Monday, 15 August 2016

Pepaya Untuk Ibu Hamil, Sehat dan Lezat

Pepaya Untuk Ibu Hamil – Buah pepaya merupakan salah satu buah yang memiliki khasiat yang sangat baik untuk sistem pencernaan dalam tubuh. Buah pepaya yang berwarna kuning matang memang sangat lezat jika dijadikan sebagai santapan pencuci mulut, namun banyak juga yang mengolah buah pepaya muda sebagai varian sajian sayur yang nikmat.

Memakan pepaya pada dasarnya memang sangat dianjurkan untuk memenuhi nutrisi harian, namun bagaimana jika yang menyantap adalah ibu hamil? Bolehkah Ibu Hamil Makan Pepaya? Pada dasaranya, kandungan pepaya yang kaya akan nutrisi sangat baik dikonsumsi oleh Ibu hamil untuk membantu kinerja sistem pencernaan.

Dalam perkembangannya, satu buah pepaya berukuran sedang mengandung 119 kalori dan 29,8 gram karbohidrat serta mengandung 5,5 gram serat makanan ini memiliki banyak manfaat lho. Berikut ini akan kami ulas khasiat buah pepaya untuk ibu hamil:
Bolehkah Ibu Hamil Makan Pepaya?

Manfaat Buah Pepaya untuk Ibu Hamil

  • Melancarkan Sistem Pencernaan Tubuh
Buah pepaya yang berwarna kuning matang mengandung cukup serat untuk membantu proses sistem pencernaan dalam tubuh. Kandungan buah pepaya dapat membantu usus untuk mencerna lemak dan protein agar lebih mudah di serap oleh tubuh. Hal ini menjadi solusi tepat untuk menanggulangi ibu yang kerap mengalami konstipasi ketika hamil.
  • Mencegah Terjadinya Dehidrasi
Dehidrasi merupakan keadaan dimana tubuh mengeluarkan cairan secara tubuh dari tubuh, namun tubuh kurang untuk mendapatkan air dalam tubuh. Kejadian dehidrasi ini akan menyebabkan pusing dan lemas pada Ibu hamil. Mengkonsumsi buah pepaya merupakan salah satu alternatif untuk menangkal dehidrasi ini karena kandungan air dalam pepaya sangat baik untuk mengganti cairan elektrolit yang hilang saat beraktifitas.
  • Menstabilkan Tekanan Darah
Bagi wanita hamil  yang mengalami hipertensi atau yang di kenal dengan tekanan darah tinggi harus waspada karena dapat menyebabkan pre-eklamsia. Segera konsultasikan ke dokter apabila Anda mengalami tekanan darah tinggi ini. Buah pepaya dapat mengontrol proses natrium ketika mengkonsumsinya.
  • Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh
Kondisi tubuh ketika hamil dapat dikatakan rentan terhadap serangan penyakit. Wanita yang sedang hamil lebih mudah dimasuki oleh kuman, virus, dan bakteri. Sistem imunitas yang kurang baik akan menyebabkan Ibu hamil lebih mudah terserang penyakit. Mengkonsumsi buah pepaya ini dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh karena kandungan Vitamin C nya yang tinggi.
  • Menangkal Radikal Bebas
Kandungan antioksidan dalam buah pepaya dapat bermanfaat bagi Ibu hamil yaitu untuk menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Mengkonsumsi buah pepaya akan menjaga Anda dan janin dari radikal bebas.

Buah pepaya memang buah yang kaya akan manfaat. Tapi tidak dipungkiri kalau mengkonsumsi buah pepaya juga dapat membahayakan kondisi Ibu dan juga janin. Bahaya makan pepaya untuk ibu hamil adalah mengkonsumsinya dalam keadaan masih mentah atau masi belum benar-benar matang dan mengandung banyak getah karena getah dari buah pepaya apabila dikonsumsi oleh Ibu hamil akan menyebabkan kontraksi rahim, kelahiran bayi premature, dan bahkan akan mengalami keguguran.
Jadi, konsumsilah buah pepaya dalam keadaan matang dan sesuai dengan porsinya. Semoga artikel tentang ibu hamil makan pepaya ini dapat bermanfaat bagi calon ibu.
Pepaya Untuk Ibu Hamil, Sehat dan Lezat Rating: 4.5 Posted By: tentang ibu