Wednesday, 17 August 2016

Bolehkah Ibu Hamil Potong Rambut Menurut Islam?

Bolehkah ibu hamil potong rambut menurut Islam – Terdapat cukup banyak hal menarik yang akan terjadi selama Sembilan bulan kehamilan. Salah satu yang cukup sering menjadi problematika umum adalah banyaknya larangan yang harus dihindari calon ibu demi kesehatan sang janin dan kelancaran proses kehamilan hingga melahirkan.

Diantara banyaknya aturan yang harus dijalani sang calon ibu, larangan memotong rambut termasuk sebagai salah satu yang cukup terkenal dan tidak boleh dibantah. Bahkan, banyak orang mengaitkan larangan ini dengan ajaran agama Islam dengan mengklaim bahwa memotong rambut ketika hamil hukumnya tidak diperbolehkan.

Lalu bagaimana hukum islam memandang larangan ini? Bolehkah ibu hamil memotong rambut menurut Islam? Jika penasaran, yuk silahkan simak ulasan lengkap berikut ini:
Bolehkah ibu hamil potong rambut menurut Islam
  • Apa sih alasan ibu tidak boleh memotong rambut selama hamil?
Larangan memotong rambut selama kehamilan sebenarnya merupakan suatu hal yang cukup aneh bagi sebagian orang. Namun adanya aturan tersebut bukanlah tanpa alasan karena nyatanya larangan tersebut sudah ada sejak zaman nenek moyang dahulu.

Menurut masyarakat kuno, ibu hamil dilarang memotong rambut karena dapat memotong jalan lahir sang bayi. Mereka percaya bahwa perempuan hamil yang memotong rambutnya akan menyebabkan bayi tidak berada di jalan melahirkan yang benar atau posisinya tidak sesuai dengan yang diharapkan.
  • Seperti apa Islam memandang hal ini?
Larangan ini sebenarnya berasal dari masyarakat sendiri, sehingga rasanya kurang tepat jika mengaitkannya dengan Islam. Agama Islam tidak pernah melarang wanita hamil memotong rambutnya selama masa Sembilan bulan tersebut.

Hal ini makin dikuatkan dengan pernyataan Ustadz Washito selaku salah satu pemuka agama yang menyatakan bahwa perempuan hamil boleh memotong rambutnya. Dalam perkembangannya, tidak pernah ada dalil syar’I yang menyatakan bahwa potong rambut selama kehamilan dilarang.
  • Bagaimana dunia kedokteran menanggapi hal ini?
Dunia kedokteran dalam hal ini juga mendukung pernyataan bahwa sebenarnya tidak ada larangan bagi ibu untuk tidak memotong rambut selama kehamilan. Melakukan potong rambut sebenarnya sah saja karena merupakan bagian dari perawatan rutin. Hanya saja kebanyakan dokter melarang pemakaian produk perawatan rambut yang mengandung bahan berbahaya karena dapat menimbulkan potensi bahaya bagi janin.
Kini Anda sudah tahu jawaban atas pertanyaan “bolehkah ibu hamil potong rambut menurut islam?” ‘kan? Hal yang perlu dipelajari dari ulasan kali ini adalah agar Anda tetap berhati-hati dan tidak menelan mentah-mentah semua mitos seputar kehamilan yang beredar. Tetap sehat ya Bu.
Bolehkah Ibu Hamil Potong Rambut Menurut Islam? Rating: 4.5 Posted By: tentang ibu