Thursday, 13 April 2017

Ibu Hamil Minum Es, Fakta atau Mitos?

Advertisement
Ibu hamil minum es – Mitos tentang efek air dingin (es) pada iu hamil dan janin yang dikandung mungkin sudah berumur sangat tua. Entah sejak kapan, beragam versi cerita tentang hal tersebut telah diceritakan secara berulang-ulang dari ibu ke anak perempuan agar sebisa mungkin menghindari pengonsumsian air dingin ketika masa kehamilan berlangsung.

Terdapat cukup banyak versi dampak buruk minum es bagi ibu hamil yang beredar. Pada beberapa area disebutkan bahwa minum es dapat menambah resiko calon bayi terkena asma, pneumonia, atau penyakit pernapasan lainnya. Nah di Indonesia sendiri, beberapa orang mempercayai bahwa minum es saat hamil dapat membuat bobot anak yang dilahirkan besar.
Ibu hamil minum es

Lalu pertanyaannya, bolehkah ibu hamil minum es? Adakah dampak ibu hamil minum es? Fakta atau mitoskah kebiasaan ini? Tim redaksi telah menghimpun beberapa informasi yang akan dijelaskan secara gamblang berikut ini.

Apabila ditinjau dari segi klinis, sebenarnya tidak ada hubungan antara minum air es dengan resiko memiliki bayi berbobot besar. Hal ini dikuatkan oleh Dr. dr Noroyono Wibowo, Sp.OG(K) selaku spesialis kandungan di rumah Sakit Cipto Mangunksumo Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (RSCM FK-UI) yang menyatakan bahwa minum es saat hamil tidak membuat bayi besar.

Faktanya berapapun temperaturnya, makanan maupun minuman yang dikonsumsi akan menyesuaikan dengan suhu tubuh ketika sampai di perut. Oleh karena itu, pernyataan bahwa minum es dapat berpengaruh buruk terhadap si janin tidaklah benar.

Dalam hal ini, apa yang sebenarnya patut diwaspadai bahkan ditakuti oleh para calon ibu bukanlah es atau airnya melainkan campuran dalam cairan tersebut. Perhatikanlah kandungan gula dan kalori pada minuman tersebut, baik itu es sirup, es teh manis, atau es minuman bersoda. Nah, substansi yang menyertai air es itulah yang sebenarnya berkontribusi dapat membuat bayi lahir besar.

Masih terkait dengan asupan minuman bagi ibu hamil, sebenarnya yang menjadi kunci dari keselamatan sang janin adalah bagaimana Anda mengatur pola makan yang sehat. Konsumsilah makanan dan minuman secara moderate; artinya, jangan terlalu banyak maupun terlalu sedikit sebab sesuatu yang tidak pas bisa memberikan dampak buruk. Untuk konsumsi air minum, usahakan untuk menambah hingga sekitar 2-3 gelas dari asupan normal sebelum kehamilan karena ibu hamil biasanya membutuhkan asupan cairan lebih.


Kini Anda telah mengetahui fakta ibu hamil minum es bukan? Yuk, jaga diri demi keselamatan calon buah hati tercinta.

Ibu Hamil Minum Es, Fakta atau Mitos? Rating: 4.5 Posted By: tentang ibu