Sunday, 1 October 2017

Bolehkah Ibu Hamil Makan Ikan Asin?

Advertisement
Bolehkah ibu hamil makan ikan asin – Rasanya yang gurih dan aromanya yang wangi membuatnya dicari dan disukai. Harganya yang selalu pas di kantong juga menjadi solusi bagi siapapun untuk menekan pengeluaran harian. Yups, ikan asin memang menjadi primadona dan kegemaran banyak masyarakat Indonesia, tak terkecuali ibu hamil.

Seorang calon ibu seringkali menginginkan sesuatu (ngidam) selama sembilan bulan mengandung. Tentu bukan hal yang mengherankan jika ikan asin menjadi sesuatu yang diinginkan ibu selama hamil ‘kan? Jika sudah demikian, Anda mungkin mulai berpikir apakah ikan asin aman untuk ibu hamil? Bolehkah ibu hamil makan ikan asin? Adakah dampak buruk yang bisa didapatkan jika mengonsumsinya?

Bolehkah ibu hamil makan ikan asin
Eits, Bunda tak perlu bertanya-tanya lagi sebab tim redaksi memiliki jawaban yang bisa menghentikan rasa penasaran tersebut. Jika penasaran, mari langsung simak informasi selengkapnya berikut ini:
  • Apasih ikan asin dan bagaimana pengolahannya?
Hal pertama yang perlu dilakukan sebelum mengetahui bolehkah ibu hamil makan ikan asin adalah mengenali olahan itu sendiri. Ikan asin terbuat dari daging ikan yang diawetkan dengan penambahan banyak garam. Proses pengasinan inilah yang membuat daging ikan terhindar dari kerusakan fisik akibat ulat, serangga, dan perusak lainnya.

Terdapat beberapa jenis ikan yang biasa diolah menggunakan metode pengasinan, seperti ikan teri, ikan gabus, ikan tingkol, ikan layang, maupun ikan asin. Ikan asin memiliki ketahanan lebih lama (hingga berbulan-bulan) tanpa membusuk dibandingkan ikan segar biasa.
  • Bolehkah ibu hamil makan ikan asin?
Ikan asin dalam perkembangannya termasuk lauk yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil karena masih memiliki kandungan vitamin dan mineral yang diperlukan untuk kesehatan tubuh sang ibu serta perkembangan janin. Meski aman dikonsumsi, namun Anda tetap wajib memperhatikan cara pengolahannya untuk memastikan bahwa ikan yang diasinkan tersebut berasal dari bahan berkualitas dengan cara pengolahan yang benar.
  • Adakah gizi dalam ikan asin?
Ikan asin sebagaimana lauk lainnya juga memiliki kandungan gizi yang ternyata baik untuk kesehatan ibu maupun sang jabang bayi. Ikan asin memiliki kandungan kalsium dan fosfor yang cukup tinggi sehngga bermanfaat untuk kesehatan dan pertumbuhan tulang serta gigi. Dua zat tersebut juga mampu mencegah kelainan tulang serta memperkuat struktur tulang.

Ikan asin juga mengandung zat besi yang membantu tubuh memproduksi sel darah. Hal inilah yang menjadikannya cukup baik untuk melawan serta mencegah terjadinya anemia. Ikan asin juga memiliki kandungan protein cukup tinggi sehingga dapat membantu membentuk dan menambah masa otot tubuh.
Ibu hamil juga tentunya membutuhkan energi harian lebih banyak ‘kan? Untuk ini, ikan asin dapat dijadikan sebagai sumber energi harian karena terbukti memilkiki energy sebesar 193kkal dalam 100gram.
  • Adakah bahaya ikan asin bagi ibu hamil?
Bahaya ikan asin sendiri bukan pada cara mengonsumsinya namun lebih tepatnya adalah cara pembuatan olahan tersebut. Beberapa pengolah ikan asin nakal seringkali menambahkan zar kimia pengawet berbahaya pada olahannya agar lebih tahan lama dan awet. Jika sudah begini, Anda wajib hati-hati dan memastikan cara pengolahan sudah benar.

Tambahan garam yang cukup banyak membuat ikan asin dapat memicu tekanan darah tinggi. Oleh karena itu, ibu dengan riwayat tekanan darah tinggi sebaiknya mengurangi konsumsi ikan asin agar tekanan darah yang melonjak tidak membahayakan sang jabang  bayi.
Kini Anda telah mengetahui jawaban atas bolehkah ibu hamil makan ikan asin ‘kan? Anda boleh saja mengonsumsi namun tetap memperhatikan pengolahan dan bahan yang digunakan. Selamat menyantap ikan asin nan lezat ya bu.
Bolehkah Ibu Hamil Makan Ikan Asin? Rating: 4.5 Posted By: tentang ibu