Sunday, 1 October 2017

Bolehkah Ibu Hamil Makan Mayonnaise? Simak Informasinya Berikut Ini!

Advertisement
Apa boleh ibu hamil makan mayonnaise - Terdapat cukup banyak perubahan yang akan Anda rasakan selama kehamilan. Salah satu yang pasti akan berubah cukup signifikan adalah pola makan yang mana sang ibu hamil diwajibkan melakukan diet ketat. Hal ini sangat vital karena makanan yang Anda konsumsi sangat mempengaruhi pertumbuhan janin.

Diet kehamilan yang ketat pada umumnya berdampak pada pelarangan beberapa makanan. Anda harus berhati-hati memilah setiap jenis makanan untuk memastikan keamanannya, termasuk dalam pemilihan saus. Cermat memilih saus mungkin merupakan hal sepele, namun dapat berpengaruh signifikan bagi perkembangan kesehatan janin lho.

Berbicara mengenai saus, Anda tentu mengenal mayonnaise ‘kan? Olahan yang dalam masakan Perancis masuk dalam kategori saus ini dapat dengan mudah ditemui sebagai pelengkap dalam pizza, burger, maupun sandwich. Rasanya yang legit dan nikmat tentunya menambah selera makan lebih besar ya bu.

Apa boleh ibu hamil makan mayonnaise
Beberapa orang mengatakan bahwa mayonnaise masuk dalam daftar makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil, benarkah demikian? Bolehkah ibu hamil makan mayonnaise? Daripada penasaran, yuk cari jawabannya berikut ini:
  • Apa sih mayonnaise itu?
Sebelum mencari jawaban atas pertanyaan bolehkah ibu hamil makan mayonnaise, ada baiknya jika terlebih dahulu mengetahui definisi olahan ini. Mayonnaise (atau dikenal juga sebagai mayones atau mayonais) merupakan sejenis saus yang terbuat dari campuran minyak nabati, telur ayam, dan cuka yang umumnya digunakan sebagai perasa pada makanan. Beberapa mayonnaise juga hanya menggunakan kuning telur dengan campuran sari buah lemon dan tambahan mustard sebagai perasanya.
  • Apa sih kandungan gizi mayonnaise?
Mayonnaise sebagai salah satu makanan pelengkap (dressing) memiliki fakta gizi yang cukup mencengangkan. Dalam satu sendok makan mayonnaise terdapat sekitar 57 kalori yang terdiri dari 76% lemak, 23% karbohidrat, dan 1% protein.

Mayonnaise juga mengandung sekitar 4.91g lemak dengan perbandingan lemak jenuh sebesar 0.72g, lemak tak jenuh ganda sebesar 2.646g, sementara lemak tak jenuh tunggal sebesar 1.323g. Olahan makanan pelengkap ini juga mengandung kolestrol sebesar 4mg, sodium 105g, dan kalium 1mg. Apabila dihitung secara kasar, maka mayonnaise mendominasi sekitar 3% dari Angka Kecukupan Gizi harian  2000kalori.
  • Bolehkah ibu hamil makan mayonnaise?
Pertanyaan tentang bolehkah ibu hamil makan mayonnaise tentunya cukup mengganjal bagi beberapa orang ‘kan? Secara umum sebenarnya yang menyebabkan sang ibu wajib was-was adalah penggunaan telur sebagai bahan utama mayonnaise yang mungkin saja mengandung bakteri salmonella yang dapat berpengaruh buruk bagi kesehatan ibu dan bayi.

Meski demikian, mayonnaise botolan umumnya sudah melalui proses pasteurisasi untuk mematikan bakteri tersebut. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa sebenarnya mengonsumsi mayonnaise bukanlah hal yang dilarang bagi ibu hamil asalkan mayonnaise telah mengalami proses pasteurisasi selama pembuatan.
  • Adakah pengonsumsian mayonnaise berbahaya?
Anda kini telah mengetahui jawaban atas pertanyaan bolehkah ibu hamil mengonsumsi mayonnaise ‘kan? Anda pasti tak perlu ragu lagi mengonsumsi dan menjadikannya sebagai dressing makanan favorit, namun apakah benar mayonnaise tidak menimbulkan bahaya sama sekali?
Well, mayonnaise sebenarnya aman asalkan tidak dikonsumsi secara berlebihan. Kandungan lemak serta kalori yang cukup tinggi dari mayonnaise tentunya dapat menyebabkan kegemukan dan peningkatan kolestrol apabila dikonsumsi dalam jumlah cukup banyak. Oleh karena itu, sebaiknya Anda tetap membatasi pengonsumsian olahan saus ini.

Mengetahui jawaban atas pertanyaan bolehkah ibu hamil mengonsumsi mayonnaise tentu membuat Anda cukup lega ‘kan? Initinya adalah tetap hati-hati dan memiliki kontrol terhadap diet yang sehat agar bayi dan ibu dapat tetap selamat. Semoga membantu.
Bolehkah Ibu Hamil Makan Mayonnaise? Simak Informasinya Berikut Ini! Rating: 4.5 Posted By: tentang ibu