Sunday, 21 August 2016

Bolehkah Ibu Hamil Makan Jengkol dan Petai?

Advertisement
Advertisement
Ibu Hamil Makan Jengkol dan Petai – Indonesia selalu kaya akan santapan khas yang terbukti mampu menggoyang lidah masyarakat. Tentu terdapat cukup banyak jenis olahan makanan Indonesia yang digemari banyak orang, termasuk sajian yang terbuat dari petai dan jengkol. Kedua bahan makanan ini merupakan komuditi pertanian asli Indonesia yang memiliki aroma sangat menyengat, namun justru itulah yang kata beberapa orang membuatnya nikmat.

Menyantap makanan beraroma menyengat ini jelas memberikan kenikmatan tersendiri bagi penikmatnya. Meski demikian, aromanya yang menyengat dan susah hilang terkadang membuat beberapa orang was-was menyantap terutama jika Anda dalam kondisi hamil. Biasanya, akan muncul sebuah ketakutan bahwa bahan makanan ini membawa sesuatu yang kurang baik bagi ibu dan jabang bayi.


Lalu sebenarnya, bolehkah ibu hamil makan jengkol dan petai? Jika itu pertanyaannya, maka tim redaksi tentangibu mengucapkan selamat bagi para ibu penggemar dua bahan makanan ini sebab secara klinis petai dan jengkol tidak membawa dampak buruk bagi ibu dan janin.

Bukan hanya aman dikonsumsi, ternyata dua bahan makanan ini juga menyimpan manfaat penting lho. Apakah sih manfaat jengkol dan petai untuk ibu hamil? Mari simak ulasan lengkap berikut ini:

Manfaat Mengkonsumsi Petai dan Jengkol Untuk Ibu Hamil

  • Merupakan sumber energi yang baik
Jengkol dan petai merupakan makanan yang menjadi salah satu sumber energi yang baik untuk kesehatan. Kandungan glukosa, fruktosa dan sukrosa dalam petai dan jengkol dapat menghasilkan energi dan tenaga yang cukup besar untuk menunjang kinerja tubuh Ibu hamil. Dengan pengonsumsian moderate, Anda bisa menjadi merasa lebih sehat dan fit meski tengah mengandung.

  • Mengandung Kalsium yang Dibutuhkan Oleh Janin dan Ibu Hamil
Jengkol dan petai dapat dijadikan sebagai alternatif pengganti protein hewani (susu) sebagai asupan makanan yang tinggi kalsium. Bagi sang bayi dalam Rahim ibu, asupan kalsium sangat dibutuhkan untuk membantu pembentukan tulang dan gigi si bayi dengan baik. Nah untuk ibu sendiri, petai maupun jengkol dapat menjadi sumber kalsium tinggi yang dapat mencegah dari serangan osteoporosis.

  • Mengandung Prebiotik Untuk Atasi Sembelit
Khasiat jengkol dan petai lainnya adalah mengandung prebiotik yang dapat mengatasi sembelit pada Ibu hamil.. Serat dari jengkol dan petai juga dapat melancarkan buang air besar pada Ibu hamil.

  • Menjadi Penambah Selera Makan Sang Ibu
Ibu yang sedang hamil memang membutuhkan asupan makanan lebih banyak dibandingkan dengan wanita yang sedang tidak hamil. Nah, makanan yang memiliki bau khas yang tajam ini dipercaya masyarakat dapat menambah selera makan Ibu hamil sehingga mengkonsumsi jengkol dan petai merupakan cara jitu agar Anda tidak malas makan.

Kedua bahan makanan tadi memang memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil. Meski demikian, Anda harus tetap berhati-hati karena mengonsumsi jengkol dan petai secara berlebihan juga dapat memberikan dampak buruk.
  • Baik Untuk Tumbuh Kembang Janin 
Selain memiliki khasiat pada calon ibu, mengkonsumsi petai atau jengkol ternyata dapat membantu kesehatan tulang dan gigi walaupun masih di dalam janin. Jengkol atau petai sendiri memiliki kandungan kalsium yang dapat dikonsumsi untuk memberikan asupan kalsium pada janin.

Selain terkenal memiliki manfaat bagi ibu hamil, namun apabila calon ibu mengkonsumsi petai dan jengkol secara berlebihan akan memberikan dampak negatif. Lalu apa saja bahaya makan petai atau jengklol untuk ibu hamil? Simak ulasan berikut ini:

Bahaya Makan Petai dan Jengkol Untuk Ibu Hamil

  • Mengakibatkan Nyeri Pada Punggung
Jengkol dan petai memiliki kandungan jengkolat yang dapat mempengaruhi kerja ginjal di dalam tubuh yang jika dikonsumsi berlebih dapat memicu nyeri hebat di area sekitar punggung ibu hamil. Anda sebaiknya mengurangi makan jengkol dan petai saat hamil 8 bulan agar badan tetap fit untuk mempersiapkan kelahiran si Kecil. 
  • Kinerja Ginjal Menjadi Meningkat
Apabila memakan petai dan jengkol terlalu banyak akan mengakibatkan air seni menjadi pesing. Hal ini memiliki arti bahwa amoniak pada tumbuhan ini cukup banyak dan kinerja ginjal menjadi lebih meningkat daripada biasanya. Apabila dibiarkan saja dan tidak dikurangi maka akan berdampak resiko gagal ginjal. Hal ini tentu sangat berbahaya bagi calon ibu.
  • Pencernaan Menjadi Terganggu
 Memang benar, kandungan serat pada petai dapat membantu sembeli bagi ibu hamil. Namun tahukah anda bahwa, mengkonsumsi petai secara berlebihan malah tidak baik karena serat yang berlebih masuk pada tubuh wanita yang sedang hamil. Efek negatifnya akan terkena mencret atau diare. Asam amino pada petai juga berfungsi untuk mempercepat proses pencernaan dan berdampak buruk pada usus halus.
Semoga informasi yang kami berikan tentang bolehkah ibu hamil makan jengkol atau petai dapat menjawab rasa penasaran anda. Apabila bumil suka sekali dengan makanna ini, lebih baik porsinya dikurangi agar tidak berdampak buruk bagi kesehatan calon ibu. Tetap sehat dan semangat ya, Bu.
Bolehkah Ibu Hamil Makan Jengkol dan Petai? Rating: 4.5 Posted By: tentang ibu