Monday, 2 January 2017

Ibu Hamil Suka Makan Bakso? Simak Informasinya Berikut Ini!

Advertisement
Ibu hamil memang harus sangat menjaga kandungannya dengan melakukan pola hidup sehat agar sang janin dapat tumbuh secara maksimal. Hal ini tentunya berlaku pada penerapan diet hamil sehat yang pada akhirnya membuat Anda wajib selektif memilih makanan.

Menyoal makanan sehat untuk ibu hamil, pastinya ada beberapa jenis makanan yang pengonsumsiannya menjadi kontroversi. Salah satu yang seringkali diperdebatkan adalah bakso sebagai salah satu makanan selama masa kehamilan. Beberapa menyatakan bahwa olahan ini dilarang karena berbahaya, namun yang lain tetap membolehkah pengonsumsiannya.
bolehkah ibu hamil makan bakso
Jadi sebenarnya, bolehkah ibu hamil makan bakso? Adakah bahaya makan bakso bagi ibu hamil? Anda yang ingin mengetahui jawabannya dapat langsung menyimak ulasan lengkap berikut ini:
  • Bolehkah ibu hamil makan bakso?
Pertanyaan tersebut tentu menjadi dilemma bagi seorang ibu, terutama bila Anda merupakan salah satu penggemar masakan ini. Memang, kelezatan bakso yang berasal dari olahan daging dengan campuran kuah lezat memang sulit ditolak bahkan oleh ibu hamil sekalipun.

Well, Anda yang merupakan penggemar berat olahan makanan ini sebenarnya tidak perlu khawatir. Pengonsumsian bakso selama masa kehamilan masih diperbolehkan asalkan dalam jumlah wajar. Tentu saja, bakso yang dipilih harus benar-benar berkualitas dan bebas dari campuran berbahaya untuk memastikan keamanannya.
  • Kapan makan bakso dilarang bagi ibu hamil?
Mengonsumsi bakso bisa saja menjadi larangan bagi ibu hamil apabila hal berikut terjadi, antara lain:
  1. Mengandung MSG – Monosodium glutamate (MSG) merupakan zat yang cukup berbahaya apabila dikonsumsi oleh ibu. Zat ini kurang baik karena dapat mengganggu perkembangan sel otak janin. Dalam kasus ekstrim, penggunaan MSG berlebihan juga dapat memicu kanker pada sang ibu.
  2. Mengandung banyak garam – pengonsumsian garam yang terlalu berlebihan juga tidak baik bagi sang ibu karena berpotensi memicu tingginya angka kolestrol.
  3. Mengandung pewarna non-pangan – Bakso sebenarnya tidak dibuat menggunakan pewarna, namun beberapa pedagang nakal sering menyiasati baksonya agar terlihat menarik dengan menambahkan beberapa pewarna. Nah, hal ini sangat berbahaya apabila ternyata pewarna yang digunakan bukan pewarna pangan karena bersifat racun dan bisa berpengaruh buruk bagi kesehatan.
  4. Olahan daging kurang berkualitas – daging yang dimasak secara sembarangan atau kurnag matang dapat berbahaya bagi ibu hamil karena mungkin dapat membawa mikroba yang membahayakan keselamatan sang ibu maupun janin.
  • Bagaimana menyiasati olahan bakso bagi ibu hamil?
Anda kini sudah mengetahui jawaban atas pertanyaan bolehkah ibu hamil makan bakso. Menyantap bakso mungkin memang menjadi salah satu hal yang diinginkan sang ibu. Jika Anda salah satunya, berikut adalah beberapa tips agar menyantap bakso tetap aman:
  1. Jika memungkinkan usahakan agar Anda memasak sendiri bakso dirumah. Hal ini penting karena Anda bisa memastikan kualitas yang ada dalam sebuah bakso.
  2. Tambahkan beberapa jenis sayuran pada bakso yang akan dikonsumsi. Dengan demikian, asupan makanan Anda makin bergizi.
  3. Jangan mengonsumsi bakso secara berlebihan. Makanlah bakso secukupnya dan imbangi dengan makanan bergizi lainnya.
Hmmm, pertanyaan tentang bolehkah ibu hamil makan bakso kini tak lagi menjadi tanda Tanya besar dalam hidup Anda ‘kan? Anda bisa langsung saja menyantap bakso tanpa perlu khawatir memberikan dampak buruk bagi sang janin. Hanya yang perlu diingat adalah bahwa bakso yang dikonsumsi harus benar-benar terjamin kualitasnya sehingga Anda tidak perlu was-was. Selamat menyantap bakso, Bunda
Ibu Hamil Suka Makan Bakso? Simak Informasinya Berikut Ini! Rating: 4.5 Posted By: tentang ibu