Sunday, 9 April 2017

4 Tips Aman Ibu Hamil Naik Pesawat

Ibu Hamil Naik Pesawat – Seorang wanita yang sedang mengandung pasti memiliki kewaspadaan tinggi dalam berbagai situasi. Hal ini dilakukan tentu bukan tanpa alasan, melainkan karena menginginkan keselamatan si calon bayi.

Lalu apa jadinya jika Anda termasuk salah satu ibu yang memilki berjuta kegiatan? Anda dituntut untuk selalu mobile dan bepergian ke banyak tempat. Tak jarang, kegiatan Anda menuntut untuk sering bepergian dengan pesawat. Pertanyanya, bolehkah ibu hamil naik pesawat? Amankah ibu hamil naik pesawat?

ibu hamil naik pesawat

Bepergian menggunakan pesawat sebenarnya dikategorikan aman bagi para penumpang yang sedang hamil. Meski demikian, ada beberapa faktor yang harus menjadi perhatian agar pengalaman naik pesawat tetap nyaman. Jika penasaran, berikut adalah beberapa tips ibu hamil naik pesawat yang telah disiapkan tim redaksi:
  • Pilihlah Tempat Duduk yang Dekat dengan Toilet
Ibu yang sedang hamil biasanya sering mengalami Morning Sickness, oleh karena itu Anda disarankan untuk duduk dekat toilet agar dapat mempermudah akses Ibu untuk pergi ke toilet saat keluhan mual tersebut muncul di tengah-tengah penerbangan.

Ibu hamil juga akan mengalami kejadian sering buang air kecil semasa kehamilan karena adanya penekanan pada kandung kemih Ibu. Tempat duduk dekat toilet ini juga pasti mempermudah akses Anda bilamana ingin buang air.
  • Gunakan Stocking Pada Kaki
Perjalanan yang ditempuh dalam kurun waktu yang lama akan meningkatkan resiko terjadinya pembekuan darah pada Ibu hamil. Menurut para ahli, penggunaan stocking pada kaki Ibu hamil akan melancarkan aliran darah pada kaki Ibu sehingga pembekuan darah yang dimulai dari kaki dapat diatasi.
  • Perbanyak Minum Air Putih
Air putih ini memang menjadi obat mujarab bagi semua orang. Ibu yang sedang hamil harus tetap menjaga kondisi tubuhnya dengan cara banyak mengkonsumsi air putih selama perjalanan untuk menhindari dehidrasi. Selain itu, konsumsi air putih juga akan meguangi resiko pembekuan darah yang kerap terjadi ketika ibu dalam perjalanan panjang.
  • Hindari Mengkonsumsi Makanan yang Memiliki Kandungan Gas
Berhati hati dalam megkonsumsi makanan yang mengandung  gas sebab makanan ini akan memicu terjadinya mual muntah. Makanan yang mengandung gas contohnya adalah kol, brokoli atau minuman bersoda yang disarankan untuk dihindari oleh para Ibu hamil yang akan melakukan perjalanan menggunakan pesawat.

Sebenarnya resiko bahaya ibu hamil naik pesawat sangat kecil bila ibu telah memiliki siasat. Meski demikian tetap disarankan agar perjalanan menggunakan pesawat dilakukan jika usia kehamilan lebih dari 14 minggu dan kurang dari 36 minggu.

Demikian ulasan dari kami mengenai tips Ibu hamil naik pesawat. Jangan lupa tetap konsultasikan pada dokter untuk memastikan kondisi Ibu dalam keadaan baik untuk dapat bepergian menggunakan pesawat. Semoga dapat menjadi inspirasi untuk Anda dan semoga bermanfaat. 
4 Tips Aman Ibu Hamil Naik Pesawat Rating: 4.5 Posted By: tentang ibu