Monday, 27 February 2017

Bolehkah Ibu Hamil Minum Teh? Simak Informasinya!

Advertisement
Advertisement
Rasanya sulit memisahkan teh dengan kehidupan masyarakat sekitar. Yup,  minuman yang dibuat dengan cara menyeduh daun, pucuk daun, maupun tangkai daun camellia sinensis dengan air panas ini telah ratusan tahun dikenal sebagai minuman untuk menemani aktivitas harian.

Teh umum diminum sebagai teman sarapan maupun sekedar menghabiskan waktu santai, namun Anda yang sedang hamil mungkin patut waspada dengan teh. Hal ini dikarenakan beredar mitos yang menyatakan ada bahaya minum teh untuk ibu hamil dan sang bayi.

Apakah pernyataan tersebut hanya sekedar mitos atau benar merupakan fakta? Bolehkah ibu hamil minum teh? Apabila ini yang menjadi tanda tanya, maka penjelasan dari tim redaksi berikut ini mungkin dapat membantu memberikan jawaban:
Bolehkah Ibu Hamil Minum Teh
  • Bolehkah ibu hamil minum teh?
“bolehkah ibu hamil minum teh” menjadi sebuah pertanyaan yang akan diajukan terutama  bagi Anda yang hobi mengonsumsi minuman ini. Sebenarnya minum teh saat hamil tidak dilarang kok Bu. Meski demikian, Anda harus mengatur asupan teh agar tidak terlalu banyak karena pengonsumsian berlebihan juga dapat menimbulkan masalah pada kehamilan.
  • Berapa sih jumlah teh yang diperbolehkan?
NSW Health yaitu sebuah lembaha kesehatan di New South Wales mengatakan bahwa wanita hamil sebaiknya mengonsumsi tidak lebih dari empat cangkir teh setiap harinya. Hal ini setara dengan kandungan sekitar 200mg kafein yang terkandung dalam teh.
  • Adakah manfaat teh untuk ibu hamil?
Setelah mengetahui jawaban atas pertanyaan bolehkah ibu hamil minum teh, kini Anda perlu mengetahui manfaat minuman berwarna kecokelatan ini. Teh pada dasarnya memiliki kandungan antioksidan cukup tinggi yang dapat menghalau radikal bebas dalam tubuh sehingga ampuh mencegah kangker.

Teh juga mengandung vitamin E yang mampu menjaga kesehatan jantung dan mempercantik kulit. Manfaat teh lainnya yang baik untuk ibu hamil yakni mengandung vitamin C dan A yang bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh Anda selama kehamilan. Pengonsumsian teh yang dikombinasikan dengan jahe juga diketahui dapat mengatasi morning sickness pada ibu hamil lho.
  • Apakah bahaya minum teh untuk ibu hamil?
Teh yang dikonsumsi ibu secara berlebihan juga dapat berdampak pada kesehatan Anda dan jabang bayi. Dalam sebuah penelitian di University of Albera menyatakan baha pengonsumsian teh secara berlebihan dapat mempengaruhi sistem saraf bayi.  Penelitian tersebut juga menemukan bahwa konsentrasi bahaya yang ditimbulkan berbanding lurus dengan lama penyeduhan sebuah teh; artinya teh yang diseduh lebih dari 15 menit memiliki bahaya lebih tinggi dibandingkan yang lebih cepat.

Teh ternyata juga diketahui dapat menghambat penyerapan zat besi dalam tubuh, padahal ibu sangat memerlukan zat tersebut untuk kehamilan yang sehat. Pengonsumsian teh secara berlebihan dapat membuat Anda terkena anemia. Jika ini dibiarkan, maka bukan tidak mungkin kesehatan terganggu dan bahkan dapat menyebabkan keguguran.

Teh yang dikonsumsi secara berlebihan selama Anda hamil juga dapat menghambat penyerapan nutrisi ke jabang bayi. Dalam kasus ekstrim, hal ini dapat menyebabkan kematian pada janin yang dikandung ibu.
Selain itu, teh memiliki kandungan kafein cukup tinggi yang apabila dikonsumsi oleh ibu dapat menyebabkan insomnia. Tentu saja gangguan tidur ini sangat tidak nyaman dan apabila serius dapat mengganggu kesehatan ibu maupun janin.

Kini Anda mengetahui jawaban atas pertanyaan bolehkah ibu hamil minum teh, kan? Hal yang paling penting disini adalah untuk mengambil sikap bijak dan mampu membatasi pengonsumsian agar minuman favorit Anda tidak berbalik menimbulkan bahaya. Hmmm, tetap sehat dan semangat ya Bu.

Simak Juga:
Kumpulan Doa Wajib Baca Saat Masa Kehamilan
6 Obat Sakit Gigi Yang Aman dan Ampuh Untuk Ibu Hamil
6 Cara Pintar Mengatasi Perut Kencang Saat Hamil
Bolehkah Ibu Hamil Makan Kerang? Nih Informasinya!
9 Cara Aman Mengobati Batuk dan Pilek Untuk Ibu Hamil
Bolehkah Ibu Hamil Minum Teh? Simak Informasinya! Rating: 4.5 Posted By: tentang ibu