Sunday, 9 April 2017

Konsumsi Kepiting untuk Ibu Hamil, Amankah?

Kepiting Untuk Ibu Hamil – Varian masakan laut kepiting merupakan santapan yang banyak digemari oleh kalangan masyarakat. Selain karena rasanya yang lezat, kepiting juga memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan. Namun, bagaimana kalau Ibu hamil yang mengkonsumsinya?

Terdapat cukup banyak kontroversi yang beredar dalam masyarakat tentang pengonsumsian kepiting. Beberapa mengatakan bahwa sah saja seorang calon ibu mengonsumsinya, namun beberapa menyarankan agar menghindari demi kesehatan sang jabang bayi. Lalu sebenarnya, bolehkah ibu hamil makan kepiting?
kepiting untuk ibu hamil

Secara klinis sebenarnya tidak ada alasan khusus yang bisa melarang sang ibu mengonsumsi kepiting. Bahkan, pengonsumsian kepiting dianjurkan karena hewan laut ini memiliki beberapa manfaat. Jika penasaran, berikut adalah penjelasan tentang kandungan nutrisi dan manfaat kepiting untuk ibu hamil.
  • Vitamin B12
Ibu yang sedang dalam masa kehamilan umumnya memiliki metabolisme rendah, sehingga lebih rentan penyakit dibandingkan ketika belum mengandung. Kandungan vitamin B12 yang terdapat dalam kepiting dapat membantu Anda dalam menjaga stamina tubuh.
Selain itu, kandungan vitamin B12 dalam kepiting juga penting bagi pertumbuhan janin sebab kekurangan vitamin tersebut terbukt dapat mengakibatkan terjadinya keterbelakangan mental pada Sang jabang bayi.
  • Protein
Kandungan protein dalam kepiting sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang sel otak Sang bayi. Selain itu, kandungan protein juga dapat memperbaiki sel tubuh Ibu yang rusak sekaligus berfungsi sebagai zat pembangun dalam pembentukan ketuban dan sel darah merah Ibu. Meski memiliki kandungan protein tinggi, ternyata kepiting rendah kolesterol. Kandungan kolesterol dan lemak pada kepiting paling rendah dibandingkan dengan makanan olahan laut lainnya.
  • Omega 3
Omega 3 merupakan zat yang dapat menunjang perkembangan penglihatan dan kognitif anak yang dikandung. Ibu yang sedang hamil juga harus mempersiapkan kelahiran anaknya yang nantinya akan membutuhkan ASI eksklusif, dan omega 3 dalam kepiting dapat membantu Ibu dalam memproduksi ASI.
  • Selenium
Selenium merupakan zat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menangkal radikal bebas. Selenium yang terkandung dalam kepiting dapat menjadi tameng Ibu dalam menghadapi penyakit dan kerusakan sel sel tubuh lainnya.

Nah, Ibu banyak sekali kan manfaat yang terkandung dalam kepiting? Jadi, Ibu tak perlu takut lagi dalam mengkonsumsi kepiting. Kepiting memberikan nutrisi terbaik dari laut yang dibutuhkan oleh Ibu yang sedang mengandung.

Meski demikian. tidak dipungkiri juga kalau kepiting juga dapat memberikan dampak negatif pada Ibu yang sedang mengandung jika konsumsi dilakukan secara berlebihan. Mengkonsumsi kepiting dalam porsi ekstrim dapat membahayakan janin dalam kandungan Ibu karena laut tempat asal  kepiting merupakan tempat yang sekarang ini banyak tersebar polutan, seperti timbal dan merkuri yang jika ditemukan dalam tubuh secara berlebih dapat memicu terjadinya keterbelakangan mental pada sang bayi.

Demikian ulasan mengenai kepiting untuk Ibu hamil. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda.
Konsumsi Kepiting untuk Ibu Hamil, Amankah? Rating: 4.5 Posted By: tentang ibu