Monday, 5 September 2016

Bolehkah Ibu Hamil Makan Telur Asin? Berikut Penjelasannya!

Bolehkah ibu hamil makan telur asin – Telur adalah salah satu makanan yang sangat mudah didapatkan di sekitar, mulai toko kelontong hingga pasar-pasar swalayan modern terbesar. Kemudahan mendapatkan komoditi ini membuat banyak orang memilih  telur sebagai salah satu pilihan yang sulit untuk dilewatkan.

Telur dalam perkembangannya dapat diolah menjadi beragam olahan lezat, termasuk sebagai telur asin yang nikmat. Anda yang sering menyantap telur asin pastinya sangat hafal dengan rasa asin legit serta tekstur telur lembut yang berpadu menjadi satu menghasilkan sensasi nikmat ‘kan?

bolehkah ibu hamil makan telur asin
Telur asin banyak dimasukkan dalam menu diet harian karena kepraktisan dan kelezatannya. Namun jika Anda hamil, beberapa orang menyarankan untuk sama sekali tidak mengonsumsi telur asin. Hmmm, benarkah demikian? Bolehkah ibu hamil makan telur asin? Adakah bahaya yang bisa ditimbulkan dari pengonsumsian produk hewani ini? Jika Anda salah satu yang khawatir, maka sebaiknya membaca informasi ini hingga selesai:
  • Apa dan bagaimana telur asin diolah?
Telur asin merupakan olahan makanan dengan bahan utama telur yang diawetkan dengan cara diasinkan. Pemberian garam dalam jumlah cukup banyak pada telur ini dilakukan untuk menonaktifkan enzim perombak yang dapat merusak kualitas telur. Proses pengolahan ini membuat telur lebih tahan lama sehingga bisa dikonsumsi dalam jangka waktu hingga satu bulan (30 hari).
  • Bolehkah ibu hamil makan telur asin?
Pertanyaan tentang bolehkah ibu hamil makan telur asin mungkin muncul karena beberapa orang menyarankan ibu menghindari makanan ini selama kehamilan. Lalu apakah hal itu benar atau hanya mitos semata?

Secara medis sebenarnya ibu boleh saja mengonsumsi telur asin asalkan tidak secara berlebihan. Telur juga harus terlebih dahulu dipastikan benar-benar matang sebelum ibu mengonsumsinya. Jika dua syarat ini dipenuhi, maka Anda dapat menyantap telur tanpa perlu merasa was-was.
  • Adakah manfaat telur asin untuk ibu hamil?
Anda tentu sudah mengetahui tanggapan tim redaksi atas pertanyaan bolehkah ibu makan telur asin ‘kan? Kini yang perlu diketahui adalah kandungan telur asin itu sendiri yang ternyata bermanfaat untuk ibu hamil. Tanpa perlu berbasa-basi, berikut adalah manfaat telur asin untuk sang ibu dan calon bayi:
  1. Telur asin kaya kandungan vitamin A yang bermanfaat dalam meningkatkan sistem imun tubuh ibu. Bukan hanya itu, vitamin A juga berguna dalam menjaga pertumbuhan visual janin sehingga berkembang dengan baik dan sempurna.
  2. Telur asin juga memiliki kandungan vitamin E yang mampu menjaga kesehatan kulit sang ibu. Dengan demikian, Anda dapat mengurangi keluhan stretch mark maupun kulit kering yang biasa dialami ibu hamil.
  3. Kalsium menjadi salah satu hal yang pasti ada dalam sebutir telur asin. Kandungan ini mampu membuat tulang ibu lebih kuat dan mencegah osteoporosis, sekaligus membantu membentuk tulang dan gigi pada sang jabang bayi.
  4. Telur asin juga merupakan komoditi yang memiliki kandungan protein cukup tinggi. Asupan protein tersebut tentunya bergna untuk mencegah kecacatan hingga merangsang perkembangan kognitif janin.
  • Apakah telur asin berbahaya bagi ibu?
Makan telur asin memang cukup aman bagi ibu asalkan tidak dilakukan secara berlebihan dengan pengolahan yang benar. Khusus bagi ibu yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi dan kolestrol berlebih sebaiknya cukup membatasi konsumsi karena dapat berpengaruh bagi kesehatan apabila terlalu berlebihan.
Apakah Anda puas dengan jawaban atas bolehkah ibu hamil makan telur asin? Kini tak perlu ragu lagi ‘kan? Silahkan saja mengonsumsi produk hewani ini asalkan tidak berlebihan dan telur dalam keadaan matang sempurna. Selamat makan telur asin ya bu.
Bolehkah Ibu Hamil Makan Telur Asin? Berikut Penjelasannya! Rating: 4.5 Posted By: tentang ibu