Friday, 12 August 2016

Bolehkah Ibu Hamil Makan Kerang? Nih Informasinya!

Ibu Hamil Makan Kerang - Pemenuhan nutrisi pada Ibu hamil harus di tunjang dengan makanan yang bergizi seimbang agar Sembilan bulan masa kehamilan berjalan dengan lancar. Bukan hanya itu, pemenuhan gizi Ibu hamil sangat penting untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan calon jabang bayi dalam kandungan dengan sempurna.

Pentingnya langkah pemenuhan nutrisi ibu hamil tentu membuat Anda wajib menjaga asupan makanan. Nah, salah satu uang bisa masukkan sebagai menu harian adalah makanan laut. Jenis makanan ini  merupakan salah satu referensi asupan nutrisi yang baik untuk sang bayi karena memiliki banyak kandungan penting, seperti Omega 3 yang dapat imunitas tubuh janin. Makanan laut juga merupakan salah satu sumber protein hewani selain daging dan telur sehingga sangat direkomendasikan pengonsumsiannya.

Tentu terdapat beragam jenis makanan laut yang bisa Anda jadikan sebagai menu harian, salah satunya adalah kerang. Dalam perkembangannya, makanan tersebut memiliki banyak penggemar karena memiliki rasa yang lezat dan juicy. Meski kerang cukup populer, namun pengonsumsian makanan hasil laut ini pada ibu hamil kerap kali menuai pro dan kontra. Banyak masyarakat masih bertanya bolehkah ibu hamil makan kerang hijau? Amankah pengonsumsiannya?

Ibu Hamil Makan Kerang

Apabila termasuk salah satu yang was-was dengan hal tersebut, maka Anda boleh sedikit lega karena pada dasarnya pengonsumsian kerang dalam batas wajar tidak berbahaya bagi ibu hamil. Bahkan, kerang dapat memberikan beberapa kontribusi positif bagi sang ibu termasuk sebagai sumber protein yang rendah lemak.

Kerang hijau dalam perkembangannya dikenal sebagai salah satu salah satu makanan hasil laut rendah kalori. Oleh karena itu, Anda yang takut gemuk tidak perlu khawatir karena penelitian menyebutkan bahwa bilai dari sepuluh kerang hanya mengandung kurang dari 100 kalori dengan hanya 0.2 gram lemak jenuh.

Hal lain yang juga membuat Anda tak perlu mengkhawatirkan konsumsi kerang adalah adanya penelitian bahwa kerang mengandung berbagai substansi kompleks yang dapat mengoptimalkan perkembangan otak janin. Dalam sebuah studi ditemukan bahwa ibu yang mengonsumsi kerang dalam jumlah wajar selama kehamilan melahirkan anak dengan IQ lebih tinggi dibandingkan mereka yang menghindarinya. Bukan hanya itu, penelitian juga menunjukkan bahwa kerang juga dapat menurunkan resiko kelahiran prematur dan bayi dengan berat badan lahir rendah.

Meski tergolong sebagai makanan aman, namun untuk ibu hamil juga perlu membatasi konsumsi kerang agar tidak berlebihan. Hal ini penting dilakukan sebab konsumsi berlebihan juga dapat memberikan efek buruk bagi sang ibu dan calon bayi.

Bahaya ibu hamil makan kerang sebenarnya berasal dari polutan yang umum ditemukan pada makanan laut yang disebut merkuri. Makanan laut yang mengandung merkuri tinggi berpotensi menghambat perkembangan sistem saraf pusat bayi. Beberapa kerang juga ditemukan mengandung bakteri sarmonela, kholera, thypus dan disentri yang berbahaya bagi manusia. Selain itu, kerang juga dikenal sebagai hewan yang bersifat sebagai filter yang dapat menyerap beragam logam berat yang mungkin dikhawatirkan dapat mempengaruhi kesehatan ibu dan bayi ketika dikonsumsi.


Meski kerang mungkin saja mengandung polutan, namun hal ini tetap bisa disiasati agar Anda tetap bisa menyantap hidangan lezat ini. Hal yang perlu dilakukan adalah melakukan pengolahan dengan benar, yakni dengan merebus kerang terlebih dahulu hingga benar benar matang. Pastikan Anda membeli kerang pada penjual yang terpercaya, yang tempat budi daya nya jauh dari polutan laut. Hindarilah membeli kerang yang kerap beraroma logam atau yang mengeluarkan aroma tak sedap

Demikian ulasan dari kami tentang segala hal mengenai ibu hamil makan kerang. Pilihlah makanan yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda namun tetap tidak melupakan dampak dari makanan tersebut. Semoga bermanfaat.
Bolehkah Ibu Hamil Makan Kerang? Nih Informasinya! Rating: 4.5 Posted By: tentang ibu