Sunday, 1 October 2017

Ini Cara Mengatasi dan Obat Gatal untuk Ibu Hamil

Advertisement
Cara Mengatasi Gatal Saat Masa Kehamilan – Perubahan hormonal seringkali menyebabkan banyak perubahan pad aibu yang sedang hamil. Tak jarang beberapa gangguan muncul seiring dengan tumbuh kembang jabang bayi di perut, salah satunya adalah gatal-gatal di kulit.

Gatal pada ibu hamil umumnya terjadi di sekitar perut maupun payudara yang disebabkan oleh perubahan hormonal. Meningkatnya hormone HCG (Human Chorionic Gonadatrophin) dan hormone esterogen sering menjadi penyebab utama timbulny gangguan kesehatan ini.

Peregangan yang terjadi pada kulit akibat makin membesarnya payudara dan perut juga bisa menjadi dalang penyebab gatal pada ibu hamil. Selain itu, kulit ibu hamil yang terlalu kering juga dapat menjadi salah satu yang menyebabkan gatal pada sang ibu.

Cara Mengatasi Gatal Saat Masa Kehamilan

Lalu, apakah yang harus dilakukan jika hal ini terjadi? Well, Anda tidak perlu ke dokter terlebih dahulu sebab tim redaksi memiliki solusi obat gatal untuk ibu hamil yang aman berikut ini:

Tips Pintar Mengatasi Gatal Saat Masa Kehamilan

  • Selesaikan dengan Lidah buaya
Lidah buaya ternyata dapat menjadi obat gatal untuk ibu hamil ampuh yang tidak memberikan efek negatif bagi tubuh. Anda hanya perlu mengambil beberapa tangkai lidah buaya dan mengeluarkan cairan lendirnya. Oleskan secara merata di area yang terasa gatal, dan voila rasa gatal yang menggangu akan segera hilang.
  • Gunakan Body Lotion atau Body Butter
Pelembap kulit umumnya dapat digunakan sebagai obat gatal untuk ibu hamil karena dapat menghidrasi kulit sehingga mengurangi rasa gatal dan kering. Pilihlah pelembap yang tidak memiliki kandungan alkohol agar Anda bisa terbebas dari pengaruh buruk.
  • Mandilah menggunakan air dingin
Salah satu cara dan obat gatal untuk ibu hamil yang ampuh dan murah lainnya adalah dengan mandi menggunakan air dingin. Hindari penggunaan air hangat karena akan menyebabkan kulit menjadi lebih kering sehingga gatal yang ditimbulkan akan semakin parah. Jangan lupa gunakan pula sabun lembut yang tanpa pewangi untuk meminimalisir potensi iritasi yang mungkin terjadi.
  • Hindari penggunaan baju ketat
Baju ketat sebenarnya sangat tidak direkomendasikan untuk ibu yang sedang mengandung karena dapat menyiksa kulit. Oleh karena itu, gunakanlah baju dengan ukuran longgar agar kulit dapat bernafas bebas. Gunakan pula bahan yang berasal dari katun agar dapat menyerap keringat lebih baik.
  • Konsumsi air putih dengan baik
Salah satu penyebab gatal pada ibu hamil adalah kulit yang terlalu kering. Oleh karena itu, mengonsumsi air putih yang cukup dapat menjadi solusi obat gatal untuk ibu hamil yang ampuh dan tentu saja sangat murah. Minumlah air putih minimal 8 gelas perhari agar tubuh dan kulit tetap terhidrasi dengan baik.

Gatal pada ibu hamil ini umumnya muncul pada trimester ketiga kehamilan. Gejala ini akan terus menjadi parah seiring dengan makin tuanya masa kehamilan. Gatal ini sendiri memiliki intensitas berbeda pad asetiap ibu, mulai dari yang ringan hingga perut.

Gatal pada ibu hamil sendiri dapat terjadi di area perut dan payudara, namun bisa menyebar ke area paha, kaki, lengan, hingga bokong. Pada beberapa kasus, gatal yang dialami sang ibu hamil dapat menyebabkan timbulnya rasa kebas, ruam, plak, dan kemerahan. Beberapa ibu juga mengalami timbulnya bintik cairan seperti bekas digigit serangga.

Apabila beberapa pilihan obat gatal untuk ibu hamil alami yang telah disajikan tersebut tidak dapat meredakan rasa gatal yang mendera, ada baiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter kandungan kesayangan. Selamat mencoba ya bu, semoga selalu sehat.
Ini Cara Mengatasi dan Obat Gatal untuk Ibu Hamil Rating: 4.5 Posted By: tentang ibu