Sunday, 21 August 2016

6 Cara Pintar Mengatasi Perut Kencang Saat Hamil

Advertisement
Advertisement
Penyebab dan cara mengatasi perut kencang saat hamil – Kehamilan memang menjadi sebuah karunia bagi sebagian besar pasangan. Namun anugerah tersebut tentu saja butuh pengorbanan Ibu yang harus rela berjuang dan bergulat dengan banyak tantangan maupun gangguan kehamilan yang umum dirasakan selama Sembilan bulan masa mengandung.

Salah satu gangguan kehamilan yang cukup sering dirasakan calon ibu adalah perut yang tiba-tiba terasa kencang. Kondisi ini umumnya ditandai dengan adanya rasa kram atau kontraksi pada otot sekitar perut dengan intensitas cukup kuat. Lalu pertanyaannya, apakah kondisi kehamilan ini berbahaya? Apa sih penyebab dan bagaimana cara mengatasi perut kencang saat hamil tersebut? Yuk, simak informasi selengkapnya berikut ini:
Penyebab dan cara mengatasi perut kencang saat hamil

Apa sih penyebab perut kencang saat hamil?

Perut kencang saat hamil sebenarnya merupakan sebuah proses normal yang sering dialami oleh calon ibu. Menurut dr. Hari Nugroho Sp. OG. sebagai salah satu ahli dari Departemen Obstetri dan Ginekologi RSUD Dr. Soetomo, Surabaya, disebutkan bahwa penyebab perut kencang saat hamil adalah kontraksi yang terjadi pada rahim itu sendiri.
Gangguan perut kencang saat hamil ini mungkin merupakan tanda-tanda melahirkan apabila usia kehamilan sudah memasuki trimester terakhir, namun tidak menutup kemungkinan jika hal ini terjadi ketika ibu hamil muda. Selain merupakan tanda melahirkan, perut kecang ini juga dapat disebabkan karena gerakan bayi yang terlalu aktif, kemungkinan janin kembar, aktivitas harian yang terlalu berat, hingga kontraksi palsu (Braxton Hicks).

Bagaimana cara mengatasi perut kencang saat hamil?

Anda yang merasakan kondisi ini dapat melakukan beberapa hal untuk mengurangi ketidaknyamanan yang terjadi, antara lain:
  • Mandi air hangat terutama di sore hari karena terbukti efektif memberikan efek relaksasi otot-otot rahim.
  • Mengoleskan lotion atau minyak nabati ke area sekitar perut untuk mengurangi ketegangan yang terjadi.
  • Tidurlah dengan posisi yang paling baik untuk ibu hamil.
  • Hindari mengangkat beban berat selama kehamilan terjadi untuk meminimalkan rasa kencang yang timbul di area perut.
  • Minumlah cairan dalam jumlah cukup karena dehidrasi ternyata dapat menimbulkan kontraksi.
  • Usahakan untuk selalu rileks dan memiliki waktu istiraha cukup.
Hmmm, kini Anda tahu penyebab dan cara mengatasi perut kencang saat hamil ‘kan? Sebenarnya kondisi tersebut masih merupakan hal normal dalam kehamilan. Anda hanya perlu sedikit lebih berhati-hati dan selektif memilih aktivitas agar proses kehamilan berjalan lancar.
6 Cara Pintar Mengatasi Perut Kencang Saat Hamil Rating: 4.5 Posted By: tentang ibu