Thursday, 20 October 2016

Calon Ibu Susah Tidur? Cobalah Cara Ini!

Advertisement
Advertisement
Tips mengatasi susah tidur pada ibu hamil – Kehamilan memang membutuhkan perjuangan yang cukup besar. Sang ibu bukan hanya harus berjuang menjaga janin agar selalu sehat, namun juga harus bergulat dengan begitu banyak gangguan yang muncul selama sembilan bulan masa tersebut.

Salah satu hal yang mungkin sedikit mengganggu sang ibu adalah gangguan tidur insomnia. Masalah ini sering dialami oleh sang ibu, kemudian bisa saja bertambah para seiring dengan bertambahnya usia kehamilan.
Penyebab susah tidur atau insomnia sendiri sebenarnya cukup bervariasi, termasuk perubahan hormone progesterone dalam tubuh. Bertambahnya hormon ini jelas dapat membuat ibu merasa lelah sepanjang hari, namun belum tentu lelah ini berujung pada rasa kantuk.

Tips mengatasi susah tidur pada ibu hamil
Kandungan yang semakin besar juga bisa menjadi penyebab susah tidur pada ibu hamil. Hal tersebut umumnya disebabkan oleh adanya penekanan kandung kemih yang membuat posisi tidur menjadi kurang nyaman.

Hmmm, lalu apa yang harus dilakukan saat ini terjadi? Jika ini masalahnya, yuk mari simak cara mengatasi susah tidur pada ibu hamil berikut ini:
  • Jangan menunda waktu tidur
Ibu hamil umumnya mudah lelah sehingga gampang sekali merasa ngantuk. Apabila ini terjadi, usahakan untuk segera tidur meski bukan waktu tidur Anda. Hal ini penting dilakukan karena umumnya rasa kantuk yang ditunda terlalu lama membuat tubuh kehilangan rasa lelah sehingga Anda malah tak dapat tertidur dengan cepat ketika jam tidur datang.
  • Carilah posisi tidur yang nyaman
Anda perlu memiliki kualitas dan kuantitas tidur yang baik agar jam tidur terpenuhi dan tidak merasa lelah ketika terbangun. Hal  ini dapat dicapai dengan mencari posisi tidur yang nyaman dan tidak mengganggu Anda.

Tips  mengatasi susah tidur pada ibu hamil adalah sebaiknya menghindari tidur dalam posisi terlentang karena menyebabkan rasa kurang nyaman. Cobalah tidur menyamping dengan menggunakan bantal diantara lutut dan bawah perut yang berfungsi menopang tubuh selama beristirahat. Anda juga bisa menggunakan bantal dibagian punggung untuk membuat tidur lebih nyaman.
  • Jangan makan terlalu banyak ketika mendekati jam tidur
Ibu hamil mungkin sering merasa cepat lapar dalam waktu seharian sehingga memiliki porsi santapan lebih banyak dari hari biasanya. Meski demikian, cobalah untuk mengurangi porsi makan dan menghindari perut kekenyangan ketika mendekati jam tidur  karena dapat menyebabkan rasa tidak nyaman pada ulu hati yang dapat menghambat kualitas tidur Anda.
  • Minum segelas susu hangat
Cara mengatasi susah tidur pada ibu hamil yang cukup ampuh dan murah adalah dengan mengonsumsi segelas susu hangat beberapa saat sebelum jam tidur tiba. Hal ini dikarenakan susu mengandung asam amino tryptophan yang dapat meningkatkan hormon serotonin dalam otak sehingga membuatnya lebih rileks dan membantu Anda cepat tertidur pulas.
  • Atur suhu ruangan
Mengatur suhu ruangan ternyata juga dapat menjadi cara mengatasi susah tidur pada ibu hamil. Anda bisa mengatur suhu menjadi sedikit lebih dingin untuk memberikan efek rileks sehingga Anda bisa jauh lebih cepat tertidur.

Itulah beberapa cara mengatasi susah tidur pada ibu hamil. Hal yang paling penting dari semuanya sebenarnya adalah dengan memiliki pikiran tenang dan rileks sehingga otak bisa beristirahat dengan lebih baik. Hindari pula rasa stress berlebihan dan berkepanjangan agar Anda terhindari dari gangguan tidur insomnia. Apabila gangguan ini tidak sembuh dan berlanjut lebih parah, ada baiknya segera berkonsultasi dengan dokter kandungan langganan untuk pengambilan langkah lebih jauh. Selamat mencoba.
Calon Ibu Susah Tidur? Cobalah Cara Ini! Rating: 4.5 Posted By: tentang ibu