Monday, 5 September 2016

Cara Cepat Atasi sembelit pada Ibu Hamil Secara Alami

Advertisement
Advertisement
Mengatasi sembelit pada ibu hamil – Ada saja gangguan yang mungkin dialami oleh ibu yang sedang hamil muda maupun hamil tua. Hal ini sebenarnya wajar saja mengingat tubuh tengah beradaptasi dengan berbagai perubahan seiring pertumbuhan sang jabang bayi.

Salah satu ganguan yang umum dialami oleh sang ibu hamil biasanya adalah sembelit atau kesulitan  buang air besar. Gangguan yang juga familiar disebut konstipasi ini dapat disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya adalah peningkatan hormone progesterone yang berperan dalam proses relaksasi otot halus yang menyebabkan mobilitas organ pencernaan menjadi lebih lambat.

Perut yang membesar akibat pertumbuhan sang jabang bayi serta penekanan di bagian rektum juga berpotensi menyebabkan sembelit pada ibu hamil. Namun demikian kekurangan serat juga tak menutup kemungkinan terjadinya masalah tersebut.

cara mengatasi sembelit pada ibu hamil
Nah, apa yang harus dilakukan jika hal tersebut terjadi? Jangan khawatir susah buang air besar lagi deh, sebab tim redaksi memiliki kiat dan cara mengatasi sembelit pada ibu hamil ampuh berikut ini:

Obat Alami Mengatasi Sembelit pada Ibu Hamil

  • Hindari menahan BAB
Menahan buang air besar seringkali dilakukan oleh banyak orang karena tak ingin meninggalkan aktivitas harian. Jika Anda termasuk tipe yang demikian, maka sebaiknya pikirkan untuk mengubah kebiasaan tersebut karena menunda buang air dapat menyebabkan penumpukan tinja dalam usus yang dapat mengeras dan susah dikeluarkan. Biasakan untuk segera pergi ke toilet begitu merasa ingin buang air besar.
  • Jangan ragu mengonsumsi serat
Makanan berserat dapat digunakan sebagai salah satu solusi ampuh mengatasi sembelit pada ibu hamil lho. Hal ini dikarenakan makanan dengan kandungans erat tinggi dapat melancarkan pergerakan usus dan melancarkan proses pembuangan dengan baik.

Tentu saja ada cukup banyak pilihan makanan berserat tinggi yang bisa dikonsumsi, termasuk pepaya maupun pisang. Anda juga dapat mengonsumsi kismis yang ternyata mengandung serat tinggi untuk memperlancar proses pencernaan. Bagi pecinta stroberi, kandungan vitamin C tinggi di dalam buah warna merah ini juga bisa digunakan sebagai obat pencahar ibu hamil alami.
Makanan lain yang juga bisa dijadikan referensi mengatasi sembelit pada ibu hamil adalah cincau yang mengandung serat tinggi. Selain memiliki rasa yang nikmat apabila dijadikan campuran es segar, cincau sendiri juga mengandung kalori rendah sehingga Anda tidak perlu takut terlalu gemuk apabila memasukkannya dalam rencana diet hamil harian.
  • Jangan lupakan peran air mineral
Air putih ternyata memilikifungsi melunakkan tinja dan memperlancar pergerakan makanan melewati usus. Oleh karena itu, mengonsumsi air mineral dalam jumlah yang disarankan setiap hari dapat membantu Anda mengurangi potensi sembelit pada ibu hamil yang cukup mengganggu. Bila memang sembelit telah terjadi, Anda juga dapat menyiasatinya dengan mengonsumsi air putih hangat.
  • Minum bakteri baik
Probiotik merupakan sejenis bakteri baik yang dapat merangsang pergerakan usus untuk mengurai sisa makanan secara maksimal sekaligus mengatasi sembelit pada ibu hamil. Produk-produk yang mengandung prebioktik termasuk cukup mudah ditemukan disekitar Anda, mulai dari olahan yogurt dan minuman yang mengandung probiotik.
  • Jangan makan terlalu banyak
Kekenyangan atau memasukkan terlalu banyak makanan ternyata juga dapat membebani sistem pencernaan Anda lho. Oleh karena itu, sebaiknya hindari mengonsumsi makanan langsung dalam jumlah besar dan membaginya dalam porsi lebih kecil dan intens.

Itulah beberapa cara mengatasi sembelit pada ibu hamil. Anda kini tak perlu khawatir lagi ‘kan? Sembelit dapat diatasi secara alami sehingga aktivitas harian sang ibu hamil tidak akan terhambat dan terselesaikan dengan baik. Selamat mencoba.
Cara Cepat Atasi sembelit pada Ibu Hamil Secara Alami Rating: 4.5 Posted By: tentang ibu