Monday, 15 August 2016

Jangan Sepelekan Keputihan Pada Ibu Hamil!

Keputihan Pada Ibu Hamil – Keputihan merupakan hal yang sangat mengganggu para wanita dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Apalagi kalau keputihan melanda para wanita yang sedang mengandung, hal ini pasti akan sangat merepotkan dan menganggu ‘kan?

Keputihan kerap kali melanda wanita hamil terutama jika masih dalam trimester pertama. Penyebab keputihan pada ibu hamil sendiri beragam, salah satunya dikarenakan karena berubahnya sistem hormon pada tubuh wanita hamil sehingga menyebabkan keputihan yang berlebih. Faktor psikologis juga dapat menjadi penyebab terjadinya keputihan berlebih pada Ibu hamil. Selain itu, kurang bersihnya organ intim juga dapat menyebabkan keputihan.

Normalnya wanita yang mengalami keputihan tidak mengeluarkan bau yang menyengat dan tidak berwarna. Namun, Anda patut waspada apabila keputihan mulai terasa tidak normal dengan ciri memiliki bau yang sangat menyengat, lendir lengket dan berwarna kuning kehijauan, serta diikuti gatal-gatal pada daerah kewanitaan. Bisa jadi, keputihan ini menjadi indikasi ketidaknormalan dalam tubuh.
Keputihan Pada Ibu Hamil
Keputihan yang abnormal umumnya dapat dibedakan menjadi 3 macam diantaranya adalah keputihan yang disebabkan oleh pertumbuhan jamur, keputihan yang disebabkan oleh bakteri karena pH yang tidak seimbang, dan keputihan yag disebabkan oleh iritasi disekitar kandung kemih wanita. Dampak terjadinya keputihan yang abnormal pada wanita yang sedang mengandung sangat berbahaya bagi janin, dan berikut ini bahaya keputihan pada Ibu Hamil:
  • Kelahiran Premature
Gejala yang ditimbulkan dari keputihan dapat mempengaruhi kelahiran bayi. Biasanya ditandai dengan keluarnya cairan kental dari vagina yang diikuti dengan bau yang tajam serta gatal di sekitar area vagina. Keputihan yang seperti ini apabila tidak dilakukan pengobatan akan menyebabkan kelahiran premature.
  • Ketuban Pecah Dini
Keputihan yang disebabkan oleh bakteri memiliki gejala vagina mengeluarkan cairan berwarna kuning dan berbau tajam serta muncul rasa gatal dan panas di area kewanitaan. Bakteri yang terjangkit pada organ kewanitaan Anda ini akan menyebabkan ketuban pecah sebelum waktunya. 
  • Berat Bayi Lahir Rendah
Jamur yang menyebabkan keputihan yaitu Protozoa Trichmonas Vaginalis biasanya terjangkit karena tertularnya organ kewanitaan Anda saat berhubungan intim. Jamur ini dapat menyebabkan berat badan bayi yang dilahirkan rendah karena pengaruh dari jamur tersebut.

Jangan anggap sepele mengenai keputihan yang di alami Ibu yang sedang hamil ya? Untuk itu berikut kami referensikan untuk Anda beberapa tips yang dapat calon ibu lakukan untuk mengatasi keputihan saat masa kehamilan.

Kumpulan Cara Mengatasi Keputihan Pada Ibu Hamil

  • Menjaga kebersihan organ kewanitaan Anda dengan cara yang benar. Bersihkan dengan cara yang benar saat Anda setelah BAB yaitu satu arah dari depan ke belakang
  • Menggunakan air yang mengalir saat Anda membasuh organ kewanitaan Anda dan jangan menggunakan sabun atau cairan pembersih karena dapat mengganggu keseimbangan pH pada organ kewanitaan Anda.
  • Mengganti pakaian dalam secara rutin dan gunakan kain celana dalam yang mudah menyerap keringat agar mengurangi tingkat kelembapan organ kewanitaan Anda
  • Mengatur pola makan dan pola hidup Anda denga car yang lebih sehat seperti mengurangi mengkonsumsi makanan cepat saji dan perbanyak mengkonsumsi air putih dan makanan bergizi seimbang
  • Mengurangi stress, karena stress dapat menggangu psikologis Anda sehingga dapat memicu terjadinya keputihan yang berlebih
Itulah tadi beberapa ulasan dari kami mengenai penyebab dan cara mengatasi keputihan pada ibu hamil yang dapat menjadi bahan referensi Anda dalam menanggulangi keputihan saat hamil. Semoga bermanfaat
Jangan Sepelekan Keputihan Pada Ibu Hamil! Rating: 4.5 Posted By: tentang ibu