Thursday, 13 April 2017

Bolehkah Buah Nanas untuk Ibu Hamil?

Advertisement
Advertisement
Buah nanas untuk ibu hamil – Makan ketika hamil membutuhkan kehati-hatian untuk memasytikan bahwa Anda telah mendapatkan semua nutrisi yag dibutuhkan untuk perkembangan janin sekaligus vitamin dan mineral untuk kesehatan tubuh sang ibu. Banyak calon ibu kemudian mencanangkan diet sehat dengan memperbanyak konsumsi buah.

Meski buah secara umum memiliki dampak cukup baik bagi sang ibu, namun beberapa buah dipercaya berbahaya bagi kehamilan. Salah satu yang diyakini tak baik dikonsumsi adalah nanas yang menurut beberapa orang dapat menyebabkan keguguran.
manfaat buah nanas untuk ibu hamil
Lalu sebenarnya apakah hal ini benar secara klinis? Apa sih bahaya makan nanas untuk ibu hamil? Bolehkah ibu hamil makan buah nanas? Jika ini pertanyaan yang ada dalam benak, maka tim redaksi akan secara lugas menyatakan bahwa pengonsumsian nanas dalam jumlah normal tidak akan memperbesar resiko keguguran.

Sebenarnya, keyakinan bahwa nanas dapat menyebabkan keguguran adalah adanya sebuah komponen dalam buah tersebut yang bernama bromelain. Zat ini mampu memecah protein, dan karena janin yang baru berkembang terdiri dari protein makan mengonsumsi bromelain bisa menyebabkan pendarahan dan keguguran.

Namun perlu diingat bahwa hal itu mungkin terjadi ketika Anda mengonsumsi buah nanas secara berlebihan dan diluar batas wajar. Beberapa ahli kandungan menyatakan batas ketidakwajajaran yang dapat membahayakan adalah makan 10 buah nanas sekaligus dalam satu hari.

Mengonsumsi satu hingga dua buah nanas segar setiap minggu selama kehamilan  sebenarnya merupakan hal yang aman. Bahkan, terdapat beberapa manfaat buah nanas untuk ibu hamil yang bisa didapatkan jika melakukan pengonsumsian secara teratur.

Nanas mengandung vitamin C yang penting bagi produksi kolagen untuk membantu pertumbuhan kulit, tulang, cartlage, dan tendon si janin. Selain itu, nanas juga mengandung zat besi untuk produksi darah sekaligus asam folat yang dapat menghindarkan janin dari resiko cacat. Bukan hanya itu, sebagian orang juga meyakini bahwa nanas dapat mengurangi morning sickness serta dapat membuat Anda terlihat lebih segar.
Anda yang telah mengetahui keamanan buah nanas untuk ibu hamil kini tak perlu ragu lagi memasukkannya dalam menu diet harian ‘kan? Anda bisa langsung mengonsumsinya atau membuatnya menjadi campuran salad maupun smoothies. Anda juga bisa mengolah nanas menjadi puree atau olahan makanan lainnya yang lezat dan menggugah selera. Tetap sehat dan semangat untuk calon jabang bayi kuat ya, Bunda.
Bolehkah Buah Nanas untuk Ibu Hamil? Rating: 4.5 Posted By: tentang ibu