Saturday, 4 November 2017

Apa Boleh Ibu Hamil Minum Jus Jeruk Secara Belebihan?

Advertisement
Siapa yang suka mengonsumsi buah jeruk? Well, buah yang memiliki cita rasa manis, segar, dan terkadang sedikit asam ini memang banyak disukai masyarakat mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Buah jeruk memang merupakan salah satu jenis buah yang bisa ditemukan hampir sepanjang tahun di Indonesia. Anda juga bisa menemukan beragam jenis buah ini, mulai dari jeruk lokal hingga berbagai jenis jeruk impor dari berbagai negara. Pengolahan buah ini juga bermacam-macam, namun yang paling terkenal tentu saja adalah jus jeruk.

Mengonsumsi jus jeruk diyakini banyak orang baik bagi kesehatan mengingat buah ini mengandung vitamin dan mineral yang penting bagi kesehatan tubuh. Pengonsumsian jus jeruk bagi ibu hamil bahkan juga menjadi salah satu yang disarankan sebagai penopang pemenuhan nutrisi bagi sang ibu dan jabang bayi.

bolehkah ibu hamil minum jus jeruk
Meski demikian beberapa waktu belakangan sempat terdengar berita cukup mengejutkan yang menyatakan bahwa bahwa sebenarnya jeruk berbahaya bagi kehamilan. Apakah ini hanya kabar burung tak berdasar ataukah benar adanya? Lalu sebenarnya, bolehkah ibu hamil minum jus jeruk? Jika penasaran, yuk temukan informasinya berikut ini:
  • Bolehkah ibu hamil minum jus jeruk?
Pertanyaan tentang bolehkah ibu hamil minum jus jeruk tentu menjadi ganjalan yang cukup besar bagi beberapa ibu. Berdasarkan beberapa informasi medis dan penelitian, minum jus jeruk sebenarnya bukanlah hal yang membahayakan apabila Anda minum dalam kadar sewajarnya dengan bahan baku utama berkualitas. Pengonsumsian jus jeruk bahkan disarankan karena minuman ini mengandung cukup banyak manfaat kesehatan bagi ibu hamil.
  • Apa sih manfaat jus jeruk bagi ibu hamil?
The National Institutes of Health menyarankan agar wanita hamil mengonsumsi minimal 85mg vitamin C setiap hari untuk meningkatkan kekebalan tubuh serta sebagai antioksidan. Nah, secangkir jeruk memiliki kandungan sekitar 82mg vitamin C sehingga sangat cocok bila dikonsumsi selama Anda hamil.

Jus jeruk juga mengandung kalium yang berguna menjaga tekanan dara agar tetap stabil selama masa kehamilan berlangsung. Anda yang gemar mengonsumsi jus jeruk juga memiliki kemungkinan lebih besar terhindar dari morning sickness karena rasanya yang segar dapat membantu mengurangi rasa mual. Vitamin C dalam jeruk juga memiliki peran cukup vital untuk membantu penyerapan zat besi agar sel darah merah tubuh tetap sehat dan mampu mendukung tubuh serta janin dengan baik.

Kandungan vitamin C dalam jeruk juga cukup vital untuk perkembangan tulang, tendon, serta kulit sang bayi. Buah ini juga mengandung asam folat cukup tinggi sehingga dapat membantu mencegah kecacatan saraf pada sang buah hati.
  • Adakah bahaya jus jeruk bagi ibu hamil?
Anda tentu telah mengetahui jawaban atas pertanyaan bolehkah ibu hamil minum jus jeruk ‘kan? Namun pastinya pembolehan ini disertai dengan syarat tertentu untuk memastikan keamanannya bagi tubuh Anda.
Salah satu hal yang perlu mendapatkan perhatian adalah pemilihan jus jeruk itu sendiri. Pastikan jus jeruk yang akan dikonsumsi tidak mengandung bakteri listeria yang dapat menimbukan reaksi alergi pada Anda maupun bayi.

Jika Anda membeli jus jeruk dalam kemasan, pastikan terdapat label pasteurisasi didalamnya. Hal ini penting karena pasteurisasi merupakan proses pengolahan dengan suhu tinggi yang akan mematikan patogen penyebab penyakit yang mungkin terbawa saat proses pembuatan jus berlangsung.

Anda kini telah mengetahui jawaban atas pertanyaan bolehkah ibu hamil minum jus jeruk ‘kan? Dengan demikian, Bunda tak perlu khawatir untuk mengonsumsi buah sarat nutrisi ini ya. Tetap sehat dan semangat menanti sang buah hati ya bu.
Apa Boleh Ibu Hamil Minum Jus Jeruk Secara Belebihan? Rating: 4.5 Posted By: tentang ibu