Wednesday, 2 August 2017

Buah Nangka untuk Ibu Hamil, Sehat Kok!

Advertisement
Buah Nangka Untuk Ibu Hamil – Memiliki keturunan yang lahir dengan sehat adalah impian setiap wanita yang sedang mengandung. Ibu hamil harus cermat dalam mengkonsumsi asupan makanan agar tidak membahayakan janin yang ada di dalam perut Ibu. Kandungan nutrisi yang seimbang sangat diperlukan oleh tubuh untuk tumbuh kembang Sang bayi.

Mengkonsumsi buah-buahan merupakan salah satu solusi untuk mendapatkan asupan nutrisi yang seimbang yang diperlukan oleh tubuh. Buah nangka yang bahasa latin nya bernama  Artocarpus Heterophyllus memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk Ibu hamil. Banyak rumor yang mengatakan kalau sangat berbahaya kalau Ibu hamil mengkonsumsi buah nangka karena dapat menyebabkan keguguran.

Timbul pertanyaan pada penikmat buah nangka, bolehkah ibu hamil makan buah nangka? Faktanya, buah nangka sangat bagi untuk tubuh terutama Ibu yang sedang mengandung karena dapat membantu memberikan kebutuhan asupan nutrisi untuk bayi nya.  Berikut khasiat makan buah nangka pada ibu hamil  yang dapat kami referensikan untuk Anda.
Buah Nangka Untuk Ibu Hamil

Kumpulan Manfaat Buah Nangka Untuk Ibu Hamil

  • Tambahan Energi
Ibu yang sedang mengandung kerap mengalami kelelahan ketika beraktifitas. Oleh karena itu, mengkonsumsi buah nangka dapat membantu memberikan cadangan energi tambahan untuk kebutuhan aktifitas Anda sehari-hari mengingat buah ini mengandung sekitar 95 kalori dari setiap 100 gram.
  • Mengatasi sembelit
Wanita yang sedang mengandung kerap mengalami gangguan kehamilan karena pengaruh hormonal, salah satunya adalah sembelit. Nah, Anda yang mengalami masalah ini dapat mengatasinya dengan mengonsumsi nangka yang mengandung serat cukup tinggi.
  • Membantu Menurunkan Tekanan Darah
Manfaat buah nangka untuk ibu hamil lainnya adalah membantu tekanan darah menjadi lebih normal, karena kandungan kalium yang terkandung pada buah ini. Buah ini sangat baik bagi calon ibu yang terkena hipertensi. Selain itu, apabila ibu hamil memakan buah nangka maka akan mencegah terkena serangan hipertensi dan meminimalisir serangan jantung.
  • Anti Kanker
Buah berwarna kuning ini ternyata memiliki kandungan anti-kanker lho. Anda yang rajin mengonsumsi buah nangka dapat terhindar dari radikal bebas yang dapat menghambat degenerasi sel dalam tubuh. Buah ini juga memiliki kandungan Vitamin C yang sangat baik untuk tubuh. Vitamin c dapat berfungsi sebagai antioksidan di dalam tubuh yang juga dapat mengkal radikal bebas di lingkungan sekitar Ibu hamil.
  • Memperkuat selaput ketuban
Nangka memiliki kandungan yang kaya akan mineral. Ibu yang sedang hamil sangat membutuhkan mineral, karena dengan mineral dapat membantu memperkuat selaput ketuban yang melindungi janin di dalam rahim Ibu.
  • Sirkulasi Darah Menjadi Lancar
Zat besi yang terkandung pada buah nangka cukup besar dan sangat berkhasiat mengatasi anemia atau kekurangan darah. Selain itu sirkulasi darah di dalam tubuh menjadi lancar. Saat masa kehamilan, anda bisa mengkonsumsi buah ini agar tubuh menjadi lebih bugar dan sehat.
Walaupun memiliki sekian banyak manfaat, buah nangka juga dapat memberikan efek samping untuk Ibu hamil apabila dikonsumsi secara berlebihan dan tidak sesuai porsinya. Lalu apa sih dampak negatif apabila ibu hamil memakan buah nangka terlalu berlebihan?

Bahaya Ibu Hamil Makan Buah Nangka

  • Kembung pada Perut
Memang benar buah ini sangat berkhasiat bagi ibu hamil serta janin yang di kandungnya, namun apabila dikonsumsi secara berlebih akan menyebabkan perut menjadi kembung serta sering gas.
  • Menyebabkan Lahir Prematur
Dampak negatif lainnya pada buah nangka adalah dapat meningkatkan suhu kandung serta membuat kontraksi lebih awal. Apabila ini dibiarkan saja, maka janin yang di kandung akan lahir secara prematur atau parahnya lagi dapat menyebabkan keguguran.
  • Alergi Pada Tubuh Ibu Hamil
Tak semua orang dapat menerima berbagai makanan yang dimakannya termasuk buah nangka. Ada beberapa orang atau ibu hamil saat mengkonsumsi buah ini dapat menyebabkan alergi. Apabila ada riwayat alergi oleh beberapa makanan atau buah harus diwaspadai sebelum memakannya.

Setelah mengetahui apa saja manfaat dan bahaya buah nangka pada ibu hamil, sebaiknya batasi untuk tidak mengkonsumsi terlalu banyak atau berlebihan dalam tiap harinya. Tips mengkonsumsi buah nangka lainnya yakni dengan mencucinya secara bersih untuk menghilangkan obat-obatan yang diberikan pada petani seperti anti serangga dan lainnya serta getahnya juga dapat hilang. Jadi saat dimakan tidak lengket dimulut atau tangan.

Mengkonsumsi buah nangka dalam jumlah banyak dapat menimbulkan efek panas pada perut sehingga memperparah kejadian mual muntah yang dialami Ibu yang sedang hamil muda. Buah ini juga tidak ditoleransi untuk Anda yang memiliki riwayat penyakit diabetes, karena memiliki kadar gula yang cukup tinggi. Ikuti selalu perkembangan kesehatan Anda dan bayi dengan cara mengontrolkan kepada tim medis secara rutin. Tetap sehat dan tetap semangat bersama tentangibu.com
Buah Nangka untuk Ibu Hamil, Sehat Kok! Rating: 4.5 Posted By: tentang ibu