Monday, 19 June 2017

Waspadai Kaki Bengkak Pada Ibu Hamil!

Advertisement
Kaki Bengkak Pada Ibu Hamil – Gejala munculnya kaki bengkak pada wanita yang sedang hamil merupakan hal yang sering ditemui terutama ketika kehamilan mencapai trimester ke 3. Kaki yang bengkak ini sangat mengganggu aktivitas Ibu sehari-hari karena menyebabkan kelelahan.

Penyebab kaki bengkak pada Ibu Hamil ini sendiri disebabkan oleh tertekannya pembulu balik di kaki karena beban berat perut yang semakin membesar dan menimbulkan penimbunan cairan di daerah kaki. Selain itu, semakin berat nya beban perut Ibu akan menggangu peredaran darah di pembuluh darah daerah kaki yang akan diedarkan ke jantung dan ke seluruh tubuh.

Walaupun masih dikatakan normal karena disebabkan hal yang fisiologis dalam tubuh Ibu, jangan anggap remeh bengkak atau edema pada kaki. Hal ini dikarenakan bengkak tersebut dapat menimbulkan pre-eklamsia, keaadaan medis yang timbul dikarenakan hipertensi atau darah tinggi yang ada kaitannya dengan jumlah protein dalam urine yang melonjak.
Kaki Bengkak Pada Ibu Hamil
Pre-eklamsia pada Ibu hamil ini dapat membahayakan nyawa Ibu dan bayinya kalau tidak ditangani secara medis. Gangguan ini pada umumnya dapat terjadinya kelahiran prematur serta dapat menyebabkan kematian bayi dalam kandungan atau yang di kenal dengan nama IUFD (Intra Uterin Fetal Death) yang merupakan kematian bayi dikarenakan kurangnya asupan oksigen dari Ibu hamil ke plasenta yang disebabkan tingginya tekanan darah Ibu.

Pre-eklasmia yang menyerang Ibu hamil  memang dapat menyebabkan hal cukup fatal, oleh karena itu tetap kontrol dan memeriksakan kehamilan ke tenaga medis agar selalu mengetahui perkembangan kesehatan Anda dan janin semasa kehamilan.

Selain itu, berikut ini kami referensikan untuk Anda tips menangani Kaki Bengkak Pada Ibu Hamil yang bisa dipraktekkan di rumah.

Tips Mengatasi Kaki Bengkak Pada Ibu Hamil

  • Mengurangi berdiri saat hamil
Berdiri lama saat hamil akan menimbulkan pembengkakan atau edema pada daerah kaki. Darah yang mengalir dari jantung ke seluruh tubuh yang diantaranya adalah kaki, namun pada Ibu hamil pembuluh darah yang terdapat di daerah kaki akan sulit membalikkan darah ke jantung karena semakin beratnya beban perut ibu yang semakin membesar
  • Melakukan olahraga ringan untuk merelaksasi kaki
Duduklah dengan santai dan coba gerakkan kedua kaki secara memutar untuk merelaksasi otot-otot kaki serta pembuluh darah di kaki. Cara ini cukup ampuh untuk mengatasi kaki ibu hamil yang bengkak.
  • Mengurangi penggunaan sepatu atau sandal yang berhak tinggi
Wanita yang sedang mengandung tidak dianjurkan untuk menggunakan sepatu atau sandal yang berhak tinggi, karena akan semakin beratnya beban tubuh Ibu yang harus di topang oleh kaki
  • Melakukan posisi miring kiri saat tidur
Ibu yang sedang hamil dianjurkan untuk tidur menghadap ke kiri atau miring kiri karena pembuluh balik dari kaki akan lebih leluasa untuk mengalirkannya ke jantung serta oksigen pun akan lebih mudah dialirkan ke seluruh tubuh
  • Mengatur pola makan
Mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang serta memperbanyak konsumsi air putih akan mengurangi kejadian bengkak pada kaki Ibu hamil

Itulah tadi beberapa ulasan dari kami mengenai penyebab dan cara mengatasi kaki bengkak pada ibu hamil semoga dapat bermanfaat untuk Anda di rumah. Selamat mencoba dan selalu kontrol kehamilan untuk kesehatan Ibu dan bayi.
Waspadai Kaki Bengkak Pada Ibu Hamil! Rating: 4.5 Posted By: tentang ibu