Thursday, 13 July 2017

Jahe Untuk Ibu Hamil? Amankah Dikonsumsi?

Advertisement
Bolehkah Ibu Hamil Mengonsumsi Jahe – Jahe merupakan salah satu tanaman toga yang kaya akan manfaat dan khasiat ya? Tanaman yang memiliki nama latin Zingiber Officinale ini memiliki kandungan zat keton yang dikenal dengan nama Zingeron yang menyebabkan rasa pedas menusuk. Rasanya yang unik inilah yang juga membuat banyak orang memanfaatkannya sebagai rempah penambah cita rasa masakan.

Tidak hanya sebagai bahan pelengkap bumbu rempah, jahe juga merupakan salah satu obat tradisional yang cukup manjur untuk kesehatan. Senyawa Phenol dalam jahe ini juga bermanfaat sebagai antioksidan dan juga efektif untuk pencegahan penyakit kanker dan jantung. Selain itu, senyawa lain yaitu senyawa minyak atsiri yang dijumpai pada jahe juga bermanfaat sebagai pembasmi bakteri dan anti-inflamasi dalam tubuh.

Manfaat jahe ternyata tidak hanya sebagai bumbu maupun antioksidan, sebab nyatanya rempah ini juga berkhasiat bagi ibu hamil lho. Apa saja sih manfaat jahe untuk ibu hamil? Yuk, simak ulasannya.

Kumpulan Khasiat Jahe untuk Ibu Hamil yang Perlu Diketahui

manfaat jahe untuk ibu hamil
  • Menstabilkan Tekanan Darah
Anda yang menanyakan tentang bolehkah ibu hamil mengonsumsi jahe tak perlu khawatir mendapatkan jawaban tidak sebab jahe memiliki banyak manfaat, terutama untuk menstabilkan tekanan darah tidak seimbang yang disebabkan oleh perubahan hormon. Kandungan dari jahe dapat merangsang melebarnya pembuluh darah dalam tubuh, sehingga kerja jantung lebih optimal dalam menjalankan tugasnya untuk memompa darah ke seluruh tubuh.
  • Memperlancar Sistem Pencernaan
Kandungan dalam jahe yang diantaranya adalah enzim lipase dan protase dapat membantu mencerna protein dan lemak dalam tubuh sehingga Ibu hamil dapat terhindar dari sembelit. Biasanya, Ibu yang sedang hamil mengalami gangguan kehamilan yang salah satunya adalah BAB, dengan mengkonsumsi jahe Ibu dapat menanggulangi masalah sembelit yang melanda Ibu hamil.
  • Menghilangkan Mual
Mual merupakan gangguan kehamilan yang kerap kali melanda wanita yang sedang hamil, terutama di usia kehamilan muda. Mual muntah yang terjadi pada Ibu hamil muda ini biasanya dikenal dengan nama Morning Sickness. Mengkonsumsi jahe dapat membantu Anda mengurangi keluhan mual dan muntah ini. Kandungan minyak atsiri yang memiliki aroma yang khas ini dapat membantu meredakan mual dan muntah pada Ibu hamil.
  • Melindungi Tubuh dari Radikal Bebas
Wanita yang sedang mengalami kehamilan lebih rentan terhadap serangan penyakit. Rentan nya tubuh dapat memicu mudahnya kuman dan bakteri untuk masuk ke dalam tubuh. Mengkonsumsi jahe dapat membantu Anda untuk menangkal radikal bebas yang dapat masuk ke dalam tubuh Ibu hamil. Hal ini disebabkan karena jahe memiliki kandungan tinggi vitamin C yang baik untuk tubuh.

Mengkonsumsi jahe memang lebih dianjurkan karena tidak memiliki efek samping yang berbahaya, namun tetap selalu sesuai takaran dalam mengkonsumsinya. Mengkonsumsi jahe dalam takaran yang berlebih juga dapat berbahaya terhadapat kesehatan Ibu dan juga bayi. Batas takaran yang boleh dikonsumsi oleh Ibu hamil adalah 2 gram jahe untuk setiap kilogram massa tubuh agar terhidar dari overdosis. Bahaya Mengkonsumsi Jahe Untuk Ibu Hamil secara berlebihan akan menyebabkan kontraksi rahim pada Ibu hamil.
Itulah tadi beberapa uraian dari kami mengenai Jahe Untuk Ibu Hamil, semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Tetap berkonsultasi kepada tim medis untuk selalu memperhatikan kesehatan Anda dan juga bayi.
Jahe Untuk Ibu Hamil? Amankah Dikonsumsi? Rating: 4.5 Posted By: tentang ibu