Monday, 27 February 2017

Buah Salak untuk Ibu Hamil Sebabkan Kulit Bersisik, Benarkah?

Buah Salak Untuk Ibu Hamil – Buah yang memiliki nama latin Salacca Zalacca ini tidak mengenal musim dalam menghasilkan buah, di Indonesia tanaman salak tubuh dengan lebat dan subur. Yups, Buah salak yang memiliki kulit bersisik ternyata memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan, salah satunya untuk mengurangi rasa mual di perut.Salak juga memiliki kandungan betakaroten yang sangat bermanfaat untuk kesehatan mata. Namun, bagaimana kalau seorang wanita yang sedang hamil mengkonsumsi buah salak? Bolehkah Ibu hamil makan salak?

Menurut rumor yang beredar, Ibu yang sedang mengandung tidak diperkenankan untuk mengkonsumsi salak karena kulit bersisik pada salak akan menurun pada anak yang dikandung nya. Namun faktanya, buah salak memiliki sejuta manfaat yang sangat diperlukan oleh tubuh. Seperti apa sih kebaikan buah satu ini? Yuk, simak beragam khasiat salak untuk Ibu hamil berikut ini:

Kumpulan Manfaat Buah Salak Untuk Ibu Hamil 

manfaat buah salak untuk ibu hamil
  • Mencegah Diare
Wanita yang sedang mengalami kehamilan pasti mengalami perubahan hormonal yang dapat menimbulkan gangguan kehamilan. Salah satu gangguan kehamilan dari pengaruh hormonal adalah diare yang melanda, nah mengkonsumsi salak dapat menjadi alternatif untuk menangkal diare ini karena kandungan buah salak dapat menurunkan kapasitas air dalam feses.
  • Membuat Asam Lambung Tidak Mudah Kambuh
Apakah calon ibu memiliki penyakit asam lambung? Jika iya, mulai sekarang perbanyak makan buah salah satunya salak. Manfaat salak untuk ibu hamil sendiri yakni membantu mengatasi beberapa penyakit salah satunya asam lambung. Pada trimester pertama biasanya ibu hamil mengalami gangguan yang cukup tidak mengenakkan seperti asam lambung. Agar pencernaan lebih normal, cobalah mengkonsumsi buah salak.
  • Melancarkan Buang Air besar
Konstipasi atau susah buang air besar kerap melanda Ibu yang sedang hamil. Pengaruh hormonal juga dapat mengurangi kinerja otot-otot usus di gerakan peristaltiknya. Sehingga, Ibu hamil sering mengeluh mengalami susah buang air besar. Kulit ari pada salak memiliki manfaat yaitu dapat melancarkan buang air besar karena mengandung serat yang cukup tinggi.
  • Memelihara Kesehatan Mata
Kandungan buah salak yang salah satunya adalah betakarotene sangat bermanfaat untuk mata. Bagi Ibu yang sedang hamil mengkonsumsi asupan yang mengandung betakaroten akan membantu memelihara kesehatan mata calon bayi.
  • Sumber Antioksidan Alami
Senyawa beta karoten yang terkandung pada buah salah selain baik untuk mata, dapat menangkal radikal bebas yang cukup berbahaya. Apabila tubuh dalam kondisi tidak baik, maka calon ibu akan mudah terkena penyakit. Khasiat buah salak lainnya bagi ibu hamil yakni meminimalisir terjangkit penyakit kanker atau jantung.
  • Mengobati Anemia Saat Kehamilan
Anemia sendiri merupakan gangguan yang dialami pada ibu hamil saat kekurangan sel darah merah. Nah, pada buah salak sendiri terdapat zat besi dan tiamin yang dapat membatu pembentukan sel darah merah di dalam tubuh. Saat masa kehamilan, calon ibu membutuhkan sel darah merah yang lebih tinggi agar memompa oksigen yang dibutuhkan janin.
  • Membantu Tubuh Agar Tidak Terkena Obesitas
Setiap buah terkandung banyak serat di dalamnya tak terkecuali salak. Lalu manfaat salak untuk ibu hamil sendiri yakni sangat efektif menjaga badan agar tidak obesitas dan tetap di berat yang ideal saat masa kehamilan. Selain itu salak sendiri dapat dijadikan sebagai salah satu makanan dieat yang baik pada wanita hamil. 
  • Kesehatan Jantung Lebih Terjaga
Apabila ibu hamil memakan salak dalam porsi yang cukup akan berdampak baik bagi jantung juga. Karena senyawa kalium yang terkandung pada salak dapat memelihara kesehatan jantung. Selain itu, khasiat buah salak juga dapat menangani permasalahan ibu hamil agar menyerap air lebih mudah.
  • Memori Janin yang Dikandung Lebih Meningkat
Kandungan pektin yang cukup tinggi ada pada buah salak. Lalu apa sih kegunaan dari zat ini? Pektin merupakan zat yang dibutuhkan oleh ibu hamil karena dapat membantu pembentukan memori, kecerdasan dan tumbuh kembang janin yang di kandung. Buah yang terkenal akan kulitnya bersisik ini sangat efektif meningkatkan kecerdasan janin yang dikandung. Untuk itu, konsumsilah buah setiap hari karena buah merupakan salah asupan gizi yang sangat dibutuhkan saat masa kehamilan.

Walaupun salak memiliki beragam manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tetap selalu mengkonsumsi salak sesuai dengan porsinya. Mengkonsumsi salak melebihi takaran akan mempengaruhi kondisi tubuh Anda dan juga bayi. Apa sih bahaya Ibu Hamil makan salak? Dalam pengonsumsian berlebihan, buah ini dapat menyebabkan konstipasi terutama jika Anda memakannya dengan mengupas kulit arinya. Oleh karena itu, Selalu imbangi mengkonsumsi buah salak dengan minum air putih minimal 8 gelas per hari.
Itulah tadi beberapa ulasan dari kami mengenai manfaat buah salak untuk Ibu Hamil. Selalu di ingat, mengkonsumsi makanan yang berlebihan tidak akan memberikan manfaat bagi tubuh, namun malah merugikan kesehatan kita sendiri. Semoga bermanfaat

Simak Juga:
Kumpulan Doa Wajib Baca Saat Masa Kehamilan
6 Obat Sakit Gigi Yang Aman dan Ampuh Untuk Ibu Hamil
6 Cara Pintar Mengatasi Perut Kencang Saat Hamil
Bolehkah Ibu Hamil Makan Kerang? Nih Informasinya!
9 Cara Aman Mengobati Batuk dan Pilek Untuk Ibu Hamil
Buah Salak untuk Ibu Hamil Sebabkan Kulit Bersisik, Benarkah? Rating: 4.5 Posted By: tentang ibu