Monday, 27 February 2017

Buah Anggur untuk Ibu Hamil, Bermanfaat Lho!

Buah anggur untuk ibu hamil – Apakah Anda hamil dan tengah mempersiapkan daftar makanan yang bisa dikonsumsi dan wajib dihindari selama kehamilan? Yups, memperhatikan makanan memang menjadi satu hal yang tidak boleh dilewatkan selama mengandung sebab beberapa makanan mampu memberikan kontribusi signifikan bagi sang janin sementara yang lain mungkin membahayakan.

Banyak ibu pada akhirnya beralih pada pengonsumsian buah untuk memenuhi nutrisi harian, salah satunya adalah dengan mengonsumsi anggur. Meskipun berbentuk buah, beberapa ibu masih khawatir dan bertanya-tanya bolehkah ibu hamil makan buah anggur?

Jika ini termasuk pertanyaan yang mengganggu, maka tim redaksi tentangibu akan membantu Anda menemukan jawaban. Pada dasarnya mengonsumsi anggur sangat aman lho bagi ibu dan sang bayi, bahkan dapat membawa manfaat.

Lalu apa sih manfaat buah anggur untuk ibu hamil? Berikut ulasan selengkapnya:

manfaat buah anggur untuk ibu hamil
  • Mencegah konstipasi
Konstipasi merupakan salah satu masalah yang seringkali dialami oleh ibu hamil. Nah, Anda dapat memperlancar pencernaan dengan mengonsumsi anggur yang kaya serat sehingga dapat membuat pencernaan lancar tanpa adanya gangguan sembelit.
Membentuk tulang dan gigi bayi

Anggur memiliki kandungan folat dan kalsium yang sangat vital dalam perkembangan sang janin. Dua zat tersebut sangat dibutuhkan untuk mengoptimalkan pembentukangigi serta memperkuat tulang bayi. Kandungan asam folat didalamnya juga dapat membantu perkembangan otak janin sehingga dapat mengurangi resiko cacat otak saat lahir.
  • Mencegah anemia
Anemia seringkali terjadi ketika kehamilan memasuki trimester kedua karena sel darah merah dalam tubuh terbagi menjadi dua, untuk sang janin dan ibu. Anda bisa mengatasinya dengan mengonsumsi anggur merah karena jenis anggur ini memiliki kandungan zat besi lebih banyak yang bisa membantu pembentukan sel darah merah.
  • Otak Janin Dapat Berkembang Lebih baik
Manfaat anggur untuk ibu hamil lainnya yakni dapat membantu otak janin berkembang lebih baik. Karena pada anggur mengandung senyawa asam folat yang cukup banyak. Selain itu, buah ini dapat mengurangi resiko cacat pada otak, saraf otak janin lebih berkembang dengan baik dan tabung otak pada calon bayi bisa tumbuh dengan maksimal.
  • Pertumbuhan Sumsum Tulang Belakang Janin Lebih Maksimal
Pada masa kehamilan, ibu hamil harus memperhatikan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Salah satu makanan sehat yang membantu pertumbuhan janin khususnya pada sumsum belakangnya adalah anggur. Karena pada buah ini mengandung cukup banyak asam folat yang dibutuhkan janin. Apabila sumsum tulang belakang tidak berkembang dengan baik maka bisa mengakibatkan bayi tidak bisa duduk dan hanya berbaring di tempat tidur.
  • Sistem Pencernaan Akan Lebih Terjaga
Apabila pada masa kehamilan, bumil mengkonsumsi buah anggur yang cukup maka gangguan selama kehamilan seperti sistem pencernaan bermasalah akan bisa diminimalisir. Karena manfaat buah anggur untuk ibu hamil ini dapat memperlancar sistem pencernaan dan bisa dijadikan cemilan sehat untuk anda.

Meski anggur tergolong aman, namun tak dapat dipungkiri bahwa pengonsumsian dalam jumlah besar secara ekstrim juga cukup membahayakan bagi sang ibu. Bahaya makan anggur untuk ibu hamil secara berlebihan adalah potensi timbulnya diabetes yang disebabkan kandungan glukosa cukup tinggi yang dimiliki.

Selain itu, konsumsi anggur secara berlebihan juga dapat menyebabkan maag kambuh mengingat rasa asam dalam anggur dapat memicu naiknya asam lambung dalam tubuh. Selain itu, perut kembung dapat menjadi salah satu hal yang terjadi dengan pengonsumsian berlebih.


Itulah sekelumit informasi mengenai buah anggur untuk ibu hamil. Kunci dari sebuah kehamilan sehat sebenarnya adalah kebiasaan mengontrol asupan nutrisi seimbang dengan gaya hidup sehat. Tetap semangat dan sehat selama hamil ya, Bunda.

Simak Juga:
Kumpulan Doa Wajib Baca Saat Masa Kehamilan
6 Obat Sakit Gigi Yang Aman dan Ampuh Untuk Ibu Hamil
6 Cara Pintar Mengatasi Perut Kencang Saat Hamil
Bolehkah Ibu Hamil Makan Kerang? Nih Informasinya!
9 Cara Aman Mengobati Batuk dan Pilek Untuk Ibu Hamil
Buah Anggur untuk Ibu Hamil, Bermanfaat Lho! Rating: 4.5 Posted By: tentang ibu