Tuesday, 21 February 2017

Atasi Rasa Gatal Pada Ibu Hamil Dengan Cara Ini!

Advertisement
Berbagai perubahan bentuk tubuh maupun hormonal menjadi hal yang biasa ketika Anda hamil. Membengkaknya payudara hingga merasakan mual maupun muntah merupakan salah satu contoh umum yang sering dialami.

Diantara berbagai tanda perubahan pada ibu hamil, salah satu yang cukup menyiksa merupakan munculnya gatal-gatal di beberapa bagian tubuh terutama perut. Eits, Bunda jangan panik dulu ya sebab gatal di bagian perut belum tentu merupakan tanda bahaya kehamilan.

Lalu seperti apa sih gambaran sesungguhnya mengenai gangguan ini? Bagaimanakah cara mengatasi perut gatal saat hamil? Gatal di perut saat hamil merupakan sesuatu yang normal dialami oleh ibu hamil. Gejala ini biasanya disebabkan oleh peningkatan hormon esterogen yang cukup tinggi sehingga berdampak pada kekeringan di kulit. Rasa kering inilah yang selanjutnya memicu gatal pada beberapa bagian tubuh, termasuk perut.

Selain perubahan hormon esterogen, rasa gatal saat hamil juga umum terjadi karena peregangan kulit akibat membesarnya perut. Tentu saja Anda tidak perlu khawatir dengan keadaan ini karena sama sekali tidak membahayakan ibu maupun janin yang dikandung.

 mengatasi perut gatal saat hamil
Anda kini telah mengetahui bahwa gatal di perut saat hamil bukanlah sesuatu yang membahayakan, namun tentu saja cukup mengganggu ‘kan? Coba saja Anda bayangkan menjalankan aktivitas harian sembari menahan gatal yang tak tertahankan? Fiuh, sungguh menyiksa dan pasti ingin berkali-kali menggaruk perut lho.

Eits, jangan khawatir sebab tim redaksi memiliki beberapa alternatif terbaik untuk mengatasi perut gatal saat hamil. Anda yang ingin tahu jawabannya, dapat menyimak ulasan berikut ini:
  • Menggunakan pelembap
Kulit kering memang menjadi dalang utama yang menyebabkan gatal di sekitar area perut ketika hamil. Oleh karena itu, Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan pelembap kesayangan. Jika memungkinkan, hindari memakai pelembap yang mengandung wewangian karena dapat berpotensi menimbulkan gatal semakin parah.
  • Jangan keluar rumah ketika panas menyengat
Panas yang menyengat bisa menimbulkan keringat yang pada beberapa kasus bisa merangsang gatal pada perut. Hindari keluar di siang bolong atau ketika matahari sangat terik untuk meminimalisir rasa gatal.
  • Kompres menggunakan air dingin
Air dingin ternyata sangat berguna untuk mengatasi perut gatal saat hamil lho. Kulit perut akan terasa nyaman sehingga rasa gatal akan berkurang cukup signifikan.
  • Menggunakan sabun dari oatmeal
Oatmeal ternyata dapat digunakan sebagai cara mengatasi perut gatal saat hamil. Sesekali, campurkan oatmeal dalam ritual mandi harian Anda untuk memberikan efek lega karena gatal. Selain oatmeal, Anda juga bisa menggunakan sabun dengan kandungan pelembap tinggi untuk mengurangi rasa gatal.
  • Oleskan minyak zaitun
Minyak zaitun memiliki kandungan pelembap alami yang dapat bermanfaat untuk memberikan rasa lembap dikulit ibu hamil. Anda bisa menggunakan cara ini untuk mengurangi rasa gatal di perut ketika mengandung.
  • Minum air secukupnya
Rasa kering yang ada pada perut juga bisa ditimbulkan dari kurangnya cairan yang Anda konsumsi. Oleh karena itu, biasakan untuk mengonsumsi beberapa gelas air dalam sehari agar Anda terhidrasi dengan baik dan jauh dari dehidrasi.

Perut gatal saat hamil memang bukanlah masalah serius yang membahayakan. Anda bisa mengatasi perut gatal saat hamil hanya dengan melakukan beberapa cara sederhana yang sudah disebutkan. Namun demikian, bersiaplah untuk ke dokter apabila gatal yang dirasakan sudah cukup parah agar bisa mendapatkan penanganan lebih lanjut dengan tepat. Jangan mengonsumsi obat sembarangan lho ya. Selamat mencoba.
Atasi Rasa Gatal Pada Ibu Hamil Dengan Cara Ini! Rating: 4.5 Posted By: tentang ibu