Sunday, 10 September 2017

Bingung Memilih Sayuran Sehat Untuk Ibu Hamil? Ini Dia Daftarnya!

Advertisement
Sayuran sehat untuk ibu hamil – Apa sih yang paling diharapkan oleh seorang ibu hamil? Tentunya terdapat banyak sekali pengharapan dan doa yang ada dalam pikiran calon ibu, namun yang paling penting tentunya adalah keselamatan dan kesehatan sang jabang bayi.

Keinginan melindungi calon anak membuat ibu melakukan banyak upaya untuk memberikan yang terbaik, salah satunya adalah dengan mengatur pola makan. Diet yang sehat dan penuh nutrisi pastinya menjadi concern utama selama sembilan bulan keberadaan si Kecil di rahim.

Salah satu jenis makanan yang wajib Anda masukkan dalam menu harian adalah sayuran. Yups, sayuran mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk tumbuh-kembang anak. Nah, apa saja sih jenis sayuran sehat untuk ibu hamil yang patut dipertimbangkan pengonsumsiannya? Mari simak informasi terlengkap berikut ini:

Daftar Sayuran Sehat yang Baik Untuk Ibu Hamil 

Sayuran sehat untuk ibu hamil
  • Brokoli
Brokoli merupakan salah satu jenis sayuran yang cukup mudah ditemui di pasar dengan harga yang terjangkau. Nah, siapa sangka brokoli ternyata masuk sebagai sayuran sehat untuk ibu hamil yang memiliki berjuta manfaat lho.

Brokoli memiliki kandungan omega 3 yang berguna untuk merangsang kecerdasan sang jabang bayi sejak dini. Selain itu, omega 3 yang dimiliki juga mampu mengatur tekanan darah dan menjaganya agar tetap stabil.

Brokoli juga memiliki kandungan kalsium cukup tinggi yang mampu membantu mendukung struktur tulang yang sehat. Dengan kandungan yang dimiliki ini, Anda tentu akan terhindar dari osteoporosis sekaligus dapat memaksimalkan pertumbuhan tulang dan gigi buah hati.
  • Daun katuk
Daun katuk merupakan jenis sayuran sehat untuk ibu hamil sekaligus mereka yang sedang dalam masa menyusui. Daun katuk sendiri memiliki kandungan minyak esensial seperti saponin, tannin, flavonoid, triterpenoid, dan asam amino yang membantu merangsang air susu ibu.

Daun katuk juga memiliki kandungan kalsium cukup tinggi yang berguna membantu pertumbuhan janin. Selain itu, daun katuk juga bermanfaat untuk mendukung struktur tulang kuat bagi sang ibu.
  • Kedelai Jepang
Salah satu jenis sayuran yang mungkin bisa dimasukkan dalam daftar makanan sehat ibu hamil adalah kedelai Jepang atau yang umum disebut sebagai edamame. Kedelai Jepang ini memiliki kandungan vitamin C dan vitamn K yang cukup tinggi sehingga baik bagi kesehatan ibu dan janin.

Selain itu kedelai Jepang merupakan makanan yang baik terutama untuk ibu hamil vegetarian karena mengandung protein tinggi. Dengan demikian, asupan protein hewani seperti ikan, daging, dan ayam dapat digantikan melalui makanan satu ini.
  • Daun singkong
Siapa yang menyangka bahwa daun singkong yang termasuk makanan murah di Indonesia memiliki manfaat cukup banyak untuk ibu hamil. Sayuran sehat untuk ibu hamil ini mengandung banyak zat besi yang bisa membantu sang ibu terhindar dari anemia selama kehamilan.

Bukan hanya itu, daun singkong ternyata juga mengandung antioksidan cukup tinggi yang dapat membantu Anda melawan radikal bebas. Dengan demikian, Anda juga dapat menghindari potensi terjadinya kanker maupun tumor.
  • Bayam
Bayam juga dapat dimasukkan dalam menu harian Anda selama hamil lho. Sayuran satu ini memiliki banyak kandungan vitamin A, vitamin C, dan vitamin K yang baik untuk kesehatan. Selain itu, makanan satu ini juga mengandung asam folat yang barmanfaat untuk menghindarkan bayi dari kecacatan.
Artikel menarik Lainnya:  Bolehkah Ibu Hamil Puasa? Ini Jawabannya
Tentu saja masih banyak daftar sayuran sehat untuk ibu hamil yang bisa Anda jadikan sebagai menu harian. Anda bisa mengolahnya dengan berbagai cara sesuai selera, mulai sekedar direbus hingga menjadi masakan tertentu. Satu yang wajib diperhatikan, pastikan sayuran tersebut telah tercuci dan diolah dengan benar sehingga tidak ada kuman atau bakteri menempel.
Bingung Memilih Sayuran Sehat Untuk Ibu Hamil? Ini Dia Daftarnya! Rating: 4.5 Posted By: tentang ibu