayi secara maksimal.
  • Mengatasi sembelit
Gangguan pencernaan atau sembelit seringkali dialami oleh ibu hamil karena perbahan hormon yang terjadi selama kehamilan. Nah, bengkoang dapat dikonsumsi untuk membantu mengatasi masalah pencernaan ini lho. Buah ini mengandung zat inulkin cukup tinggi yang ternyata dapat melancarkan fungsi usus dan mengatasi sembelit. Plus, kandungan zat inulin yang ada dalam bengkoang juga bermanfaat melancarkan peredaran darah dalam saluran cerna sang ibu.

Hmmm, kini Anda sudah mengetahui manfaat bengkoang untuk ibu hamil ‘kan? Anda tidak perlu lagi ragu memasukkan makanan ini dalam daftar diet hamil harian untuk mendapatkan manfaat yang ternyata cukup baik bagi ibu maupun janin. Selamat menikmati bengkoang ya.
Manfaat Bengkoang untuk Ibu Hamil Wajib Tahu Rating: 4.5 Posted By: tentang ibu