Monday, 29 August 2016

Tips Pintar Milih Obat Sakit Kepala Untuk Ibu Hamil

Advertisement
Obat Sakit Kepala untuk Ibu Hamil – Saat awal masa kehamilan calon ibu sering mengalami berbagai keluhan, salah satunya yakni sakit kepala. Para ibu hamil biasanya takut saat ingin mengkonsumsi obat-obatan karena tak semua zat pada obat tak memiliki efek negatif pada tumbuh kembang janin yang dikandungnya.

Keluhan seperti sakit kepala pada ibu hamil bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti perubahan hormone, mengalami depresi atau stress berkelanjutan. Aktivitas calon ibu akan terganggu apabila kondisi badan terus-terusnya tak baik.

Lalu, apakah berbahaya bagi tumbuh kembang janin? Hal ini mungkin membuat anda bingung, namun tahukah anda bahwa sering sakit kepala tidak membahayakan calon bayi yang di kandung. Akan tetapi, apabila ibu hamil mengalami sakit kelapa berat atau migran, harus evaluasi medis untuk memastikan kondisi tubuh agar tidak memperburuk keadaan.

Tak sedikit dari ibu hamil mengalami sakit kepala bahkan migran pada masa kehamilan trimester pertama. Sakit kepala pada ibu hamil akan menyebabkan berbagai gejala lainnya seperti nyeri, muntah, mual dan terlalu sensitif terhadap cahaya. Setelah mengetahui beberapa informasi tentang sakit kepala, kali ini tim redaksi akan membahas beberapa tips mengatasi dan obat sakit kepala untuk ibu hamil yang dapat anda coba di rumah sebelum membawa ke dokter.

Cara Mengatasi dan Obat Sakit Kepala Pada Ibu Hamil

Obat Sakit Kepala untuk Ibu Hamil  
  • Pemijatan Pada Daerah yang Sakit
Pertolongan pertama mengatasi sakit kepala pada ibu hamil yakni dengan melakukan pemijatan pada area yang sakit selama 15 menitan. Sebagai alternatif bisa menggunakan minyak kayu putih atau sejenisnya sebelum melakukan pemijatan, hal ini dapat memberikan efek rileks dan meredakan sakit kepala yang berlebih pada anda.
  • Memilih Obat yang Aman untuk Mengatasi Keluhan Ibu Hamil
Apabila ibu hamil mengalami migran atau sakit kepala, pilihlah obat-obatan yang cukup aman dan tak memiliki dampak negatif pada perkembangan janin dan ibu. Anda bisa memilih parasetamol untuk mengatasi sakit kepala yang berlebih, namun anda tak boleh mengkonsumsinya terlalu banyak karena setiap obat pasti berdampak negatif apabila dikonsumsi terlalu banyak.

Salah satu obat yang bisa ibu hamul minum saat menderita sakit kepala yakni paracetamol. Namun perlu diperhatikan, jangan sesekali meminum aspirin, nurofen atau ibuprofen karena obat-obatan tersebut boleh diminum atas rekomendasi ahli medis atau dokter. 
  • Mengontrol Pola Makan
Apabila ibu hamil takut meminum obat untuk meredakan sakit kepala, bisa mencoba untuk mengontrol pola makan yang masuk pada tubuh. Saat masa kehamilan, calon ibu harus mulai sedikit demi sedikit memperhatikan makanan yang berbahaya seperti junkfood dan memperbanyak sayuran dan buah-buahan.

Beberapa bahan makanan pemicu ibu hamil sakit kepala seperti MSG atau Mononatrium glutamat,  pemanis buatan, nitrat dan nitrit (biasanya ada pada makanan cepat saji yang olahan dari gading seperti burger, hot dog). Kandungan vitamin dan antioksidan pada buah dan sayuran dapat meminimalisir terjadinya sakit kepala pada ibu hamil.
  • Jangan Bepergian saat Kondisi Haus dan Lapar
Penyebab sakit kepala pada ibu hamil lainnya yakni bepergian dalam kondisi haus dan lapar. Hal ini membuat gula darah menjadi rendah dan pemicu sakit kepala pada calon ibu. Untuk itu, salah satu hal pencegah terkena sakit kepala yakni dengan makan atau minum dalam porsi kecil atau sering sebelum bepergian. Ibu hamil dapat memakan yogurt, biskuit dan buah untuk mengganjal perut agar tidak lapar serta minum air putih yang cukup.
  • Melakukan Relaksasi
Salah satu obat sakit kepala untuk ibu hamil lainnya yakni melakukan relaksasi seperti yoga. Latihan yoga akan melatih pernafasan calon ibu agar lebih teratur serta mengosongkan pikiran yang memicu terjadinya sakit kepala. Apabila ibu hamil memiliki banyak pikiran, setidaknya luangkan waktunya untuk melakukan latihan yoga atau relaksasi lainnya.
  • Hindari Aktivitas Berlebih
Salah satu penyebab sakit kepala pada ibu hamil yakni melakukan aktivitas yang berlebih karena hal ini dapat menghabiskan stamina ibu hamil. Sehingga kekuatan tubuh menjadi tidak seimbang dan membuat sakit kepala. Apabila aktivitas yang berlebih itu olahraga, disarankan agar melihat kondisi badan. Karena kondisi tubuh ibu hamil tidak sama saat tidak hamil, karena mudah lelah atau capek. Oleh sebab itu, cara menangani sakit kepala pada ibu hamil yakni dengan membatasi aktivitas dalam seharian.
  • Istirahat yang Cukup
Cara mengatasi sakit kelapa pada ibu hamil lainnya yakni dengan istirahat yang cukup, seperti tiudr siang dengan penutup mata yang dingin. Fungsi tidur ini akan membuat tubuh lebih rileks setelah bangun tidur.
  • Perbanyak Meminum Air Putih
Air putih tak hanya menyegarkan namun memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Bagi ibu hamil yang takut untuk meminum obat, cobalah meminum air putih yang cukup setiap harinya atau minimal 8 gelas per hari. Karena khasiat air putih dapat membuat tubuh ibu hamil tak mudah terserang penyakit. Air putih juga dapat meredakan sakit kepala yang berlebih bagi calon ibu.


Sebelum memilih untuk mengkonsumsi obat sakit kepala untuk ibu hamil, cobalah terlebih dahulu melalukan tips diatas sebagai terapi alternatif. Jika dirasa sakit kepala tak tertangani dengan cara-cara ditersebut, langkah terakhir yakni meminum obat yang aman saat masa kehamilan atau pergi ke ahli medis atau dokter.


Tips Pintar Milih Obat Sakit Kepala Untuk Ibu Hamil Rating: 4.5 Posted By: tentang ibu