Sunday, 9 April 2017

Semua Tentang Heartburn Saat Hamil!

Advertisement
Heartburn Saat Hamil – Salah satu keluhan kehamilan yang biasa terjadi pada Ibu hamil yaitu rasa panas yang terjadi di bagian dada hingga ulu hati yang dikenal dengan sebutan Heartburn. Perasaan panas di dada yang terjadi pada Ibu hamil ini sangat menimbulkan kecemasan pada Sang Ibu karena dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Nah agar Anda memiliki konsep yang benar tentang salah satu gangguan kehamilan ini, berikut kami sampaikan ulasan tentang heartburn selama kehamilan:

  • Penyebab heartburn saat hamil
Sensasi terbakar dan sesak di dada (heartburn) ini sebenarnya hampir mirip dengan serangan yang terjadi pada orang yang mengalami penyakit jantung. Heartburn tersebut terjadi karena adanya peningkatan cairan asam lambung. Cairan asam lambung tersebut naik ke kerongkongan sehingga memberikan efek panas di sekitar dada dan ulu hati.  Naiknya cairan asam lambung ke kerongkongan ini disebabkan karena semakin membesarnya rahim Ibu sehingga mendesak cairan lambung untuk naik ke atas.


Heartburn Saat Hamil
Salah satu kemungkinan lain yang mengakibatkan heartburn adalah akibat pengaruh hormon progesteron yang meningkat saat kehamilan terjadi. Pola makan dan gaya hidup juga dapat mempengaruhi keluhan Heartburn. Mengkonsumsi alkohol dan makanan pedas berlemak juga dapat memicu terjadinya gangguan ini. Selain itu, minum kopi dan makan cokelat dalam porsi berlebih juga dapat menimbulkan keluhan ini.

  • Efek yang ditimbulkan heartburn
Keluhan kehamilan yang satu ini dapat memberikan dampak negatif bagi tubuh Sang Ibu, yaitu berkurangnya nafsu makan. Selain itu, gangguan ini juga dapat menyebabkan aktivitas harian terganggu karena ibu merasa tidak nyaman.

  • Cara mengatasi dan menghilangkan heartburn saat hamil
Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan agar heartburn dapat berkurang, antara lain:
-          Mengatur pola makan
Normalanya pola makan yang teratur adalah 3 kali sehari, namun tidak untuk Ibu hamil yang mengalami heartburn yang mana Anda dianjurkan untuk makan dalam porsi sedikit tapi sering. Hal ini dikarenakan lambung Ibu hamil yang mengalami peningkatan cairan asam akan lebih terasa penuh. Apabila Ibu mengkonsumsi makanan dalam porsi yang banyak yang ditakutkan akan muncul keluhan mual yang terasa asam pada kerongkongan Ibu.

-          Hindari makanan pencetus Heartburn
Ibu hamil harus pandai dalam memenejemen makanan yang dikonsumsinya agar terhindar dari gangguan ini. Hindari makanan pedas, makanan berlemak, makanan asam dan minuman yang bersoda.

-          Konsumsi Buah dan Sayur
Mengkonsumi buah dan sayur memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Apalagi Ibu hamil yang membutuhkan nutrisi dan vitamin ekstra untuk Ibu dan bayi yang dikandungnya. Buah pepaya dan kelapa muda merupakan salah satu alternatif yang dapat meredakan keluhan Heartburn saat hamil.

-          Kunyah Permen Karet
Untuk Ibu hamil yang sedang mengalami Heartburn secara tiba tiba, kunyahlah permen karet untuk mengurangi rasa panas di dada. Mengunyah permen karet ini dianjurkan karena dapat meningkatkan produksi air liur (saliva) yang dapat meredekan keluhan Heartburn tersebut.

Itulah tadi beberapa tips untuk Anda dan penyebab terjadinya Heartburn saat hamil. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda dan tetap sehat bersama tentangibu.com. Terimakasih 
Semua Tentang Heartburn Saat Hamil! Rating: 4.5 Posted By: tentang ibu