Thursday, 13 April 2017

Ibu Hamil Makan Pedas, Boleh atau Tidak?

Advertisement
Ibu Hamil Makan Pedas - Kuliner khas Indonesia dikenal memiliki kombinasi cita rasa bermacam-macam, termasuk makanan pedas yang menjadi favorit banyak orang. Bahkan tak jarang, banyak masyarakat berpendapat bahwa hidangan menjadi kurang afdol disantap bila tidak memiliki nuansa pedas yang kuat.

Mengonsumsi makanan pedas telah menjadi satu hal yang cukup susah ditinggalkan, termasuk pada ibu hamil. Kebiasaan mengonsumsi makanan pedas cukup banyak menjadi sorotan dan kontroversi karena beberapa masyarakat berpendapat bahwa makanan tersebut selayaknya dihindari demi keselamatan ibu dan calon bayi.Lantas, bolehkah ibu hamil memakan makanan pedas? Adakah efek yang ditimbulkan bila calon ibu memasukkan makanan pedas dalam menu diet harian?

ibu hamil makan pedas

Mitos yang beredar di masyarakat menyatakan bahwa rasa pedas akan turut dirasakan bayi ketika calon ibu mengonsumsinya. Nah, hal ini perlu diluruskan karena faktanya hal tersebut tidak benar karena tubuh akan secara otomatis menyerap zat tersebut, mengalirkannya melalui pembuluh darah untuk akhirnya sampai pada bayi dalam rahim.

Para ahli medis sepakat bahwa pengonsumsian makanan pedas dalam jumlah wajar pada ibu hamil tergolong aman, bahkan dapat memberikan manfaat kesehatan. Hal ini salah satunya terlihat dari kandungan vitamin C cukup tinggi yang umumnya ada dalam beberapa makanan pedas yang memberikan manfaat bagi pertumbuhan janin secara maksimal.

Manfaat mengonsumsi makanan pedas ternyata juga memberikan kontribusi positif bagi ibu yang tengah hamil muda. Anda yang sering mengalami morning sickness di awal masa kehamilan dapat mengurangi resiko gangguan tersebut dengan mengonsumsi makanan pedas karena jenis hidangan tersebut dapat membantu mengembalikan selera makan ibu yang hilang.

Walaupun makanan pedas aman dikonsumsi selama kehamilan, namun ibu hamil makan pedas tidak diperbolehkan apabila mengonsumsinya secara berlebihan. Hal ini dikarenakan konsumsi ekstrim dapat menimbulkan beberapa gangguan yang menyebabkan ketidaknyamanan.

Salah satu bahaya makanan pedas untuk ibu hamil ada pada resiko gangguan pencernaan seperti sakit perut.Rasa mulas yang seringkali timbul  setelah menyantap pastinya dapat mengganggu aktivitas ibu hamil. Dalam kasus ekstrim hal ini dapat berujung pada terjadinya diare yang berpotensi menguras cairan dalam tubuh dan menyebabkan ibu mengalami dehidrasi, lemah, dan letih.

Pengonsumsian makanan pedas dengan jumlah yang melebihi batas wajar juga dapat memicu terlepasnya hormon prostaglandine. Lepasnya hormon prostaglandine dalam jumlah yang tinggi akan menimbulkan kontraksi perut pada Ibu hamil yang dalam kasus parah dapat menyebabkan ibu melahirkan sebelum waktunya.

Ibu hamil yang memiliki riwayat penyakit lambung juga dianjurkan untuk tidak mengonsumsi makanan pedas karena dapat meningkatkan produksi asam lambung. Jika dibiarkan, peningkatan ini dapat mengikis dindig lambung dan menyebabkan perih berlebihan



Ibu hamil makan pedas sebenarnya sah saja apabila masih dalam konteks yang wajar. Anda yang tidak bisa sepenuhnya meninggalkan makanan pedas dapat menyiasati dengan meneguk segelas susu yang diyakini dapat membantu menetralisir serta meredakan perih yang ditimbulkan makanan pedas. Tetap semangat dan tetap sehat. Semoga menambah wawasan bagi Anda. 
Ibu Hamil Makan Pedas, Boleh atau Tidak? Rating: 4.5 Posted By: tentang ibu