Sunday, 21 August 2016

Ini Lho Bahaya Minuman Bersoda untuk Ibu Hamil

Bahaya minuman bersoda untuk ibu hamil – Hmmm, udara panas dan menyengat di siang hari, lalu apa yang harus dilakukan untuk mendinginkan tubuh? Tentu ada cukup banyak cara untuk memerangi panas siang hari, salah satunya adalah dengan mengonsumsi minuman bersoda.  Namun bolehkah ibu hamil mengkonsumsi minuman bersoda?

Minuman bersoda adalah minuman yang telah melalui proses karbonasi sehingga menghasilkan reaksi foaming yang diakibatkan oleh pelepasan kandungan CO2 dalam larutan air. Mengonsumsi minuman ini sebenarnya sah saja asal tidak terlalu banyak, namun jika sedang hamil sebaiknya Anda menghindari minuman bersoda.

Dalam perkembangannya, terdapat beberapa bahaya minuman bersoda untuk ibu hamil yang patut diwaspadai. Apa saja sih bahaya yang dapat ditimbulkan jika mengonsumsi minuman berkarbonasi ketika mengandung? Yuk, simak informasi selengkapnya berikut ini:

Bahaya Mengkonsumsi Minuman Soda Bagi Ibu Hamil 

Bahaya minuman bersoda untuk ibu hamil
  • Meningkatkan resiko diabetes
Satu kaleng minuman bersoda mengandung cukup banyak gula yang jika diestimasi bisa mencapai lebih dari 12 sendok teh. Tentu saja hal ini tidak bagus bagi calon ibu karena dapat meningkatkan resiko terkena diabetes gestasional yang mampu membuat bobot janin terlalu besar sehingga sulit dilahirkan.
  • Melemahkan sel darah putih
Sel darah putih merupakan sel dalam tubuh yang berperan melindungi tubuh dari bakteri jahat yang dalam beberapa penelitian dinyatakan dapat melemah apabila tubuh terlalu banyak mengonsumsi gula. Anda yang gemar mengonsumsi minuman bersoda memiliki kemungkinan daya tubuh menurun karena asupan gula terlalu banyak, padahal selama hamil sang ibu dituntut untuk selalu sehat dan fit.
  • Menghambat penyerapan kalsium
Kalsium tentunya sangat dibutuhkan agar calon ibu tetap dapat merasa sehat dengan tulang kuat selama masa kehamilan. Nah, minuman bersoda mengandung kadar asam fosfat cukup tinggi yang dapat meningkatkan asupan fosfor tubuh. Kandungan fosfor inilah yang dapat menghambat penyerapan kalsium dalam tubuh sehingga berdampak pada penurunan massa tulang.
  • Menyebabkan darah tinggi
Minuman bersoda, seperti Fanta, Sprite, maupun Coca-cola, umumnya mengandung kafein dalam jumlah tertentu. Hal ini cukup berbahaya dikonsumsi selama kehamilan karena dapat memicu tekanan darah tinggi (preeklampsia). Jika hal ini berlangsung, maka kemungkinan bayi lahir prematur akan semakin besar.
Kini Anda sudah mengetahui dengan jelas bahaya minuman bersoda untuk ibu hamil ‘kan? Anda yang sedang hamil sebaiknya meningkatkan kewaspadaan terhadap tipe makanan ataupun minuman yang dikonsumsi demi kesehatan sang buah hati. Anda sebaiknya tidak memilih minuman bersoda dan menggantinya dengan jus buah maupun air mineral yang terbukti lebih sehat dan memiliki kandungan nutrisi. Selamat menanti kelahiran buah hati ya.
Ini Lho Bahaya Minuman Bersoda untuk Ibu Hamil Rating: 4.5 Posted By: tentang ibu