Monday, 27 February 2017

Moms, Ini Daftar Cemilan Sehat Ibu Hamil

Cemilan sehat ibu hamilMengonsumsi makanan sehat adalah sesuatu yang sangat vital dilakukan selama kehamilan. Namun bila Bunda mengalami morning sickness, mengonsumsi makanan berat mungkin bukanlah hal yang mudah dilakukan. Untuk hal ini, mengudap cemilan adalah jalan keluar paling realistis yang bisa dilakukan.

Tentu saja tidak semua cemilan dapat dikonsumsi oleh ibu hamil. Anda harus bisa memilih cemilan yang baik agar nutrisi bayi dan tubuh tetap terpenuhi. Hal tersebut juga menjadi sangat vital apabila Anda masih memasuki trimester pertama kehamilan yang cukup rawan.

Lalu seperti apa sih cemilan sehat ibu hamil trimester pertama? Mari simak daftar makanan ringan sehat yang bisa Anda jadikan alternatif kudapan selama kehamilan:

Daftar Cemilan Sehat Untuk Memenuhi Nutrisi Pada Ibu Hamil

Cemilan sehat ibu hamil
  • Bayam dan asparagus kukus
Bayam dan asparagus kaya akan asam folat yang berguna bagi perkembangan janin. Anda bisa memasukkan dua makanan ini dalam menu kudapan harian yang sehat dan cukup mengenyangkan.
  • Campuran Salad Buah dan Sayur
Salad buah-buahan yang bercampur dengan sayur dapat menjadi salah satu cemilan sehat untuk ibu hamil yang kami rekomendasikan. Karena di dalam buah ataupun sayur mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan saat masa kehamilan. Akan tetapi, sebelum membuat salad buah dan sayuran, pastikan agar bahan terhindar dari kandungan pestisida yang cukup berbahaya apabila ikut termakan. 
  • Wortel
Menjadikan wortel sebagai camilan dapat dilakukan selama Anda mengandung karena sayuran ini memiliki cukup banyak kandungan vitamin A yang dibutuhkan sang janin. Vitamin A ini sendiri bermanfaat untuk perkembangan organ bayi, sistem pernafasan, serta sistem saraf. Vitamin A juga penting agar Anda terhindar dari infeksi yang mungkin terjadi selama kehamilan.
  • Telur Rebus
Memang jarang kita jumpai telur dijadikan cemilan, namun ibu hamil dapat menjadi telur sebagai cemilan sehat untuk memenuhi nutrisi sehari-hari. Pada telur sendiri mengandung vitamin D yang cukup kompleks dan memiliki manfaat untuk membantu sistem kekebalan lebih meningkat dan penyerapan kalsium lebih lancar. Selain itu, posfor dan vitamin lainnya pada telur dapat membantu menjaga kesehatan tubuh calon ibu dan janin yang dikandungnya.
  • Kacang Mete
Salah satu alternatif cemilan sehat bagi ibu hamil adalah kacang mete. Salah satu bahan yang biasa sering kita jumpai di campuran coklat atau jajanan ini, ternyata cukup baik bagi wanita yang sedang mengandung. Hal ini diperkuat karena kacang mete mengandung protein yang cukup tinggi dan salah satu khasiat protein adalah membangun sel-sel pada janin yang dikandung. Protein juga dapat membantu proses pembetukan sel darah dan otot.
  • Keripik Tortilla dengan Saus Guacamole
Anda bisa menyiasati rasa lapar dengan memilih keripik tortilla krispi yang mengandung serta tinggi. Padukan dengan saus guacamole yang tinggi akan vitamin B yang berguna untuk meminimalkan cacat pada bayi. Jika memungkinkan gunakanlah tortilla panggang karena memiliki lemak lebih sedikit dibandingkan tortilla goreng.
  • Yogurt dengan kacang dan buah-buahan
Kalsium menjadi salah satu nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan karena dapat membantu pembentukan tulang dan gigi sempurna sang bayi. Untuk itu, Anda dapat memasukkan yogurt dalam menu camilan harian sehat. Pilihlah plain yougurt karena memiliki kandungan gula lebih sedikit dibandingkan yang memiliki rasa. Tambahkan buah dan kacang untuk memberikan rasa lebih enak.
  • Cokelat dan buah
Apakah Anda penggemar cokelat? Jika iya, maka Anda patut memasukkannya dalam menu diet karena makanan ini mampu mengurangi resiko preeclampsia, sebuah kondisi yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan kerusakan organ pada wanita hamil. Padukan cokelat dengan buah-buahan agar Anda tidak merasa eneg.
  • Kripik Ubi
Salah satu cemilan sehat untuk ibu hamil yakni kripik ubi. Pada saat masa kehamilan, rasa ingin ngemil sesuatu seperti makanan akan semakin besar. Untuk itu, lebih baik memilih cemilan yang tidak mengandung zat berbahaya di dalamnya dan kami sarankan memakan kripik ubi. Vitamin A pada ubi sangat baik untuk membantu pembentukan sel pada tubuh janin dan menjaga kekebalan tubuh janin yang dikandung.
  • Sereal dari Gandum
Apabila anda ingin mengendalikan nafsu makan anda, cobalah mengkonsumsi sereal yang terbuat dari gandum. Cemilan sehat yang baik untuk ibu hamil ini dapat menjadi makanan pagi atau sedang beristirahat. Gandum cukup membuat ibu hamil kenyang dan glikemik pada makanan ini cukup rendah dan aman dikonsumsi oleh wanita yang sedang hamil.

Itulah beberapa pilihan cemilan sehat ibu hamil yang bisa dijadikan teman pengganjal perut yang menyehatkan. Tentu saja masih ada banyak makanan sehat ibu hamil lainnya selain yang telah disebutkan. Apapun pilihan asupan, ingatlah untuk memilih yang paling sehat dan penuh nutrisi.

Simak Juga:
Kumpulan Doa Wajib Baca Saat Masa Kehamilan
6 Obat Sakit Gigi Yang Aman dan Ampuh Untuk Ibu Hamil
6 Cara Pintar Mengatasi Perut Kencang Saat Hamil
Bolehkah Ibu Hamil Makan Kerang? Nih Informasinya!
9 Cara Aman Mengobati Batuk dan Pilek Untuk Ibu Hamil
Moms, Ini Daftar Cemilan Sehat Ibu Hamil Rating: 4.5 Posted By: tentang ibu