Tuesday, 14 June 2016

Waspada, Ini Pantangan Ibu Hamil Wajib Tahu


Pantangan Ibu Hamil – Kehamilan menjadi salah satu anugerah bagi banyak perempuan yang telah menikah. Betapa tidak, buah hati yang telah dinantikan kehadirannya akan segera lahir ke dunia melengkapi kebahagiaan rumah tangga.

Meski membahagiakan,  sembilan bulan masa mengandung bukanlah hal yang mudah dilalui. Terdapat cukup banyak larangan ibu hamil yang perlu diperhatikan demi keamanan sang jabang bayi. Apa saja sih pantangan ibu hamil yang sebaiknya dijahui? Simak informasi selengkapnya berikut ini:

pantangan ibu hamil

Kumpulan Pantangan pada Ibu Hamil

  • Hindari makanan mentah atau setengah matang
Salah satu hal yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil adalah mengonsumsi makanan masih mentah atau setengah matang. Hal ini dikarenakan adanya kekhawatiran bahwa makanan itu masih mengandung bakteri atau virus yang belum mati.

Jika sering mengonsumsi makanan tersebut selama kehamilan, ditakutkan janin dalam kandungan terganggu pertumbuhannya. Oleh karena itu, usahakan untuk selalu memasak makanan matang yang diolah dengan kebersihan terjamin.
  • Hindari alkohol dan rokok
Dua kebiasaan tersebut merupakan pantangan ibu hamil yang mutlak dihindari. Rokok – sebagaimana diketahui- mengandung ratusan jenis racun yang berbagaya bagi kesehatan. Anda yang “bandel” dan tetap merokok selama hamil dikhawatirkan akan berdampak pada kesehatan sang calon bayi tercinta.

Hal sama juga berlaku pada alkohol yang dapat menjadi racun bagi janin. Mengonsumsi alkohol selama kehamilan dapat menyebabkan gangguan Fetal Alcohol Syndrom yang berpengaruh pada kesehatan mental calon buah hati.
  • Sayuran dan buah yang tidak dicuci
Sayur dan buah tentu mengandung berbagai jenis vitamin yang dibutuhkan oleh ibu hamil, sehingga sangat dianjurkan pengonsumsiannya selama kehamilan berlangsung. Meski demikian, Anda tidak boleh sembarangan mengonsumsinya tanpa dicuci terlebih dahulu.

Ingatlah bahwa buah dan sayur dipasar seringkali bercampur dengan banyak hal dan tersentuh udara luar sehingga memungkinkan adanya bakteri maupun virus. Biasakan untuk selalu mencuci buah dan sayur dengan air mengalir hingga benar-benar bersih sebelum dikonsumsi ya.
  • Makanan Seafood Secara Berlebih
Salah satu pantangan ibu hamil yang perlu diperhatikan yakni saat memilih makanan, usahakan jangan memilih makanan seafood yang mengandung banyak merkuri di dalamnya. Seperti yang kita ketahui, bahwa makanan seafood mengandung cukup banyak omega 3 yang penting untuk pertumbuhan janin serta ibu hamil. Namun harus memilih beberapa makanan seafood yang tidak memiliki merkuri di dalamnya.

Bahan makanan seafood yang harus dihindari untuk dimakan yakni udang, markerel, salmon, kerang serta salmon. Apabila ingin memakan ikan, ibu hamil dapat menggantinya dengan ikan yang hidup di air tawar.
  • Minuman yang Mengandung Kafein Tinggi
Apakah ibu hamil suka dengan kopi? Apabila jawabannya iya, kami sarankan untuk membatasi minuman yang mengandung cukup banyak kafein ini saat masa kehamilan. Minuman mengandung kafein tinggi salah satunya kopi ini dapat menyebabkan keguguran saat masa kehamilan di trimester pertama. Karena trimester pertama merupakan masa dimana ibu hamil sangat rentan terjadi keguguran. 
  • Makanan dari Daging Olahan
Pantangan ibu hamil lainnya yakni membatasi makanan dari daging olahan yang banyak kita jumpai di pasar atau supermarket. Kenapa perlu dibatasi? Sebabnya yakni tingkat higienisnya tidak diperhatikan bahkan masih kurang. Banyak juga daging olahan yang diolah secara sembarangan yang mengakibatkan penyakit berbahaya apabila dikonsumsi secara belebihan.

Ada beberapa penelitian yang mengemukakan bahwa mengkonsumsi daging dalam jumlah banyak secara terus menerus dapat menyebabkan resiko mati muda lebih tinggi. Untuk itu, asupan gizi setiap hari perlu diperhatikan dan usahakan memilih bahan yang alami seperti sayur-sayuran, buah-buahan serta protein dari tumbuhan seperti tempe.
  • Penggunaan Pemanis Buatan Pada Minuman
Salah satu bahan yang cukup berbahaya apabila dikonsumsi secara berlebihan adalah pemanis buatan atau sering disebut seribu manis. Menurut pakar kehamilan, salah satu pantangan ibu hamil yakni mengkonsumsi pemanis buatan pada minumannya. Kenapa demikian? Karena pada pemanis buatan terkandung banyak zat-zat kimia buatan manusia agar memberikan rasa manis dan tentunya tidak sehat bagi ibu yang sedang hamil.

Beberapa pemanis buatan seperti aspartame, splenda dan sakarin boleh dikonsumsi oleh ibu hamil namun ada batasnya. Lebih baik mengganti minum-minuman yang mengandung pemanis buatan dengan air putih atau jus buah. Selain sehat untuk calon ibu, namun asupan gizi pada jus buah dapat membantu perkembangan janin yang dikandungnya.


Itulah beberapa larangan ibu hamil yang patut diperhatikan oleh setiap calon ibu. Apabila Anda mematuhinya maka kemungkinan janin tumbuh sehat hingga masa melahirkan tiba semakin besar. Meski banyak pantangan ibu hamil yang beredar, namun bukan berarti semua wajib diuruti karena sebagian pantangan merupakan mitos lho. 

Larangan minum es bagi ibu hamil karena dapat menyebabkan ukuran bayi membesar misalnya, sedikit salah kaprah karena sebenarnya yang membuat bayi besar adalah kandungan glukosa pada es. Kunci menyikapi berbagai pantangan ibu hamil harus ada ketahui. Biasakan mencari tahu dan memastikan terlebih dahulu kebenaran sebuah pernyataan. 
Waspada, Ini Pantangan Ibu Hamil Wajib Tahu Rating: 4.5 Posted By: tentang ibu