Sunday, 10 September 2017

Ibu Hamil Makan Sardin Kalengan Terlalu Sering, Apakah Boleh?

Advertisement
Bolehkah ibu hamil makan sarden kalengan – Memperhatikan pola makan sudah seharusnya menjadi perhatian utama. Hal tersebut cukup penting mengingat nutrisi agar tubuh sehat dan energi untuk kegiatan harian bisa didapatkan dari mengonsumsi makanan tertentu.

Pengonsumsian sumber makanan terbaik menjadi semakin vital ketika ada bayi di rahim. Anda tidak hanya bertanggungjawab pada pemenuhan nutrisi tubuh sendiri, namun juga asupan gizi sang jabang bayi.

Sayangnya mobilitas dan kegiatan yang cukup banyak terkadang membuat sang ibu hamil cukup kesulitan memikirkan pola makan sehat. Beberapa perempuan hamil akhirnya terpaksa harus mengonsumsi makanan cepat saji yang praktis dan tidak memakan waktu, salah satunya mengonsumsi ikan sarden kalengan.

Bolehkah ibu hamil makan sarden kalengan
Ikan sarden kalengan banyak dipilih kaum perempuan karena bahan utamanya terbuat dari ikan, sehingga diasumsikan tetap sehat dan memiliki nutrisi cukup bagi ibu dan bayi. Namun apakah hal ini benar dan sesuai secara medis? Bolehkah ibu hamil makan sardene? Jika Anda masih belum yakin, maka sebaiknya meneruskan membaca artikel berikut ini:
  • Apa sih ikan sarden itu?
Sebelum mengetahui tentang bolehkah ibu hamil makan sarden, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu jenis ikan ini. Sarden (juga dikenal sebagai sarden atau sardene) merupakan ikan laut yang berasal dari spesies Clupeidae yang mampu bertahan hingga kedalaman lebih dari 1000 meter. Ikan yang memiliki nilai komersil sedang ini mampu menaikkan suhu darahnya diatas suhu air sehingga mampu bertahan dalam kondisi beragam.
  • Apa sih ikan sarden kalengan?
Ikan sarden pada perkembangannya cocok digunakan sebagai makanan yang dihidangkan dengan saus cabe atau saus tomat. Perpaduan beberapa bahan tersebut dalam industri makanan menghasilkan ikan sarden kalengan yang sudah diolah agar siap masak dan tahan lama (sekitar 1 tahun). Anda tidak perlu repot membersihkan ikan dan memasaknya karena cukup dihangatkan lagi sebelum disantap.
  • Bolehkah ibu hamil makan sarden kalengan?
Mengonsumsi ikan sebenarnya merupakan hal yang dianjurkan untuk ibu hamil karena olahan ikan memiliki banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh maupun si jabang bayi. Masalahnya, bolehkah ibu hamil makan sarden kalengan? Jika ini yang ditanyakan, maka jawabannya adalah boleh selama tidak berlebihan.

Pada dasarnya mengonsumsi ikan sarden cukup dianjurkan untuk ibu hamil karena mengandung kalsium cukup tinggi yang bagus bagi perkembangan sang anak. Ikan sardene juga mengandung beragam jenis vitamin penting yang sangat dibutuhkan untuk tumbuh-kembang anak, seperti thiamine, niasin, vitamin B6, vitamin B12, vitamin A, vitamin D, vitamin E, Vitamin K, dan lain sebagainya.

Food and Drug Administration (FDA) di Amerika Serikat menganjurkan pengonsumsian sarden karena ikan ini memiliki kadar merkuri yang cukup rendah sehingga tidak akan membahayakan bagi ibu maupun sang bayi.
  • Mengapa tidak boleh mengonsumsi ikan sarden berlebihan?
Anda yang telah menemukan jawaban atas pertanyaan bolehkah ibu hamil makan sarden tentu mengetahui bahwa sebenarnya sah saja mengonsumsi ikan sarden kalengan asalkan tidak berlebihan. Lalu, apakah ada bahaya yang bisa ditimbulkan oleh konsumsi berlebihan?

Salah satu larangan konsumsi berlebihan adalah karena ikan sarden kalengan tentunya bukan berasal dari ikan segar. Ikan sarden kalengan juga kemungkinan menggunakan pengawet makanan yang sebaiknya dikurangi agar tidak menimbulkan masalah kesehatan dalam waktu pengonsumsian panjang.
Anda yang awalnya cukup bimbang dengan  pertanyaan bolehkah ibu hamil makan sardene kini sudah mengetahui jawabannya ‘kan? Tetap sehat dan semangat ya bu.
Ibu Hamil Makan Sardin Kalengan Terlalu Sering, Apakah Boleh? Rating: 4.5 Posted By: tentang ibu