Sunday, 1 October 2017

Yuk, Cari Tahu Manfaat Minyak Ikan untuk Ibu Hamil

Advertisement
Khasiat Minyak Ikan untuk Ibu Hamil - Hai Bunda, bagaimana kabar kehamilan Anda? Kehamilan yang lancar tentunya harus didukung dengan asupan nutrisi terbaik agar kesehatan ibu serta perkembangan sang jabang bayi terkontrol dengan baik.

Pencapaian kesehatan ibu dan anak yang maksimal bisa didapatkan dengan selektif memilih bahan makanan. Untuk itu, Anda dapat memasukkan minyak ikan sebagai alternative sehat yang alami dan tidak memiliki efek samping berbahaya.

Minyak ikan sendiri terbuat dari jaringan pada jenis ikan tertentu yang memiliki kandungan minyak. Dahulu kala,  minyak ikan hanya terbuat dari lemak ikan paus namun dalam perkembangannya mengalami modifikasi dengan berbagai ikan maupun binatang laut lainnya.
Khasiat Minyak Ikan untuk Ibu Hamil
Lalu, apa saja sih manfaat minyak ikan untuk ibu hamil? Yuk, simak informasi paling lengkap yang telah disiapkan oleh tim redaksi berikut ini:
  • Mengurangi tekanan darah tinggi
Minyak ikan memang sudah sejak lama dikonsumsi karena dipercaya memberikan banyak keuntungan bagi pengonsumsinya. Salah satu manfaat minyak ikan untuk ibu hamil itu sendiri adalah mengurangi resiko tekanan darah tinggi.Tekanan darah tinggi ketika kehamilan disebabkan oleh banyak faktor, termasuk faktor pikiran maupun perubahan tubuh ketika kehamilan.

Darah tinggi memang menjadi momok cukup menakutkan bagi seorang perempuan yang tengah mengandung karena berbahaya bagi keselamatan ibu maupun jabang bayi. Nah, mengonsumsi minyak ikan mampu mencegah hipertensi karena nutrisi di dalamnya mampu menjaga keseimbangan tekanan aliran sekaligus tekanan darah.
  • Mencegah pendarahan
Pendarahan seringkali menjadi sebuah masalah yang dialami oleh ibu hamil dengan penongkatan resiko semakin besar ketika melahirkan. Apabila keadaan ini dibiarkan tentu saja bisa berbahaya karena Anda dapat kehilangan nyawa. Eits, jangan khawatir dengan hal tersebut karena rutin mengonsumsi minyak ikan dapat menurunkan potensi pendarahan pada ibu hamil.
  • Mencegah kelahiran prematur
Kelahiran prematur merupakan proses kelahiran yang mana bayi sudah keluar dari rahim sebelum usia matang (sembilan bulan) penuh. Kelahiran ini tentu disebabkan oleh banyak faktor, seperti faktor kesehatan sang ibu, stres selama kehamilan, dan lain sebagainya. Anda dapat mengurangi potensi kelahiran prematur tersebut dengan rutin mengonsumsi minyak ikan secara teratur.
  • Mengatasi masalah kulit
Salah satu perubahan hormon selama kehamilan seringkali berdampak pada beberapa gangguan, salah satunya adalah masalah kulit. Nah, salah satu manfaat minyak ikan untuk ibu hamil adalah untuk mencegah terjadinya radang ataupun gangguan kulit lainnya karena nutrisi di dalamnya mampu membuat kulit lebih sehat.
  • Meningkatkan kecerdasan bayi
Memang pembahasan artikel ini adalah mengetahui manfaat minyak ikan untuk ibu hamil, namun ternyata pengaruh positif tersebut juga bisa berdampak pada kecerdasan janin yang dikandung lho. Minyak ikan memiliki kandungan DHA (Docosahexaenoic Acid) yang penting bagi pertumbuhan otak. Anda yang rutin mengonsumsi minyak ikan berpotensi memiliki anak dengan kecerdasan lebih baik.
  • Membantu perkembangan saraf
Satu lagi manfaat minyak ikan adalah membantu mengembangkan sistem saraf sang buah hati. Kandungan omega 3 yang ada di dalamnya tentu membuat perkembangan saraf menjadi maksimal selama janin dalam kandungan.

Mengonsumsi minyak ikan sangat dianjurkan karena memiliki banyak kegunaan. Anda dapat memasukkan sekitar 1-3 gram minyak ikan dalam pola makan harian untuk mendapatkan manfaat maksimal. Namun jangan lupa untuk terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter langganan agar mendapatkan gambaran tepat mengenai konsumsi minyak ikan.

Itulah beberapa informasi manfaat minyak ikan pada ibu hamil yang dapat dibagikan oleh tim redaksi. Semoga informasi tersebut membantu ya, Bun.
Yuk, Cari Tahu Manfaat Minyak Ikan untuk Ibu Hamil Rating: 4.5 Posted By: tentang ibu