Sunday, 9 April 2017

Atasi Pegal Saat Hamil Mulai Sekarang!

Pegal Saat Hamil – Terdapat cukup banyak keluhan yang dirasakan ketika seorang perempuan tengah mengandung. Salah satu yang paling sering muncul adalah pegal-pegal yang umumnya terjadi di bagian punggung ke bawah, pinggang, pinggul, bokong hingga sampai ke kaki. 

Dalam dunia medis, gangguan ini dapat muncul karena ibu terlalu lama membawa beban berat (janin yang dikandung).  Hal lain yang juga mempengaruhi kemunculan pegal ketika hamil adalah perubahan hormon yang berpengaruh pada kendurnya otot-otot dan ligament tubuh sehingga menumbulkan reaksi pegal yang dialami calon ibu. 

pegal saat hamil
Keluhan sakit pegal ini tentu cukup menggangu kan? Anda jadi serba salah, bahkan mengganggu aktivitas harian. Eits, Bunda tidak perlu khawatir sebab ternyata ada cara mengatasi pegal saat hamil yang bisa diaplikasikan.

Apa saja sih cara mengatasi pegal ketika hamil? Berikut langkah langkah mengatasi pegal saat hamil yang dapat kami jabarkan.
  • Berjalan-jalan ringan
Olahraga terbaik untuk Ibu hamil adalah berjalan kaki karena dapat memperlancar peredaran darah ibu dan janin. Anda dapat meluangkan waktu setidaknya 30 menit perhari untuk memperbaiki peredaran darah. Dengan demikian, Anda tidak hanya dapat mengurangi rasa pegal namun juga dapat menambah kandungan oksigen dalam tubuh sehingga mengurangi pusing dan sesak.
  • Berenang santai
 Berenang dapat memberikan kesan rileks untuk ibu hamil karena otot otot tubuh yang tegang dapat diistirahatkan. Selain mengurangi pegal, manfaat berenang untuk Ibu hamil ini dapat menunjang kinerja jantung. 
  • Senam hamil
Senam hamil merupakan sebuah terapi atau olahraga ringan yang dilakukan dengan cara menggerak gerakkan anggota tubuh yang berfungsi melemaskan otot-otot dalam tubuh serta dapat melancarkan peredaran darah. Gerakan gerakan dalam senam hamil sangat membantu Ibu agar lebih rileks, segar dan bugar. 
  • Latihan bebas
Untuk Ibu Hamil yang tidak sempat mengikuti hal tersebut, ada latihan lain yang dapat dilakukan di rumah. Punggung yang pegal dapat diatasi dengan cara meregangkan bahu Ibu untuk merilekskan otot bahu, lengan, leher dan punggung. Coba juga untuk memiringkan dan memutar kepala maupun leher. Latihan ini dapat melenturkan otot otot leher dan bahu untuk mencegah terjadinya ketegangan otot tubuh bagian Coba juga  menggerakkan pergelangan kaki untuk memperlancar sirkulasi darah dan mencegah terjadinya keram otot. 

Keluhan pegal pada Ibu hamil ini biasanya memang menyerang Ibu hamil di awal kehamilan dan pada akhir kehamilan. Eits, ibu tak perlu takut sebab pinggang pegal saat hamil muda tidaklah berbahaya. Perubahan berat badan yang terjadi dan penambahan tugas dari punggung yang harus menyokong berat tubuh memang memungkinkan pegal saat hamil terjadi. 
Demikian ulasan dari kami, semoga dapat menjadi pencerahan untuk Ibu hamil yang mengalami pegal pada punggung. Semoga bermanfaat.

Atasi Pegal Saat Hamil Mulai Sekarang! Rating: 4.5 Posted By: tentang ibu