Sunday, 9 April 2017

Amankah Ibu Hamil Minum Kopi?

Advertisement
Ibu Hamil Minum Kopi - Kopi merupakan salah satu minuman yang diminati semua orang, bukan hanya remaja namun juga orang dewasa. Kebiasaan minum kopi bagi beberapa orang juga cukup sulit ditinggalkan karena dipercaya mampu mengurangi rasa lelah dan membuat tetap fokus. Nah, alasan kecintaan dan efek tenang yang diberikan ini seringkali membuat ibu hamil tetap tak bisa lepas dari secangkir minuman pahit-manis ini.

Meski kopi menjadi pilihan beberapa orang, kebiasaan mengonsumsi minuman ini di kalangan ibu hamil tetap menjadi kontroversi. Banyak pertanyaan tentang bolehkah ibu hamil mengonsumsi kopi? atau amankah kopi untuk ibu hamil? di masyarakat yang membuat banyak perempuan menjadi was-was.


Secara klinis, mengonsumsi kopi dalam batas wajar sebenarnya tidak akan membahayakan ibu hamil dan janin. Bahkan, minuman ini mampu memberikan keuntungan bagi Bunda. Hmmm, lalu seperti apa sih manfaat minum kopi untuk ibu hamil? Yuk, intip ulasan lengkap berikut ini:
  • Menjaga Kondisi Tubuh Ibu Hamil
Mengkonsumsi kopi dalam takaran yang wajar dapat meningkatkan energi karena mengandung zat stimulan yaitu kafein. Kandungan kafein ini dapat melancarkan aliran darah dalam tubuh sehingga membuat tubuh terasa segar dan bugar.
  • Memberikan Perasaan Nyaman Pada Ibu Hamil
Mengatur suasana hati dengan baik adalah hal krusial bagi ibu hamil sebab perasaan yang kacau atau mood rusak dapat memicu stress yang mungkin dapat membahayakan kondisi ibu dan bayi yang dikandung. Nah, kopi memiliki zat yang mampu memberikan efek tenang sehingga menegukknya dapat membuat Anda merasa nyaman.
  • Mempertajam Daya Ingat Ibu Hamil
Kopi sebagai salah satu minuman favorit memiliki kemampuan melancarkan aliran darah ke otak yang berfungsi untuk menjaga dan mempertajam ingatan. Nah, ibu hamil yang mengonsumsi kopi diyakini bakal memiliki daya fokus maksimal serta tidak muda lupa.
  • Menstabilkan Gula Darah
Meminum kopi dalam sesekali waktu dapat membantu Ibu menormalkan gula darah dalam tubuh Ibu hamil. Meski demikian hindarilah mengkonsumsi kopi pahit karena rasa pahit kopi akan mempengaruhi selera makan Ibu yang memungkinkan timbulnya efek mual-muntah (morning sickness).
  • Menormalkan Tekanan Darah
Ibu hamil yang memiliki tekanan darah rendah diasarankan untuk mengkonsumsi kopi karena minuman ini memiliki zat yang dapat menaikkan tekanan darah. Pengonsumsian kopi secara teratur tentu dapat membuat Anda tetap fit kan?

Kopi memang memiliki cukup banyak manfaat, sehingga ibu hamil minum kopi tidak akan menyebabkan terjadinya sesuatu yang berbahaya. Meski demikian, ingatlah untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan karena jika konsumsi dilakukan secara ekstrim dapat mengganggu keseimbangan kesehatan tubuh. Tetap sehat dan semangat ya bu. Semoga bermanfaat.
Amankah Ibu Hamil Minum Kopi? Rating: 4.5 Posted By: tentang ibu