Saturday, 4 November 2017

Calon Ibu Mengalami Stress? Kenali Penyebabnya!

Advertisement
Kehamilan menjadi sebuah anugerah yang sangat indah bagi sepasang suami-istri. Hal inilah yang membuat kehamilan selalu disambut dengan penuh kebahagiaan dan rasa syukur terhadap karunia yang diberikan.

Namun melewati sembilan bulan masa mengandung tidak hanya tentang bahagia lho. Perubahan tubuh dan pengaruh hormonal dapat berdampak pada ketegangan dan kegelisahan bagi sang ibu. Apabila dibiarkan, bisa jadi ibu hamil merasa stress dan tertekan.

Tentu saja konsisi stres pada ibu hamil tidak boleh dipandang remeh karena dapat berdampak buruk bagi Anda maupun jabang bayi. Hmmm, apa dan bagaimana sih cara yang harus dilakukan untuk menanggulanginya? Berikut adalah ulasan terlengkap yang telah dirangkum tim redaksi:
  • Apa sih penyebab stress pada ibu hamil?
Anda perlu mengetahui terlebih dahulu penyebab stres pada ibu hamil sebelum mencari cara menanggulanginya. Sebenarnya terdapat cukup banyak faktor yang dapat mempengaruhi, salah satunya perubahan hormonal akibat kehamilan yang ditandai dengan morning sickness seperti mual berlebih atau perubahan bentuk tubuh. Hal ini sering mengganggu pikiran sang ibu dan membuatnya tertekan.

Rasa cemas menghadapi persalinan juga dapat menjadi faktor pemicu stres pada ibu hamil lainnya. Ibu yang terlalu khawatir dan takut menghadapi persalinan dapat rentan terserang stress berlebih. Selain itu, tekanan mental atau masalah keuangan juga bisa menjadi pemicu depresi selama kehamilan.
  • Apa bahaya stress pada ibu hamil?
Stres pada ibu hamil tentunya tidak boleh dibiarkan begitu saja karena berpotensi mengganggu proses kehamilan. Beberapa bahaya stres yang mungkin terjadi pada ibu hamil, termasuk meningkatkan resiko abortus (keguguran). Apabila ibu tertekan, bukan tidak mungkin sang bayi juga merasa tertekan dan akhirnya menyebabkan keguguran.

Depresi pada ibu hamil ternyata juga berdampak pada sistem kekebalan tubuh si janin. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Journal Brain Behavior and Immunity, ibu hamil yang sering mengalami kepanikan dan kecemasan dapat melemahkan sistem kekebalan bayi yang tengah dikandungnya. Selain itu, ibu yang mengalami stress ketika hamil juga dapat memperbesar resiko alergi pada anak yang dikandung.
  • Bagaimana cara mengatasi stres pada ibu hamil?
Stres pada ibu hamil sebenarnya merupakan hal yang biasa terjadi, namun gangguan ini harus segera ditaggulangi agar tidak memberikan dampak buruk berlebih. Beberapa cara mengatasi stress pada ibu hamil yang bisa dilakukan, antara lain:
  1. Mencoba untuk memperbanyak informasi dan pengetahuan mengenai kesehatan kehamilan dan bayi.
  2. Menjaga pola hidup sehat selama kehamilan agar kesehatan badan tetap terjaga
  3. Tidak ragu menjalin komunikasi dengan ibu lain yang memiliki banyak pengetahuan dan pengalaman mengenai kehamilan dan seputarnya
  4. Memiliki waktu istirahat yang cukup agar tubuh tidak mudah lelah
  5. Meluangkan waktu untuk berlibur atau bepergian ke suatu tempat yang dapat melepaskan penat yang dirasakan
  6. Selalu berkomunikasi dan berbicara dengan pasangan, teman, maupun keluarga yang dipercaya agar Anda memiliki tempat untuk mencurahkan segala hal yang sedang mengganjal pikiran.
  7. Mengikuti yoga maupun meditasi untuk kehamilan yang dapat memberikan efek relaksasi bagi ibu maupun sang janin
Stress pada ibu hamil memang menjadi sebuah momok yang cukup menakutkan apabila tidak diatasi sejak dini. Jika gejala stes berlanjut, ada baiknya Anda segera menghubungi dokter kandungan langganan untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Selamat menjalani masa kehamilan bahagia dan bebas dari stress ya.
Calon Ibu Mengalami Stress? Kenali Penyebabnya! Rating: 4.5 Posted By: tentang ibu