Thursday, 4 August 2016

Minum Obat Maag Saat Hamil Apakah Aman? Nih, Informasinya!

Obat Maag Untuk Ibu Hamil – Penyakit maag merupakan penyakit yang sering kali menyerang berbagai kalangan usia di kalangan masyarakat. Tidak hanya pada usia dewasa, terkadang usia anak-anak dan remaja juga terserang penyakit perut yang satu ini. Penyakit maag juga ternyata dapat menyerang pada wanita yang sedang hamil karena terjadinya pengaruh hormonal yang dapat mempengaruhi kondisi tubuh wanita.

Hormon yang mempengaruhi terjadinya gangguan ini umumnya adalah hormon progesteron. Hormon ini berfungsi untuk membangun lapisan dinding rahim sehingga dapat memberikan efek mual muntah pada Ibu hamil menyebabkan melonjaknya kadar asam pada lambung sehingga penyakit maag sering muncul pada Ibu hamil. Jika gangguan ini muncul, lalu timbul pertanyaan dalam benak kita yaitu bolehkah ibu hamil minum obat maag? Berikut uraian dari kami yang dapat membantu Anda.

Obat Maag Untuk Ibu Hamil

Mengkonsumsi obat sembarangan saat mengandung memang sangat tidak disarankan karena dapat memberikan dampak negatif bagi bayi yang di kandung Ibu. Ibu hamil yang ingin tetap mengkonsumsi obat maag tentunya harus mengkonsultasikan kepada tenaga medis untuk mengetahui apakah ada efek samping dari obat.

Jika ingin meminimalkan resiko kehamilan, penggunaan obat maag memang sebaiknya dihindari. Sebagai gantinya, Anda bisa menanggulanginya dengan melakukan beberapa tips mengatasi sakit maag pada Ibu hamil ini:
  • Hindari Stress Saat Hamil
Wanita yang sedang mengandung dituntut untuk pandai dalam memenejemen hati dan pikirannya. Apabila Ibu hamil tidak dapat mengatur emosi dengan baik, maka akan timbul stress yang dapat mempengaruhi kondisi tubuh Ibu hamil. Stress disini dapat memicu naiknya asam yang diproduksi oleh lambungsehingga muncul lah keluhan mual muntah pada Ibu hamil.
  • Perbanyak minum air hangat
Keluhan mual muntah di pagi hari atau yang sering dikenal dengan nama Morning Sickness dapat memicu tingginya asam lambung yang menyebabkan maag. Hal ini dapat ditanggulangi dengan jalan sering mengkonsumsi air hangat pada pagi hari. Keadaan perut yang kosong ini dapat memicu kejadian mual muntah ini.
  • Kunyah Makanan dengan Sempurna
Mengunyah makanan dengan perlahan memiliki berbagai manfaat yang dapat dirasakan oleh Ibu hamil, salah satu manfaatnya adalah dapat mengurangi terbentuknya plak pada mulut sekaligus menanggulangi tingginya asam lambung. Tidak hanya itu, mengunyah makanan dengan perlahan dapat merangsang air liur yang dapat membantu penyerapan nutrisi dan vitamin dalam makanan yang berguna bagi tubuh.
  • Hindari Berbaring Setelah Mengkonsumsi Makanan
Setelah mengkonsumsi makanan Ibu hamil tidak dianjurkan untuk langsung berbaring karena asam yang diproduksi oleh lambung kemungkinan dapat berbalik ke arah kerongkongan apabila Ibu hamil berbaring setelah mengkonsumsi makanan. Tunggulah 30-45 menit setelah makan sebelum Anda berbaring.
  • Konsultasi Ke Dokter
Selama masa kehamilan, Ibu hamil tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi sembarang obat. Apabila keluhan penyakit maag Anda sudah tidak tertahankan sebaiknya periksakan ke tenaga kesehatan. Mengkonsumsi obat secara sembarangan dapat membahayakan kondisi janin.

Itulah tadi beberapa uraian dari kami mengenai obat maag untuk Ibu hamil yang dapat menambah wawasan Anda. Semoga bermanfaat dan tetap sehat bersama tentangibu.com
Minum Obat Maag Saat Hamil Apakah Aman? Nih, Informasinya! Rating: 4.5 Posted By: tentang ibu