Sunday, 1 October 2017

Jangan Salah, Coklat Juga Punya Manfaat Untuk Ibu Hamil

Advertisement
Coklat Untuk Ibu Hamil - Cokelat berdasarkan namanya berasal dari bahasa suku Aztec  “xocoatl” yang artinya minuman pahit. Meski rasanya yang cukup pahit, namun hasil bumi satu ini banyak digemari dan telah menjadi salah satu bahan makanan dan minuman sejak ratusan tahun yang lalu.

Cokelat dalam perkembangannya telah menjadi bagian tak terpisahkan dari industri makanan dunia. Produsen cokelat juga terus berinovasi agar varian hasil bumi ini dapat diterima masyarakat, salah satunya dengan membuatnya menjadi sedikit lebih manis atau menambahkan berbagai macam varian rasa.

Cokelat Untuk Ibu Hamil

Seiring berjalannya waktu ternyata cokelat tidak hanya diketahui sebagai sajian lezat namun memiliki faedah tertentu. Bukan hanya untuk anak-anak dan manusia dewasa, manfaat cokelat juga dirasakan oleh ibu hamil lho. Penasaran dengan manfaat cokelat untuk ibu hamil? Berikut tim redaksi sajikan beberapa info selengkapnya:

Kumpulan Manfaat Cokelat yang Baik untuk Ibu Hamil

  • Mencegah darah tinggi
Pre eklamsi adalah salah satu gangguan kehamilan yang ditimbulkan akibat terjadinya hipertensi atau tekanan darah tinggi yang dalam fase kritis dapat membahayakan ibu dan calon jabang bayi. Nah, seorang ibu hamil dapat menghindari hal tersebut dengan rutin memakan cokelat karena kandungan magnesium di dalamnya dapat membantu mengontrol kadar tekanan darah.
  • Menambah asupan zat besi
Zat besi merupakan salah satu substansi yang sangat dibutuhkan oleh wanita yang sedang hamil. Zat besi yang terkandung dalam cokelat tentunya sangat dibutuhak untuk memprosuksi sel darah baru dalam tubuh sehingga sang ibu bisa tetap sehat dan bugar selama masa kehamilan.
  • Meminimalisir Terjadinya Penyakit Jantung
Manfaat coklat untuk ibu hamil selanjutnya adalah mencegah terjadinya penyakit jantung pada calon ibu. Karena pada coklat sendiri terkandung cukup tinggi zat antioksidan. Zat inilah yang berperan penting agar tubuh tetap sehat dan melawan berbagai penyakit lainnya seperti penyakit jantung. 
  • Mengandung antioksidan
Siapa yang tidak mengenal manfaat anti oksidan bagi tubuh? Substansi tersebut tentu sangat dibutuhkan terutama ketika hamil agar dapat mencegah kanker dan penyakit jantung bagi sang ibu. Bukan hanya itu, anti oksidan juga baik karena dapat mengurangi resiko bayi cacat lho.

Cokelat sebagai salah satu panganan berkualitas memiliki beragam nutrisi yang sangat dibutuhkan calon ibu. Makanan ini kaya akan vitamin untuk mendukung daya tahan selama kehamilan. Bukan hanya itu, cokelat juga mengandung gula untuk asupan energi selama kehamilan dan feniletilamin sebagai anti depresan.

Seorang ibu hamil tentunya diharapkan untuk rutin mengonsumsi cokelat setiap tiga hari sekali seberat masing-masing 20gram. Anda tentu saja dapat memakannya secara langsung atau mengolah menjadi beragam varian.
  • Meredakan Stress dan Memberikan Efek Bahagia
Pada masa kehamilan, calon ibu akan merasakan hal yang tidak menyenangkan seperti gangguan atau keluhan saat hamil. Apabila dibiarkan saja, maka ibu hamil akan mengalami stress yang berkepanjangan. Tak hanya berdampak pada calon ibu, janin yang dikandungnya pun mengalami hal yang sama yakni membuat perasaannya menjadi tidak bahagia.

Nah, mengkonsumsi beberapa gram coklat dalam satu hari akan menurunkan stress yang diderita oleh ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Informasi ini diperkuat karena adanya penelitian dari tim riset yang berasal dari Finlandia pada majalah kesehatan ibu hamil. 
  • Sistem Metabolisme Menjadi Meningkat
Tak sedikit dari ibu hamil yang takut mengkonsumsi coklat karena dapat membuat badan menjadi gemuk dan menjadi salah satu makanan yang berbahaya untuk kesehatan. Namun tahukah anda bahwa manfaat coklat pada ibu hamil lainnya yakni dapat membantu proses metabolisme pada lemak, melindungi calon ibu terkena anemia hingga produksi sel darah merah lebih meningkat. 

Hal ini diperkuat karena pada coklat terkandung nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil seperti zat besi dan magnesium. Kedua nutrisi ini memiliki manfaat yang baik pada calon ibu dan janin yang dikandungnya. 

Meski memiliki sejuta manfaat, ibu hamil tetap tidak boleh mengonsumsi secara berlebihan karena dapat mengganggu keseimbangan kesehatan. Bahaya cokelat untuk ibu hamil sendiri antara lain terletak pada kafein yang jika dikonsumsi secara berlebihan justru mampu meningkatkan resiko bayi cacat. Selain itu, kandungan glukosa juga dapat memicu diabetes bagi sang ibu maupun calon jabang bayi.

Manfaat coklat untuk ibu hamil cukup banyak. Namun Anda tetap harus mampu mengonsumsinya dengan bijak agar bisa meminimalkan resikonya sehingga bayi tetap selamat. Yuk, biasakan makan cokelat mulai sekarang.
Jangan Salah, Coklat Juga Punya Manfaat Untuk Ibu Hamil Rating: 4.5 Posted By: tentang ibu