Monday, 27 February 2017

Berapakah Berat Badan Ideal Ibu Hamil?

Advertisement
Advertisement
Kehamilan memang menjadi anugerah yang diimpikan oleh banyak perempuan yang telah menikah. Kehadiran buah cinta pernikahan dengan pasangan tentu menjadi momen yang ditunggu dan dijaga agar berlangsung dengan lancar tanpa hambatan.

Tentu saja akan ada cukup banyak perubahan yang terjadi pada tubuh perempuan mengandung, baik karena perubahan hormon atau penyesuaian dengan sang janin. Salah satu yang pasti akan ikut berubah adalah berat badan calon ibu.

Penambahan berat badan seringkali diyakini sebagai pertanda bahwa sang jabang bayi tumbuh dengan sehat, namun nyatanya penambahan berat badan kurang dapat membawa dampak kurang baik. Sebaliknya, penambahan berat badan berlebih juga dapat berpengaruh pada sang janin dan ibu hamil.
berat badan ideal ibu hamil
Lalu, seperti apa sih berat badan ideal ibu hamil? Jika Anda memang ingin tahu, yuk simak saja informasi selengkapnya berikut ini:
  • Berapa sih berat badan ideal ibu hamil?
Pada dasarnya, semua ibu hamil akan mengalami penambahan berat badan berbeda untuk setiap orang. Meski demikian Anda tetap dapat memantau berat badan dengan terlebih dahulu menghitung penyebaran pertambahan berat dengan perkiraan berikut:
  1. Berat janin sekitar 2.5-3.5 kg
  2. Berat plasenta kurang lebih 0.5kg
  3. Bobot cairan dalam rahim sekitar 0.5-1 kg
  4. Bobot cairan tubuh sekitar 1.5 kg
  5. Berat darah sekitar 2 kg
  6. Bobot rahim sekitar 0.5-1 kg
  7. Berat payudara kurang lebih 0.5 kg dibandingkan sebelum hamil
  8. Cadangan lemak sekitar 3.5 kg
Dengan perkiraan tersebut maka pertambahan berat badan ideal ibu hamil diperkirakan sekitar 6-12 kg dibandingkan sebelum kehamilan terjadi. Penambahan ideal apabila Anda  menghitung dengan pembagian trisemester adalah sebagai berikut:
  1. Trisemester pertama berat diperkirakan naik antara 1-2.5 kg per 3 bulan
  2. Trisemester kedua berat badan diperkiakan naik kira-kira 0.35 hingga 0.4 kg/minggu
  3. Trisemester ketiga berat badan diperkirakan akan bertambah sekitar 4-5 kg
Anda yang merasa cukup ribet dengan perhitungan manual dapat mencoba mendapatkan bantuan dengan menggunakan kalkulator online maupun aplikasi yang dapat memantau perkembangan untuk mendapatkan berat badan ideal ibu hamil.
  • Mengapa memantau berat badan ideal ibu hamil sangat penting?
Pemantauan berat badan ideal ibu hamil memang cukup penting dilakukan untuk memastikan kesehatan dan keselamatan sang ibu maupun buah hati. Penambahan berat badan yang tidak terkontrol berpotensi menimbulkan beberapa resiko, antara lain:
  1. Perubahan gen bayi – Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa ibu hamil yang mengalami kenaikan berat badan secara drastis dapat mengubah gen janin yang ada dalam rahim.
  2. Resiko diabetes – kenaikan berat badan yang terlalu banyak selama proses kehamilan berlangsung dapat meningkatkan resiko diabetes karena tubuh ibu menimbun terlalu banyak lemak.
  3. Kelahiran tertunda – Proses kelahiran ternyata juga dapat dipengaruhi oleh berat badan sang ibu. Anda yang tidak memiliki berat badan ideal selama kehamilan berpotensi lebih besar mengalami persalinan yang tertunda hingga 2 minggu dari jadwal yang diperkirakan.
  4. Kesulitan melahirkan – Berat badan yang kurang ideal dapat menyebabkan bayi dalam kandungan terlalu besar sehingga Anda sulit ketika proses persalinan terjadi.
Menjaga berat badan ideal untuk ibu hamil memang menjadi hal yang wajib dilakukan demi kebaikan ibu maupun sang anak. Penjagaan berat badan ideal ini dapat dilakukan dengan mengaplikasikan pola hidup sehat dengan diet makanan yang berorientasi pada buah dan sayuran. Selain itu, Anda juga dapat mengikuti senam kehamilan yang juga berkontribusi membantu menjaga berat badan.

Simak Juga:
Kumpulan Doa Wajib Baca Saat Masa Kehamilan
6 Obat Sakit Gigi Yang Aman dan Ampuh Untuk Ibu Hamil
6 Cara Pintar Mengatasi Perut Kencang Saat Hamil
Bolehkah Ibu Hamil Makan Kerang? Nih Informasinya!
9 Cara Aman Mengobati Batuk dan Pilek Untuk Ibu Hamil
Berapakah Berat Badan Ideal Ibu Hamil? Rating: 4.5 Posted By: tentang ibu