Thursday, 13 April 2017

Lidah Terasa Pahit Saat Hamil, Kenapa?

Lidah Terasa Pahit Saat Hamil – Terdapat cukup banyak perubahan yang akan terjadi ketika Anda memasuki masa kehamilan, mulai hormon hingga fisik. Perubahan ini tak dapat dipungkiri dapat memunculkan banyak keluhan terutama pada trimester awal kehamilan, salah satunya muncul pada lidah dimana organ tubuh satu ini terasa lebih pahit.

Lalu sebenarnya, mengapa lidah terasa pahit saat hamil? Ikutilah ulasan lengkap dibalik rasa pahit di lidah yang telah disiapkan oleh tim redaksi berikut ini:

Lidah Terasa Pahit Saat Hamil
  • Kondisi gigi dan mulut kurang sehat
Anda yang sedang hamil muda lidah terasa pahit mungkin dapat mencurigai menurunnya kesehatan gigi dan gusi sebagai salah satu penyebabnya. Lidah terasa kelu ini dapat muncul  karena bakteri dan kuman yang bersarang sehingga menyebabkan radang gusi maupun gigi berlubang. Untuk itu, jagalah selalu kebersihan area mulut agar Anda terhindar dari gangguan lidah yang terasa pahit.
  • Asam lambung
Rasa pahit yang muncul dilidah ketika masa kehamilan berlangsung mungkin saja disebabkan oleh terjadinya peningkatan asam lambung yang kemudian memicu reaksi mual serta muntah sehingga menyebabkan mulut terasa pahit. Ibu hamil yang ingin menghindari gangguan ini sebaiknya menghindari pemicu peningkatan asam lambung, yakni dengan menghindari makanan pedas, asam, dan berlemak serta menghindari stres.
  • Ketidakseimbangan hormon
Kehamilan dapat mempengaruhi hormon dalam tubuh Ibu. Hormon estrogen dalam tubuh akan mengalami penurunan, sehingga menyebabkan dysgeusia. Dysgeusia adalah bermasalahnya indra pengecap pada Ibu yang dipengaruhi oleh perubahan hormon pada saat kehamilan.
  • Inhalasi atau terhirupnya suatu zat
Penyebab lain terjadinya gangguan indera pengecap ini terjadi jika Anda menghirup zat tertentu yang dapat meninggalkan rasa pahit di lidah. Beberapa jenis substansi yang dapat menyebabkan lidah kelu adalah asap rokok, aroma bensin, serta benzene.
  • Efek Samping Mengkonsumsi Obat Obatan
Mengkonsumsi obat tertentu dapat mempengaruhi lidah perasa yang menyebabkannya menjadi terasa pahit. Beberapa jenis obat-obatan yang mampu menimbulkan efek ini adalah antibiotik, obat tidur, obat mulas, serta obat tekanan darah.
  • Kekurangan Zinc dan Vitamin B12
Ibu yang sedang hamil membutuhkan zinc dan vitamin B12 lebih dbandingkan sebelum mengandung. Nah Ibu yang kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan bau tidak enak pada mulut dan akan terasa pahit.


Lidah terasa pahit saat hamil sebenarnya bukanlah gangguan serius jika muncul dengan wajar, namun patut diwaspadai apabila keluhan ini memiliki frekuensi intens sehingga mengganggu aktivitas harian. Oleh karena itu diperlukan beberapa trik khusus agar Anda dapat meminimalkan efeknya.

Lalu bagaimana cara mengatasi lidah terasa pahit saat masa kehamilan?  Tips yang cukup ampuh yakni dengan memakan makanan yang memiliki rasa asam dan usahakan dari bahan alami. Maksudnya adalah memilih buah sebagai alternatifnya agar tidak memiliki efek samping atau negatif yang bisa bedampak pada calon ibu dan janin yang dikandungnya.

Buah-buah yang bisa menangani lidah terasa pahit pada ibu hamil antara lain strawberry, perasan air jeruk lemon dan buah-buah lainnya. Rasa asam pada buah akan menstimulasi indra pengecap dan air liur akan diproduksi lebih banyak sehingga mengurangi rasa pahit yang ada pada mulut.

Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk menghindari lidah terasa pahit saat hamil ini adalah dengan memperbanyak konsumsi air mineral. Anda juga dapat mengonsumsi jeruk yang akan merangsang produksi air liur sehingga dapat menghilangi pahit di mulut. Jangan lupa, hindari makanan pedas dan berlemak ya. Semoga bermanfaat.
Lidah Terasa Pahit Saat Hamil, Kenapa? Rating: 4.5 Posted By: tentang ibu