Sunday, 9 April 2017

Apakah Bahaya Ibu Hamil Cabut Gigi? Berikut Informasinya!

Ibu Hamil Cabut Gigi – Sakit pada gigi dapat menyebabkan beragam gangguan, mulai ngilu berkepanjangan hingga terganggunya aktivitas harian. Anda mungkin bisa mengkonsumsi obat anti nyeri untuk mengurangi rasa sakit, namun jika berkepanjangan maka cabut gigi adalah satu-satunya solusi.

Namun bagaimana jika keinginan cabut gigi terjadi saat Anda dalam keadaan mengandung? Bolehkah Ibu Hamil Cabut Gigi? Adakah dampak yang bisa terjadi jika ibu melakukan tindakan medis tersebut? Jika penasaran, ada baiknya Anda simak penjelasan singkat berikut ini.



Sakit gigi pada ibu hamil muda kerap terjadi terutama pada trimester kedua dan ketiga kehamilan. Hal ini biasa terjadi karena tubuh ibu mengalami perubahan hormonal yang mempengaruhi kemampuan melawan penyakit yang disebabkan oleh kuman maupun bakteri. Gangguan ini sendiri muncul dalam berbagai bentuk, mulai dari sekedar nyeri, gigi berlubang, gusi bengkak, dan lain sebagainya.

Kondisi hamil pada dasarnya memang membatasi ruang tenaga medis untuk melakukan tindakan pencabutan gigi karena memiliki cukup banyak resiko. Tindakan ini dapat mempengaruhi pembuluh darah Ibu yang akan menyebabkan kontraksi pada rahim Ibu. Jika kontraksi perut terjadi sebelum waktu melahirkan, maka beresiko memicu terjadinya ketuban pecah dini pada Ibu hamil.  

Tindakan paling bijak untuk menanggapi keluhan sakit gigi sebenarnya adalah dengan hanya memberikan obat anti nyeri saja. Namun jika tetap tak tertahankan, tindakan pencabutan gigi haruslah dilakukan setelah ibu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mendapatkan izin.

Resiko pencabutan gigi yang cukup besar sebaiknya tidak ditanggapi penuh ketakutan, melainkan dapat disiasati dengan melakukan tindakan preventif yang salah satunya adalah merawat gigi dengan baik. Untuk ini, pilihlah sikat gigi yang nyaman di mulu dan lembut. Jangan pilih yang terlalu besar dan keras karena dapat melukai gusi.

Hal lain yang perlu dilakukan adalah menyikat gigi secara teratut 2 kali sehari untuk membantu membunuh kuman yang berusaha menyerang. Anda juga  bisa menggunakan obat kumur yang bisa membantu membunuh kuman sekaligus membuat mulut lebih fresh.

Hal terakhir yang perlu dilakukan adalah mengonsumsi buah dan sayur yang baik bagi gigi. Anda dapt mengonsumsi buah yang mengandung vitamin C seperti jeruk dan vitamin B12 dalam kacang-kacangan.

Itulah tadi ulasan mengenai ibu hamil cabut gigi. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa sebaiknya ibu tidak mencabut gigi selama kehamilan karena dapat beresiko. Semoga dapat menjadi referensi untuk Anda dan semoga bermafaat.
Apakah Bahaya Ibu Hamil Cabut Gigi? Berikut Informasinya! Rating: 4.5 Posted By: tentang ibu