Friday, 12 August 2016

Kumpulan Doa Wajib Baca Saat Masa Kehamilan

Doa ibu hamil – Islam sebagai rahmat bagi seluruh alam telah memiliki aturan untuk seluruh kehidupan manusia. Anda akan dengan mudah menemukan bagaimana agama ini menuntun hambanya menuju kehidupan lebih baik sejak dahulu hingga di masa yang akan datang untuk seluruh umatnya bahkan sejak seseorang berada dalam kandungan.

Seorang perempuan muslimah yang sedang mengandung pasti melakukan banyak cara agar sang jabang bayi dapat lahir dengan selamat dan menjadi calon individu yang baik, mulai dari senam hingga melakukan beragai terapi kesehatan. Apapun usaha yang telah dilakukan, seorang calon ibu muslimah seharusnya tidak lupa menyisipkan doa dalam setiap usaha yang dilakukan.

Membaca doa ibu hamil menurut islam merupakan sesuatu yang sangat dianjurkan agar segala upaya yang dilakukan mendapat izin dari Tuhan Yang Maha Esa. Lalu, seperti apakah kumpulan doa hamil untuk anak dalam kandungan? Mari simak ulasan lengkap yang telah disiapkan oleh tim redaksi berikut ini:

doa ibu hamil menurut islam

Kumpulan Doa Ibu Hamil 

  • Doa keselamatan kehamilan
Salah satu doa ibu hamil untuk anak dalam kandungan yang patut dijadikan amalan harian selama mengandung adalah doa keselamatan. Doa ini diperlukan agar Anda dan sang jabang bayi selalu diberi keselamatan dan dijauhkan dari bahaya selama masa mengandung, Nah, berikut adalah bacaan doanya.
“Bismillahhirrahmaanir rahiim, Alhamdu lillaahi rabbil’aalamiin, Allaahumma shalli alaa sayyidinaa Muhammad, Thibbil quluubi wadawaaihaa, Wa’aafiyatil abdaani wa syifaa ihaa, Wanuuril abshaari wa dhiyaa ihaa, Waquutil arwaahi wagidzaa ihaa, Wa’alaa aalihi washahbihi wabaarik wa sallim,
Allaahummahfazh waladaha maa daama fii bathnihaa, Washfihii ma’a ummihi antasysyaafii laa syifaaa illaa syifaa uka syifaa an laa yugoodiru saqoman, Allaahumma shawwirhu fii bathnihaa shuurotanhasanatan, Watsabbit qolbahu iimaanan bika wabiraa suulika, Allaahumma akhrijhu min bathni ummihi waqta walaada tihaa sahlan wasaliiman, Aaamin, aamin aamin yaa robbal aalamin”
Artinya:
Dengan menyebut nama Allah yg Maha Pengasih lagi Maha penyayang. Segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam. Ya Allah tambahkanlah kesejahteraan kepada penghulu kami Nabi Muhammad SAW Sebagai pengobat dan penawar hatiku, penyehat dan penyegar badanku. Sebagai sinar dan cahaya pandangan mata. Sebagai penguat dan santapan rohani. Dan kepada keluarganya dan para sahabatnya berikanlah keberkahan dan keselamatan.

Ya Allah semoga Engkau lindungi bayi ini selama ada dalam kandungan ibunya. Dan semoga Engkau memberikan kepada bayi dan ibunya Allah yang memberi kesehatan. Tidak ada kesehatan selain kesehatan Allah, kesehatan yang tidak diakhiri dengan penyakit lain.

Ya Allah semoga Engkau ciptakan bayi ini dalam kandungan ibunya dgn rupa yg bagus Dan semoga Engkau tanamkan hatinya bayi ini iman kepada-Mu ya Allah dan kepada Rosul-Mu. Ya Allah semoga Engkau mengeluarkan bayi ini dari dalam kandungan ibunya pada waktu yg telah ditetapkan dalam keadaan yg sehat dan selamat. Aamin, aamin aamin yaa robbal aalamin Kabulkanlah doa kami, kabulkanlah doa kami.
  • Doa memohon kecerdasan dan kebaikan sang bayi
Memiliki keturunan yang cerdas dan berguna bagi nusa, bangsa, dan agama menjadi salah satu impian hampir setiap orang tua. Nah, Anda yang menginginkan hal sama bisa mengamalkan doa kehamilan berikut ini:
“Allaahummaj ‘alhu shahiihan kaamilan wa’aaqilan haa dziqan wa’aaliman’aamilan, Allaahumma thawwil umrahu washahhih  jasadahu wahassin khuluqohu wafashshih lisaa nahu, Wa ahsin shautahu li qiraa atil hadiitsi wal qur’aan, Wawasi’rijqahu, Wajalhu insaanan kaamilan saaliman fiddunya wal aakhirah, Bibirakati sayyidinaa Muhammaddin shallallaahu’alaihi wasallam wal hamdu lillahi rabbil’aalamiina Aaamin, aamin aamin yaa robbal aalamin.”
Artinya: 
Ya Allah semoga Engkau jadikan bayi ini sehat, sempurna, berakal cerdas dan mengerti dalam urusan agama. Ya Allah semoga Engkau memberikan kepada bayi ini umur yang panjang, sehat jasmani dan rohani, bagus budi perangainya, fasih lisannya Serta bagus suaranya untuk membaca dan Al Quran Dan tinggikanlah derajatnya Dan luaskanlah rizkinya Dan jadikanlah bagi manusia yg sempurna selamat di dunia dan akhirat.
  • Doa memohon anak shaleh (QS. Ali Imran 35-36)
Memiliki anak shaleh maupun solehah tentu menjadi impian hampir setiap orang tua muslim. Hal inilah yang mendorong para ibu mendoakan si Kecil, bahkan sebelum ia lahir dan masih berada dalam rahim.

Anda yang ingin berdoa agar mendapat anak soleh dan solehah dapat membaca potongan ayat dalam surat Ali Imran 35-36, yang berbunyi:
"Bismillahhirrahmaanir rahiim, Robbi inni nadzartu laka maa fii bathnii muharroron fataqobbalminnii, Innaka antas sami'ul alim" 
Artinya:
Ya Tuhanku sesungguhnya aku menazarkan kepada Engkau anak yang dalam kandunganku manjadi hamba yang shaleh dan berkhidmat karena itu terimalah (nazar) itu daripadaku. Sesungguhnya Engkaulah yang Maha Mengetahui dan aku mohon perlindungan untuknya dan keturunannya kepada Engkau dari setan yang terkutuk.
  • Doa mendapatkan keturunan yang baik (QS. Ali Imran 38)
Surat Ali Imran dalam Al-Quran ayat 38 juga merupakan potongan doa ibu hamil yang dapat dilafalkan selama masa kehamilan berlangsung. Salah satu kumpulan doa ibu hamil muda maupun yang tengah berada dalam trimester akhir kehamilan bisa didapatkan dari potongan surat Ali-Imran ayat 38 yang dimaksudkan agar Anda mendapatkan keturunan yang baik dengan bacaan:
"Rabbii habli miladunka dzurriyyatan thoyyibah. Innaka sammi’uddu’aa"
Artinya :
 Ya Allah berikanlah kepadaku dari sisi-Mu keturunan yang baik. Sesungguhnya Engkau adalah pendengar permohonan (doa).
  • Doa memohon keturunan yang menenangkan hati (QS. Al Furqan 74)
Memiliki keturunan yang dapat menjadi penenang hati tentu menjadi dambaan bagi setiap orang. Jika menginginkan hal sama, Anda bisa melafalkan potongan surat Al-Furqan ayat 74 yang berbunyi:
“rabbanaa hab lanaa min azwaajinaa wadzurriyyaatinaa qurrata a'yuniw waaj'alnaa lilmuttaqiina imaaman”
Artinya:
Ya Rabb kami, anugerahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertaqwa.
  • Doa agar anak rajin salat dan bertakwa (QS. Ibrahim 40)
Salah satu pilar yang mengukur ketakwaan seorang pemeluk Islam adalah solat yang dia lakukan sehari-hari. Anda yang menginginkan seorang anak yang bertakwa sekaligus tidak pernah meninggalkan kewajiban salat dapat membaca QS. Ibrahim ayat 40 sejak ia berada dalam kandungan yang berbunyi:
“Robbij’alnii muqiimash sholaati wa min dzurriyatii robbanaa wa taqobbal du’aa"
Artinya:
Ya Tuhanku jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat. Ya Tuhan kami perkenankanlah doaku.

Kumpulan Doa ibu hamil yang telah disebutkan dalam artikel ini merupakan beberapa hal yang dapat diamalkan selama kehamilan berlangsung. Tentu saja Anda bisa mengaplikasikannya sebagai bacaan doa hamil muda maupun ketika menjelang persiapan persalinan.

Beberapa doa ibu hamil yang telah dijabarkan sebelumnya juga merupakan potongan dari beberapa ayat Al-Quran. Jika memang memiliki cukup banyak waktu, alangkah baiknya bila Anda tidak hanya membaca per bagian namun juga memperbanyak membaca surat Al-quran lainnya. Selamat mencoba dan semoga doa Anda diijabah.
Kumpulan Doa Wajib Baca Saat Masa Kehamilan Rating: 4.5 Posted By: tentang ibu