Thursday, 13 April 2017

Ini Buah yang Baik untuk Ibu Hamil dan Manfaatnya

Buah yang baik untuk ibu hamil dan manfaatnya – Ketika hamil, Anda akan berpikir dua kali sebelum mengonsumsi makanan. Hal ini bertujuan untuk melindungi sang ibu dan janin yang tengah berkembang dalam rahim.

Program diet selama kehamilan tentu harus terdiri dari makanan sehat yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Makanan seperti bayam, brokoli, yogurt, kacang-kacangan, dan oatmeal pasti harus ada dalam menu Anda.

Lalu bagaimana dengan buah? Beberapa perempuan takut bahwa mengonsumsi buah seperti pepaya atau nanas dapat membahayakan kandungan, namun hal ini tentu tidak boleh menjadi alasan untuk meninggalkan konsumsi buah  harian.

Buah yang baik untuk ibu hamil

Jadi, seperti apa sih buah yang bisa dimasukkan dalam menu diet Anda? Berikut adalah daftar buah yang baik untuk ibu hamil dan manfaatnya yang telah disiapkan oleh tim redaksi:
  • Alpukat
Salah satu buah yang wajib dimasukkan dalam daftar buah untuk dikonsumsi selama kehamilan adalah alpukat. Buah ini memiliki banyak kandungan asam folat yang berguna bagi perkembangan organ janin dalam kandungan yang jika kekurangan dapat menyebabkan gangguan saraf dan perkembangan tulang tak sempurna.

Bukan hanya itu, alpukat juga terbukti mampu mengurangi gejala anemia, insomnia, dan mood swing selama kehamilan. Jangan lupa, alpukat juga mengandung vitamin B6 yang berguna menghalau gangguan morning sickness.
  • Mangga
Manga adalah buah lain yang dapat dimasukkan dalam menu diet harian selama kehamilan. Buah ini mengandung zat besi, vitamin C, vitamin A, vitamin B6, potassium, dan asam folat yang menjadi nutrisi vital selama kehamilan. Mangga juga sangat kaya serat sehingga dapat mengatasi konstipasi yang mungkin terjadi selama kehamilan.

Manga juga mengandung gula alami sehingga dapat dijadikan sebagai alternative makanan ringan selain kue dan pastry. Meski demikian, Anda yang memiliki riwayat diabetes sebaiknya tetap membatasi konsumsi manga selama kehamilan.
  • Pisang
Konstipasi adalah masalah umum yang biasa terjadi selama kehamilan berlangsung. Anda yang mengalaminya dapat mengatasi dengan mengonsumsi pisang yang mengandung banyak serat untuk memperlancar pencernaan.
  • Pepaya
Pepaya adalah buah yang mengandung vitamin C, serat, dan potassium yang cukup tinggi. Buah ini juga merupakan buah yang dapat meredakan heartburn yang mungkin terjadi selama kehamilan.



Itulah beberapa buah yang baik untuk ibu hamil dan manfaatnya. Anda tidak perlu ragu lagi ‘kan? Yuk, segera konsumsi buah-buahan untuk kehamilan yang lebih baik dan sehat.
Ini Buah yang Baik untuk Ibu Hamil dan Manfaatnya Rating: 4.5 Posted By: tentang ibu